6 Cara Screen Recorder di Laptop

6 Cara Screen Recorder di Laptop

cara screen recorder di laptop
Tips dan Trik
Laptop menjadi kebutuhan penting dalam bisnis saat ini. Apalagi jika Anda menggunakannya dalam aktivitas pekerjaan setiap harinya. Maka laptop yang ringan, kuat, dan mampu menjalankan berbagai aplikasi menjadi andalan. Apalagi di laptop ada berbagai fitur menarik yang membantu proses kerja Anda. Salah satunya adalah fitur merekam layar laptop. Selain cara screenshot di laptop, ada cara screen recorder di laptop yang mungkin belum Anda ketahui. Dengan kemajuan zaman saat ini, maka sudah banyak laptop dengan fitur screen recorder sejak awal. Jadi Anda sebenarnya tidak perlu mengunduh aplikasi screen recorder. Tapi tetap saja penggunaan aplikasi screen recorder saat ini masih tetap relevan. Jadi bagaimana caranya merekam layar di laptop dengan mudah dan cepat?

Cara Merekam Layar di Laptop Windows dan MacOS

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merekam layar laptop baik itu laptop Windows atau Mac. Selain bisa menggunakan aplikasi, merekam layar laptop pun bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan short-cut berikut ini.

1. Menggunakan Game Bar di Windows 10

Untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda bisa menggunakan fitur Game Bar yang sudah. Fitur ini memang diciptakan untuk dipakai para gamer. Namun, ternyata ada fitur perekam layar laptop juga di dalamnya.  Untuk menggunakannya, Anda tinggal mengaktifkan fitur XBox Game Bar. Letaknya ada di bagian Settings – Gaming – Game Bar. Kemudian ketika sudah aktif, tekan WinKey + G sambil membuka aplikasi. Lalu akan muncul tombol bulat merah yang bisa Anda tekan sehingga layar langsung terekam. Jika sudah selesai, tekan tombol Stop Recording. Hasil rekaman ini tentunya ada di folder Videos dengan format .mp4.
Baca Juga: 6 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

2. Menggunakan Short-cut Windows + Alt + R

Jika Anda hendak merekam layar laptop di Windows, mungkin Anda harus mencoba short-cut satu ini yang cara penggunaannya jauh lebih mudah. Short-cut merekam layar tersebut yakni Windows + Alt + R. Untuk semakin jelasnya, langkah yang harus dilakukan adalah klik tombol “Windows” pada keyboard laptop, kemudian dibarengi dengan menekan tombol Alt dan huruf R. Maka secara otomatis, fitur perekam layar akan langsung tampil dan bisa merekam aktivitas pada layar laptop. Jika telah selesai, Anda hanya perlu klik “Stop Recording” lalu secara otomatis hasil screen record layar laptop akan tersimpan pada file.

3. Menggunakan Fitur Screen Recorder di Mac

Jika Anda menggunakan laptop Mac, maka Anda bisa merekam layar laptop Anda dengan menggunakan aplikasi perekam layar bawaan yang sudah tersedia di dalamnya. Anda bisa menekan Shift + Command + 5. Nanti akan muncul beberapa pilihan di bagian bawah layar. Anda bisa mencari dua opsi terakhir di bagian tengah. Anda bisa merekam seluruh layar yang terlihat atau untuk bagian tertentu saja. Kemudian tekan enter dan nantinya proses rekaman langsung dimulai. Jika sudah selesai rekaman, Anda tinggal menekan tombol warna merah di layar dan hasilnya bisa langsung di-edit saat itu juga.
Baca Juga: Inilah Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop Anda
Inilah kemudahan yang memang diberikan oleh sistem Mac. Namun dari sisi size rekaman layar ini sendiri sebenarnya cukup besar jika memakan durasi yang lama. Jadi sebaiknya Anda sudah menyiapkan kapasitas penyimpanan yang besar kalau memang mau merekam layar lebih lama.

4. Menggunakan Microsoft Stream

Alternatif berikutnya adalah menggunakan fitur Microsoft Stream untuk merekam layar laptop. Microsoft Stream adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Windows yang memungkinkan Anda merekam layar laptop dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama buka Microsoft Stream terlebih dahulu.
  2. Lalu, pilih menu “Create” – “Record Screen” di Microsoft Stream.
  3. Setelah itu, klik ikon webcam dan mikrofon jika Anda ingin menyertakan rekaman video dan suara Anda.
  4. Klik “Record” untuk memulai proses merekam layar. Pilih tampilan layar yang ingin Anda rekam, lalu klik “Share” untuk memulai perekaman secara otomatis.
  5. Setelah Anda selesai merekam layar, klik “Pause”, lalu klik “Next”. Anda dapat melihat hasil video yang sudah direkam.

5. Menggunakan Ekstensi Google Chrome

Selain bisa menggunakan fitur Microsoft Stream, Anda juga dapat memanfaatkan ekstensi pada Google Chrome untuk merekam layar laptop dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:
  1. Buka Google Chrome, lalu kunjungi Chrome Web Store.
  2. Ketik pada kolom pencarian “Perekam layar” atau “Screen Recorder”.
  3. Kemudian klik “Tambahkan ke Chrome”.
  4. Klik ikon ekstensi yang berada di pojok kanan Chrome, lalu aktifkan Pin.
  5. Klik ikon ekstensi untuk menyiapkan rekam layar laptop.
  6. Buka ekstensi Perekam Layar (Screen Recorder).
  7. Pilih “Recorder”.
  8. Lalu klik “Mulai Rekaman” untuk memulai proses screen record di laptop.
  9. Jika sudah selesai, Anda bisa klik “Berhenti Rekaman”.
  10. Setelah itu, file rekaman akan tersimpan. Anda bisa memeriksa kembali hasil rekaman layar laptop, apakah sudah sesuai atau belum.

6. Menggunakan Aplikasi

Kalau Anda ingin menggunakan aplikasi untuk screen recorder tentunya bisa dilakukan di Windows dan Mac. Untuk Windows, aplikasi yang disarankan adalah VLC Player dan Awesome Screenshot. Walau memang lebih identik sebagai pemutar video, VLC Player lebih bisa digunakan untuk merekam layar laptop. Caranya adalah dengan membuka VLC Player, pilih Media, Open Capture Device, Capture Mode, lalu Desktop. Jika sudah, klik tanda panah ke bawah yang terdapat di sebelah tombol play. Kemudian pilih Convert dan tentukan destinasi file rekaman itu. Lalu Anda bisa memulai klik Start. Selain VLC Player, Anda juga bisa mencoba OBS Studio. Aplikasi perekam layar ini merupakan aplikasi open source dan Anda bisa menggunakannya secara gratis. OBS Studio tidak hanya bisa Anda gunakan untuk merekam aktivitas Anda di laptop tapi juga untuk melakukan Live Streaming ketika Anda bermain game. Untuk Mac bisa menggunakan QuickTime Player yang memang sudah terinstall di dalam laptop tersebut. Untuk menggunakannya, Anda tinggal buka aplikasi QuickTime Player, pilih File, New Screen Record, dan nyalakan audio agar bisa tetap masuk di hasil rekaman. Anda sudah bisa mulai merekam layar. Mudah, bukan? Itulah dia cara mudah merekam layar laptop baik di Windows 10 ataupun Mac. Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan yang tersedia di masing-masing sistem operasi. Jika merasa belum puas, Anda bisa menggunakan aplikasi perekaman layar lainnya yang sesuai dengan spesifikasi sistem operasi laptop Anda.
Baca Juga: Pahami 9 Cara Mengetik dengan Suara di HP dan Laptop dengan Mudah
Untuk merekam aktivitas Anda di laptop tidak hanya membutuhkan aplikasi yang bagus, tetapi juga performa laptop yang optimal. Kemampuan laptop ini bisa Anda dapatkan di IndoRental yang telah memiliki pengalaman belasan tahun di bisnis penyewaan perangkat IT & laptop. Seluruh merek, tipe, dan spesifikasi laptop yang Anda butuhkan pasti tersedia di IndoRental. Apalagi jika saat ini anda butuh sewa laptop bandung. Ayo kunjungi IndoRental untuk informasi lebih  lanjut dan segera dapatkan pilihan laptop terbaik.