Cara Beberapa Menggabungkan File Menjadi Satu Folder

Cara Beberapa Menggabungkan File Menjadi Satu Folder

cara menggabungkan file menjadi satu folder
Tips dan Trik

Ada beberapa cara menggabungkan file menjadi satu folder yang bisa Anda gunakan. Menggabungkan beberapa file menjadi satu folder dapat mempermudah Anda menemukan dokumen atau gambar tertentu di laptop atau komputer Anda. Meskipun Anda selalu dapat cut atau copy dan paste file dari satu folder ke folder lain, metode ini tidak praktis jika file Anda tersebar di antara lusinan atau bahkan ratusan folder terpisah.

Untuk menyederhanakan prosesnya, gunakan fitur pencarian Windows untuk menampilkan file dari beberapa folder dengan cepat, lalu menggabungkan semuanya sekaligus.

Bagaimana Cara Menggabungkan File Menjadi Satu Folder?

Berikut ini adalah cara untuk menggabungkan beberapa file yang tersebar menjadi satu folder saja:

  • Tekan tombol “Windows” dan “E” secara bersamaan pada keyboard Anda untuk meluncurkan Windows Explorer.
  • Buat folder baru yang akan menampung berbagai file yang tersebar dari folder lain. Atau alternatifnya, gunakan folder yang sudah ada.
  • Arahkan kursor ke folder utama yang berisi subfolder yang ingin Anda gabungkan. Misalnya, jika folder My Pictures berisi beberapa subfolder, dan Anda ingin menggabungkan semua gambar ke dalam satu folder, pilih “My Pictures” di panel kiri.
  • Anda juga bisa pindahkan folder yang ingin Anda gabungkan ke dalam folder baru, lalu pilih opsi “New Folder”.
  • Ketik “.” ke dalam bilah pencarian (tanpa tanda kutip), lalu tekan “Enter”. Windows mencari folder saat ini dan subfoldernya, dan menampilkan semua file dari folder tersebut di panel kanan. Hasilnya juga termasuk entri untuk subfolder.
  • Klik tab “View”, lalu pilih “Details”. Pengaturan ini menampilkan nama file dan atributnya, memungkinkan Anda mengelola banyak file dengan lebih mudah.
  • Klik kanan tajuk kolom “Nama” dan pilih opsi “Jenis” jika belum dicentang. Ini membuat kolom baru yang menunjukkan jenis setiap file.
  • Klik judul “Jenis” untuk mengurutkan hasil berdasarkan jenis file. Ini juga memisahkan subfolder dari file dalam hasil.
  • Sorot semua file di panel kanan, tinggalkan subfolder. Untuk lebih mudah memilih sejumlah besar file sekaligus, klik file pertama dalam daftar, gulir ke bawah ke file terakhir, lalu tahan tombol “Shift” sambil mengklik file terakhir.
  • Klik kanan file yang disorot dan pilih “Potong,” lalu klik kanan folder baru atau folder utama dan pilih “Tempel.” Windows memindahkan semua file dari subfolder ke folder tujuan. Atau, pindahkan file dengan menyeretnya ke folder tujuan, lalu lepaskan tombol mouse.
  • Hapus subfolder di hasil pencarian jika Anda tidak lagi membutuhkannya.

Baca Juga: Cara Mengunci Folder di Laptop agar Aman

Cara Menggabungkan Beberapa File Excel Menjadi Satu Dengan Mudah

Untuk menggabungkan beberapa file Microsoft Excel menjadi satu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyimpan berkasnya sebagai file CSV terlebih dahulu. Buka file Excel dan di bilah menu, klik File, lalu Save As. Dalam daftar Save as type, pilih CSV (dipisahkan koma) (*.csv) dari daftar.

Baca Juga: Daftar Rumus Excel Lengkap yang Wajib Anda Kuasai

Lakukan ini untuk setiap file Excel yang ingin Anda gabungkan, lalu tempatkan semua file CSV di folder yang sama. Untuk memudahkannya, letakkan di folder yang ada pada root drive C: (mis., c:\csvfiles).

Buka prompt perintah Windows dan navigasikan ke folder yang berisi file CSV. Ketik dir untuk melihat file di folder dan memastikan semua file ada di sana.

Ketik perintah berikut untuk menggabungkan semua file CSV dalam folder menjadi file CSV baru berjudul “file baru.csv” (nama apa pun dapat digunakan).

salin *.csv file baru.csv

Setelah file baru dibuat, buka file CSV baru di Microsoft Excel dan simpan sebagai file Excel.

Itu tadi adalah cara menggabungkan beberapa file menjadi satu folder. Jika Anda membutuhkan laptop untuk dirental atau disewa selama beberapa hari atau untuk kegiatan khusus, Anda bisa sewa laptop Bandung di IndoRental. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di sini. Semoga artikel tentang cara menggabungkan file menjadi satu folder ini dapat membantu.