Jangan Panik! Inilah 6 Penyebab Layar TV Gelap dan Cara Mengatasinya!

Jangan Panik! Inilah 6 Penyebab Layar TV Gelap dan Cara Mengatasinya!

penyebab layar tv gelap
Tips dan Trik

Layar TV yang secara tiba-tiba berubah menjadi gelap tentu saja menjadi hal yang sangat membuat Anda frustasi dan juga sebal. Terlebih lagi hal ini akan memengaruhi sebagian besar pengalaman dalam menghabiskan waktu istirahat dengan menyaksikan serial favorit Anda yang biasa dilakukan. 

Jangan panik, ya! Anda bisa kok mengatasi permasalahan tersebut dengan menyesuaikannya pada beberapa penyebab layar tv gelap yang akan dijelaskan lewat artikel kali ini. Simak di sini, yuk!

Apa Saja Penyebab Layar TV Gelap?

Layar TV milik Anda menjadi tiba-tiba gelap sebenarnya dapat disebabkan beberapa hal. Mungkin saja karena disebabkan oleh tingkat kecerahan yang tidak disetting dengan benar, TV sedang dalam mode Teater, mode hemat daya diatur ke tingkat yang lumayan tinggi, atau memang adanya masalah pada lampu latar. Selain itu, ada pengaturan lain khusus merek TV seperti fitur pendeteksi cahaya yang dapat menyebabkan layar menjadi gelap.

1. Tingkat Kecerahan TV Tidak Disetting dengan Benar

Hal pertama yang mungkin menyebabkan layar TV Anda gelap adalah soal pengaturan tingkat kecerahan yang tidak diatur dengan benar. Maka penting untuk memeriksa kembali soal pengaturan kecerahan tersebut. Atur sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda saat menyaksikan berbagai tontonan pada TV.

2. TV Diatur dalam Mode Teater

TV modern menawarkan berbagai mode gambar prasetel yang dapat Anda pilih. Salah satu yang paling umum ialah mode Teater yang biasanya lebih redup jika dibandingkan dengan mode lainnya. Fitur ini sebenarnya bertujuan dalam memberikan Anda pengalaman seperti di di dalam bioskop. 

Namun tidak dapat dimungkiri, kalau terdapat beberapa orang yang malah justru kecewa dengan betapa gelapnya tampilan mode ini. Lalu, jika kebetulan Anda merupakan salah satu dari mereka, maka Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan melakukan beberapa klik pada remote.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal TV Digital agar Tontonan Bervariasi

3. Mode Hemat Daya Aktif dan Disetting ke Tingkat yang Tinggi

Saat ini, banyak Smart TV yang telah memiliki opsi mode Daya atau Hemat Energi. Sekali lagi ini sebenarnya bagus jika Anda ingin mengurangi konsumsi listrik dan juga membantu mengurangi panas yang berlebih. Namun, meskipun ada manfaat dari menggunakan opsi ini, Anda diharuskan untuk mengorbankan kecerahan pada layar TV.

4. Fitur Deteksi Cahaya Diaktifkan

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi, kini Smart TV juga menjadi lebih canggih sekaligus pintar sesuai dengan namanya. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya fitur yang berhasil ditambahkan pada perangkat. Salah satunya adalah fitur Light Detection yang dapat memengaruhi kecerahan TV Anda.

Fitur ini secara otomatis akan menyesuaikan kecerahan layar TV yang juga bergantung pada lingkungan Anda. Jika berada di ruangan gelap, maka lampu akan meredup secara otomatis. Hal tersebut sebenarnya merupakan fitur yang cukup mengesankan. Namun, nyatanya masih terdapat beberapa orang yang tidak begitu bisa menikmati soal perubahan yang terjadi dalam kecerahan secara dinamis ini.

5. Firmware Smart TV Tidak Ter-Update

Sama halnya seperti smartphone dan laptop, jika Anda menggunakan Smart TV, maka penting bagi Anda untuk selalu memperbarui perangkat lunaknya secara berkala. Untuk sebagian besar Smart TV, pembaruan biasanya dilakukan secara otomatis. 

Sama saja, penting untuk memeriksa apakah Anda memiliki perangkat lunak terbaru. Sebab, firmware yang kadaluarsa dapat menyebabkan berbagai masalah. Hal tersebut termasuk masalah resolusi untuk layar dan kecerahan TV Anda.

6. HDMI yang Anda Gunakan Mungkin Rusak

Kondisi HDMI juga dapat memengaruhi kualitas audio dan video layar TV. Jika TV Anda terhubung ke perangkat lain melalui HDMI, pastikan telah terhubung dengan benar. Sebab, apabila ternyata kabel ini longgar atau bahkan rusak maka kemungkinan akan memengaruhi warna gambar dan kecerahan pada TV.

Baca Juga: Mari Mengenali 6 Ciri TV LED yang Sudah Digital

Bagaimana Cara Mengatasi Layar TV Gelap?

Nah setelah mengetahui sederet penyebab yang kemungkinan membuat layar TV Anda menjadi gelap, kini saatnya untuk mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan cara berikut ini : 

1. Lakukan Pengaturan Tingkat Kecerahan

Cara mengatasi layar gelap yang pertama jika ternyata ditemukan masalah pada tingkat pencerahan layar yang tidak diatur dengan benar. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan remote TV, lalu klik pada Pengaturan dan temukan opsi untuk Gambar dan klik. Nantinya Anda akan menemukan pengaturan untuk kecerahan. 

Biasanya opsi tingkat kecerahan ini diskalakan mulai dari 0 hingga 100. Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi layar yang paling nyaman untuk mata Anda. Perlu diingat, apabila menaikkan kecerahan hingga 100, hal tersebut dapat merusak penglihatan Anda, jadi cobalah untuk menghindarinya.

2. Ubah Mode Gambar Pada TV

Selanjutnya cara lain untuk mengatasi layar TV gelap adalah Anda bisa mengubah mode gambar ke berbagai pilihan yang ada dengan cukup mengklik Pengaturan di remote TV. Lalu, saat menu muncul, arahkan ke Gambar.

Jika Anda benar-benar menginginkan gambar yang cerah, maka hindari menggunakan mode Teater karena mode tersebut akan memberikan efek yang redup pada layar TV seperti yang sudah kita bahas tadi. Sebagai opsi lain, Anda sebaiknya pilih saja mode Vivid atau Dynamic.

3. Matikan Mode Daya Hemat Energi

Mode daya hemat energi  juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa layar TV Anda menjadi gelap. Oleh karena itu, langkah ini bisa menjadi pertolongan yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut. 

Pertama, arahkan ke opsi Energy atau Power Saving. Kemudian, nantinya Anda akan memiliki empat pilihan, antara lain yakni Tinggi, Sedang, Rendah, dan Mati. Lalu, cukup pilih Rendah atau Mati jika Anda menginginkan layar yang lebih terang.

4. Non-aktifkan Fitur Deteksi Cahaya

Fitur penyesuaian kecerahan secara otomatis juga menjadi salah satu penyebab dari gelapnya layar TV yang perubahannya terjadi berdasarkan keadaan sekitar Anda. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda hanya perlu menonaktifkan fitur deteksi cahaya dengan cara berikut : 

  • Gunakanlah remote Anda, lalu klik Menu dan pergi ke Pengaturan.
  • Setelah itu, pilih Umum dan cari Deteksi Cahaya Sekitar.
  • Alihkan penggeser untuk mematikannya.

5. Update Firmware Smart TV

Cara lain selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menangani layar TV Anda yang mendadak gelap ialah dengan mencoba update firmware perangkat. Untuk memeriksa apakah perangkat lunak milik Anda sudah diperbarui, coba buka menu Pengaturan TV, lalu cari opsi Dukungan dan klik.

Ketika mengklik opsi tersebut, maka Anda akan melihat menu Pembaruan Perangkat Lunak dan segeralah klik Perbarui Sekarang. Maka, perangkat lunak Anda akan mulai mengunduh pembaruan terbaru, deh. Perlu diingat juga ya selama proses pembaruan berlangsung pastikan jangan matikan TV Anda.

Baca Juga: 5 Cara Merawat TV LED Agar Tidak Cepat Rusak serta Penyebabnya Yang Umum

6. Sambungkan ke Port HDMI lainnya

Cara terakhir yang juga patut Anda coba lakukan untuk membantu mengatasi permasalahan layar TV yang gelap adalah dengan memastikan HDMI terpasang dengan benar. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa ulang apakah HDMI sudah berfungsi sebagaimana mestinya dengan menggunakannya pada perangkat selain TV Anda.

Jika port HDMI Anda mungkin bermasalah, coba sambungkan ke port lain. Sebab, biasanya sebagian besar TV memiliki banyak port untuk HDMI.

Nah, itu tadi beberapa hal yang kemungkinan bisa menjadi penyebab mengapa layar TV Anda menjadi gelap. Selain itu, setelah membaca artikel kali ini Anda juga sudah mengetahui cara untuk menangani permasalahan tersebut, kan? Jadi jangan panik terlebih dahulu ya saat terjadi hal ini!

Selesaikan dengan kepala dingin, perasaan yang tenang, cari tahu penyebabnya sehingga Anda mengetahui cara mana yang sepertinya sesuai untuk dilakukan. Selain itu, jika Anda sedang mencari tempat untuk menyewa TV, serahkan saja kepada IndoRental yang merupakan perusahaan dengan fokus pada bidang IT dan memberikan pelayanan terkait sewa berbagai perangkat teknologi. 

Sesuaikan juga dengan spesifikasi perangkatnya berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda. Yuk, segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!