4 Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri dan Penyebabnya

4 Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri dan Penyebabnya

cara mengatasi hp mencet mencet sendiri
Tips dan Trik

Cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri perlu Anda ketahui agar tidak panik dan bingung ketika menghadapi permasalahan tersebut. Handphone (HP) yang menjadi kebutuhan primer saat ini memang sangat rawan mengalami masalah, mulai dari masalah penggunaan hingga komponen perangkat. 

Nah, salah satu permasalahan yang terkadang dialami oleh pengguna adalah HP yang mencet-mencet sendiri dan melakukan aktivitas yang tidak diinginkan pengguna. Pada beberapa kasus, masalah ini bahkan dapat berakibat fatal dalam merugikan pengguna.

Apa Saja Penyebab HP Mencet-Mencet Sendiri?

HP mencet-mencet sendiri bukanlah tanpa sebab. Terdapat beberapa penyebab yang membuat HP mencet-mencet sendiri dan terkadang Anda tidak menyadarinya. Berikut ini merupakan penyebab HP mencet-mencet sendiri yang perlu Anda perhatikan.

1. Kerusakan Hardware

Penyebab pertama yang berpotensi membuat HP mencet-mencet sendiri adalah adanya kerusakan pada hardware. Beberapa hardware yang mungkin saja bermasalah adalah sensor pada HP dan juga konektor. Kerusakan pada komponen tersebut tidak hanya menyebabkan HP mencet-mencet sendiri, tetapi juga permasalahan fungsional lainnya.

2. Adanya Aplikasi Bermasalah

Tidak semua aplikasi dapat Anda install atau gunakan di HP. Terdapat beberapa aplikasi yang mungkin saja membuat HP Anda lag, error dan bermasalah. Nah, salah satu permasalahan yang disebabkan oleh aplikasi adalah HP mencet-mencet sendiri terutama ketika memaksakan untuk membuka aplikasi tersebut.

3. Sistem Operasi Error

Penyebab HP mencet-mencet sendiri yang terakhir adalah sistem operasi error. Menjadi otak dari perangkat, tentunya error pada sistem operasi dapat menyebabkan malfungsi. Terutama apabila HP Anda masih menggunakan sistem operasi versi lama, maka permasalahan fitur mungkin saja terjadi.

Baca Juga: 7 Cara Copy Paste di Laptop dan Handphone dengan Cepat

Bagaimana Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri?

Setelah mengetahui penyebab HP mencet-mencet sendiri, Anda perlu segera mengatasinya agar dapat menggunakan HP dengan nyaman dan aman. Terdapat beberapa cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri yang dapat Anda coba di bawah ini.

1. Reboot HP

Cobalah mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali. Hal ini mungkin saja dapat mengatasi masalah HP mencet-mencet sendiri ketika sistem sedang error.

Baca Juga: 4 Penyebab Speaker HP Rusak Dan Cara Mengatasinya

2. Nonaktifkan Aplikasi

Jika HP mencet-mencet sendiri saat Anda menggunakan aplikasi tertentu, cobalah mematikan aplikasi tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuka pengaturan perangkat, kemudian pilih “Aplikasi” dan cari aplikasi yang menyebabkan masalah. Klik pada aplikasi tersebut dan pilih “Nonaktifkan”.

3. Hapus Cache Aplikasi

Jika menonaktifkan aplikasi tidak membantu, cobalah membersihkan cache dan data aplikasi tersebut. Anda dapat melakukannya dengan cara yang sama dengan menonaktifkan aplikasi, kemudian pilih “Hapus cache” atau “Hapus data”.

4. Uninstall Aplikasi

Segera hapus aplikasi yang tidak diperlukan. Jika masalah masih terjadi setelah menonaktifkan atau membersihkan aplikasi, cobalah menghapus aplikasi tersebut dari perangkat. Anda dapat melakukannya dengan cara yang sama dengan menonaktifkan aplikasi, kemudian pilih “Hapus” atau “Uninstall”.

Baca Juga: Fungsi Reboot HP dan Cara Melakukannya

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri yang dapat Anda coba. Jika langkah-langkah di atas masih belum efektif, lebih baik untuk Anda menggunakan jasa service yang lebih paham. Jangan coba-coba membongkar HP sendiri atau melakukan cara ekstrim untuk mengatasi masalah HP mencet-mencet sendiri karena berpotensi menyebabkan kerusakan lebih fatal.

Apakah Anda sedang membutuhkan perangkat teknologi untuk menunjang aktivitas di kantor? Indorental menyediakan jasa rental berbagai handphone kualitas terbaik khusus untuk Anda. Tenang, semua dapat disesuaikan mulai dari spesifikasi perangkat, kebutuhan dan budget yang diinginkan. Yuk hubungi Indorental sekarang juga, percayakan kebutuhan rental perangkat teknologi Anda pada kami.