7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Tips dan Trik

Penggunaan laptop untuk sehari-hari harus dibarengi dengan mengetahui informasi cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi secara normal. Bisa dibilang keyboard menjadi bagian dari laptop yang paling sering kita gunakan. Sayangnya, terkadang keyboard tidak dibersihkan atau dirawat dengan baik. Kalau sudah begini, maka hanya perlu menunggu waktu saja hingga terjadi masalah. Bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi?

Pilihan Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Masalah yang terjadi di keyboard laptop biasanya disebabkan oleh dua hal. Di antara masalah hardware atau software. Perlu dipastikan penyebabnya apa dulu agar penyelesaiannya bisa didapatkan secara jelas. Inilah cara-cara selengkapnya.

1. Memperbaiki Driver Keyboard

Driver yang sudah usang bisa menjadi salah satu penyebab keyboard laptop Anda tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan mengupdate driver keyboard laptop Anda.. Berikut adalah langkah untuk melakukannya:

  • Klik Start Menu lalu pilih Control Panel
  • Pilih opsi System and Security
  • Klik Device Manager
  • Di dalam Device Manager, cari menu Keyboard

Di dalam menu Keyboard itu, Anda akan menemukan menu Driver. Jika dalam menu tersebut ada ikon segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka bisa jadi itulah penyebabnya. Segera perbaiki driver keyboard Anda untuk mengatasi keyboard tidak berfungsi.

Caranya, klik kanan pada ikon keyboard dan pilih update driver. Jika muncul jendela baru, klik ‘search automatically driver software’.

Baca juga: cara mematikan laptop dengan keyboard

2. Melakukan Restore Windows

Apakah masalah ini muncul ketika Anda baru saja melakukan install program baru? Berarti perlu dilakukan restore Windows. Caranya dengan:

  1. Klik Start Menu kemudian pilih Control Panel
  2. Pilih System and Security
  3. Klik menu Backup your computer
  4. Kemudian pilih Open System Restore

Ikuti seluruh caranya lalu tinggal tunggu hingga proses reboot selesai. Setelah proses itu selesai, seharusnya keyboard laptop Anda dapat kembali berfungsi dengan normal kembali.

3. Restart Laptop

Saat laptop Anda sedang beroperasi, mungkin saja ada error atau kesalahan-kesalahan kecil yang mengakibatkan keyboard yang tidak berfungsi.

Jika ditanya mengenai cara paling mudah untuk mencoba mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi, maka jawabannya adalah melakukan restart laptop.

Proses restart ini sebenarnya mudah saja. Anda pun pasti mengetahui bagaimana caranya. Jika proses restart telah selesai, sudah seharusnya keyboard laptop Anda berfungsi dengan normal. Namun, kalau memang masih belum bekerja dengan normal, coba dua cara lainnya.

4. Menyesuaikan Pengaturan Keyboard

Terkadang program baru yang selesai di-install malah membawa masalah pada keyboard. Anda bisa coba mengatur atau menyesuaikan keyboard kembali dengan cara ini:

  1. Klik Start Menu dan pilih Control Panel
  2. Klik menu Ease of Access
  3. Pilih opsi Make the keyboard easier to use
  4. Pilih Uncheck all dalam set up filter key

Masalah seperti tombol keyboard yang ketika ditekan sekali malah langsung seolah tertekan berkali-kali atau ada jeda waktu lama antar karakter yang diketik bisa diperbaiki dengan cara ini.

5. Mengganti Layout Keyboard

Muncul masalah tombol yang ditekan malah memberikan hasil berbeda di layar? Mungkin layout keyboard laptop Anda terganti. Ini cara memperbaikinya:

  1. Buka Start Menu
  2. Pilih menu pengaturan Region Language dengan memanfaatkan fitur Search
  3. Pilih bahasa yang Anda inginkan
  4. Klik Options dan pastikan “US QWERTY” ada di bagian bawah Keyboards halaman selanjutnya
  5. Hapus layout keyboard lain yang memang tidak dibutuhkan

6. Membersihkan Keyboard

Keyboard merupakan bagian yang paling sering digunakan atau disentuh saat menggunakan laptop. Hal ini juga menyebabkan kerusakan keyboard, seperti ada debu yang menumpul dibawah tombol keyboard dan lain-lainnya.

Bersihkan keyboard Anda secara rutin agar kualitas keyboard terjaga. Anda bisa menggunakan sikat atau blower untuk bersihkan keyboard dengan cepat.

7. Menggunakan Keyboard USB

Ada kalanya cara mengatasi keyboard laptop yang telah dijelaskan di atas tidak dapat memperbaiki keyboard laptop Anda. Jika sudah begitu, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard USB atau eksternal.

Tentunya, Anda masih mempunyai pilihan untuk membawa laptop Anda ke service center resmi. Tetapi, berapa biaya yang Anda butuhkan untuk memperbaiki laptop di service center? Belum lagi jika Anda harus meninggalkan laptop Anda selama beberapa hari.

Anda juga sebenarnya juga bisa menggunakan on-screen keyboard. Tetapi, jika Anda menggunakan keyboard untuk aktivitas yang cepat, maka penggunaan on-screen keyboard hanya akan menghambat pekerjaan atau aktivitas Anda.

Oleh karena itu, jika Anda sedang butuh keyboard laptop Anda segera berfungsi, menggunakan keyboard USB atau eksternal menjadi pilihan yang tepat.

Itulah dia beberapa cara untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi. Keyboard laptop yang rusak dapat merusak seluruh aktivitas Anda di depan laptop. Oleh karena itu, pastikan Anda merawat keyboard laptop Anda dengan baik. Jika sudah terlanjur rusak, Anda bisa mencoba berbagai cara untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi.

Kebutuhan terhadap laptop untuk aktivitas perkantoran hingga event semakin besar. Oleh karena itu, IndoRental hadir untuk memberikan sewa laptop dan perangkat teknologi lainnya. Jangka waktu sewa bisa harian, bulanan, hingga tahunan. Penasaran dengan pilihan laptop yang dapat Anda sewa di IndoRental? Dengan informasi cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, kunjungi sewa laptop harian bersama IndoRental sekarang juga.

Baca juga: cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup