Bagaimana Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop?

cara cek kesehatan baterai
Tips dan Trik

Ada satu cara cek kesehatan baterai laptop yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Pada dasarnya, kesehatan baterai laptop memang harus terus dijaga sepanjang penggunaan. Jika tidak maka bisa segera rusak dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Bisa dibilang, baterai menjadi salah satu fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh PC atau komputer. Baterai yang terpasang terus dengan laptop membuat perangkat teknologi tersebut bisa dipakai tanpa perlu dicolok ke saklar. Anda jadi lebih mudah untuk bekerja di mana saja dan mobilitas dalam aktivitas sehari-hari tetap terjaga.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak bagaimana cara cek kesehatan baterai laptop di bawah ini.

Mengetahui Siklus Baterai

Sebelum membahas tentang cara cek kesehatan baterai, Anda perlu mengenal siklus yang ada di dalam teknologi ini. Sebenarnya setiap baterai laptop memiliki siklus. Apa itu siklus? Siklus adalah jumlah berapa kali Anda melakukan charge daya baterai laptop sejak mulai membeli atau memakainya.

Jadi satu siklus baterai dihitung berdasarkan pengisian penuh dari 0 persen hingga 100 persen. Bagaimana jika diisi ketika baterai menyentuh angka 15 persen? Ya, kalau Anda mengisi hingga 100 persen, itu belum dihitung sebagai satu siklus. Namun saat baterai tersebut berkurang ke angka 85 persen, baru dihitung sebagai satu siklus.

Siklus baterai juga menandakan betapa tua atau sudah lama digunakan. Jadi kalau makin tinggi, maka daya hidupnya akan berkurang seiring berjalannya waktu. Bahkan ada beberapa merek laptop yang memberikan himbauan untuk mengganti baterai ketika sudah mencapai angka siklus 1000 hingga 1500.

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara cek kesehatan baterai laptop? Anda bisa mengecek kesehatan baterai dengan mudah dan cepat dengan mengikuti seluruh langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol Start lalu ketik “cmd”
  2. Namun Anda jangan menekan Enter, melainkan Ctrl+Shift+ Enter secara bersamaan
  3. Cara ini untuk menjalankan program tersebut dalam Administrator Mode
  4. Kemudian ketik “powercfg /batteryreport” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter
  5. Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga proses permintaan selesai
  6. Selanjutnya, buka battery-report.html yang bisa Anda temukan di bagian File Explorer
  7. Klik dua kali file tersebut untuk membukanya
  8. Dari sana, Anda bisa mulai scroll ke bawah hingga menemukan bagian Battery Information
  9. Di dalam bagian tersebut terdapat berbagai informasi penting tentang baterai, seperti Full Charge Capacity, Design Capacity, hingga Cycle Count
  10. Kalau Anda ingin mengetahui berapa banyak siklus baterai yang sudah dimiliki, cek bagian Cycle Count
  11. Namun untuk kesehatan baterai, Anda bisa melihatnya di bagian Battery Life Estimates
  12. Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan informasi berapa lama laptop bertahan dalam satu kali charge penuh dengan kondisi baterai saat ini

Mudah, bukan? Itulah cara cek kesehatan baterai di dalam laptop. Namun perlu diingat bahwa cara di atas hanya bisa digunakan untuk laptop dengan sistem operasi Windows saja.

Tidak dapat dimungkiri bahwa kebutuhan terhadap laptop semakin tinggi saat ini. Laptop yang berkualitas dengan tingkat ketahanan baterai yang baik perlu Anda miliki. Jangan sampai anda harus dengan cara mengatasi laptop blank tapi hidup. Beruntung, Anda tidak perlu lagi membeli laptop berkualitas karena telah hadir jasa sewa dari IndoRental. Tersedia puluhan laptop yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Sudah pasti lebih hemat dan memudahkan Anda mendapatkan laptop secepatnya. Dengan informasi cara cek kesehatan baterai laptop yang sudah diberikan, ayo kunjungi sewa laptop Jakarta sekarang juga!