4 Penyebab dan Cara Mengatasi Word Not Responding

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Word Not Responding

cara mengatasi word not responding
Tips dan Trik

Microsoft Word yang sering digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari bukan tidak mungkin mengalami kendala, misalnya word not responding. Salah satu penyebabnya yaitu karena membuka program yang berlebihan dalam satu waktu, termasuk Microsoft Word itu sendiri. Cara mengatasi word not responding bisa dengan end task lewat Task Manager.

Selain lewat Task Manager, cara mengatasinya bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Jadi, Anda harus memahami terlebih dahulu mengapa hal ini bisa terjadi. Kalau begitu, mari simak apa saja penyebab word not responding di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Word Not Responding?

Penyebab word not responding sebenarnya beragam. Mulai dari laptop yang multitasking, membuka program yang loading lama berkali-kali, hingga add-ins yang tidak berfungsi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebabnya, simak penjelasan lebih detail di bawah ini.

1. Membuka Program dalam Waktu Bersamaan

Membuka program dalam jumlah banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan Microsoft Word Anda menjadi not responding. Hal ini sering terjadi ketika Anda membuka program yang berat, seperti Photoshop, YouTube, AI, termasuk Word itu sendiri dalam waktu bersamaan. Jadi, sebaiknya hindari hal ini supaya Microsoft Word Anda dapat berjalan dengan lancar. Setidaknya maksimal 5 program yang Anda buka dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencoret Tulisan Di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

2. Microsoft Word Bermasalah

Kendala ini bisa disebabkan juga karena terdapat bugs pada Microsoft Word yang Anda gunakan. Bisa juga dikarenakan file program yang corrupt. Untuk mengatasinya, Anda bisa menjalankan fitur Repair Microsoft Office yang bisa diakses melalui Settings. 

3. Add-ins Error atau Tidak Berfungsi

Untuk memastikan word not responding akibat add-ins yang error, Anda perlu mengingat-ingat apakah kendala tersebut terjadi setelah memasang add-ins atau bukan. Pasalnya, apabila add-ins tidak berfungsi dengan baik, maka akan berpengaruh pada kinerja Microsoft Word, salah satunya terjadi not responding. 

4. Fitur AutoCorrect Tidak Berjalan dengan Baik

Fitur ini berfungsi memperbaiki tulisan secara otomatis saat Anda mengalami kesalahan penulisan atau typo. Meski fitur ini sangat membantu Anda, tetapi dalam beberapa kasus dapat menjadi penyebab word not responding apabila fiturnya diaktifkan. 

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Komputer Hang dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Word Not Responding?

Ketika not responding terjadi, biasanya Anda harus menunggu hingga Microsoft Word tersebut normal kembali tanpa melakukan apapun. Namun, terkadang Anda harus menunggu cukup lama. Lantas, bagaimana cara mengatasi word not responding dengan tepat dan cepat? Mari simak beberapa cara mengatasinya di bawah ini. 

1. End Task Lewat Task Manager

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu menutup paksa Microsoft Word lewat Task Manager. Namun, perlu Anda pahami bahwa cara ini dapat membuat dokumen yang sedang Anda buat menghilang atau tidak tersimpan. Berikut ini cara menutup program tersebut.

  • Klik kanan pada Taskbar, lalu pilih Task Manager. Bisa juga dengan mengetikkan Task Manager pada Start menu Windows.
  • Temukan dan pilih program yang mengalami not responding tersebut. Dalam hal ini Anda pilih Microsoft Word. 
  • Pilih program, lalu klik End Task untuk menghentikan Microsoft Word.

2. Restart Laptop

Apabila word not responding terjadi setelah update Windows atau Microsoft Office, maka ada kemungkinan komponen program tidak berjalan dengan baik. Mengingat ketika updating program, sistem memerlukan DLL (Dynamic Link Library) untuk diperbaharui. 

Sementara, file tersebut tidak bisa diganti apabila menggunakan operating system atau program lain. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatasinya dengan memuat ulang atau restart laptop setelah sistem atau program terinstall. 

Baca Juga: 4 Cara Mematikan Laptop yang Ngehang dengan Benar

3. Mematikan Fitur AutoCorrect

Pada beberapa kondisi tertentu, fitur ini justru menjadi salah satu penyebab word not responding. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya matikan saja fitur tersebut. Untuk mematikan fitur ini, Anda bisa memperhatikan tahapan di bawah ini.

  • Buka Microsoft Word, kemudian klik menu File, lalu pilih Options. Setelah dialog Word Options tampil, klik Proofing lalu pilih AutoCorrect Options.
  • Hilangkan tanda centang pada bagian Show AutoCorrect Options Buttons dan Automatically Use Suggestions From the Spelling Checker.
  • Jika sudah, klik Ok.

4. Jalankan Repair Microsoft Office

Kendala word not responding bisa juga disebabkan instalasi program yang tidak sempurna, corrupt, dan mengalami masalah register. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik Start, lalu pilih ikon Settings.
  • Pilih Apps, lalu klik Apps & Feature.
  • Temukan dan pilih program Microsoft Office, pilih Modify.
  • Terdapat dua versi repair, yaitu online dan offline. Pilih salah satunya. Namun, untuk hasil yang maksimal Anda bisa memilih online repair. 
  • Ikuti petunjuk repair hingga prosesnya selesai dan berhasil. 

Bagaimana, apakah Anda sudah cukup memahami cara mengatasi word not responding dengan tepat? Untuk mengatasinya, Anda perlu mengenali terlebih dahulu penyebabnya, supaya cara mengatasinya pun bisa dilakukan dengan cara yang tepat. 

Penyebab kendala ini bisa dikarenakan faktor internal seperti program yang tidak terinstall dengan baik, serta faktor eksternal seperti spesifikasi laptop yang kurang mumpuni, tetapi digunakan untuk pemakaian multitasking. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error yang Perlu Diketahui

Apabila kendalanya disebabkan faktor eksternal, Anda bisa meng-upgrade spesifikasi laptop tanpa membeli laptop baru. Bagaimana caranya? Anda bisa sewa laptop di IndoRental untuk sementara waktu. Tersedia spesifikasi laptop mulai dari prosesor core i3 hingga i7 dengan merek laptop yang beragam. Anda bisa menyewa laptop tersebut harian, mingguan, dan bulanan. Bahkan Anda bisa mendapatkan harga khusus apabila menyewa dalam jumlah banyak untuk keperluan event. Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut.