Cara Cek Refresh Rate Layar HP dengan Mudah

Cara Cek Refresh Rate Layar HP dengan Mudah

cara cek refresh rate layar hp
Tips dan Trik

Bagaimana cara cek refresh rate layar HP dengan mudah? Refresh rate merupakan sebuah jumlah frame atau gambar yang bisa diambil dalam setiap detiknya. Sehingga, apabila semakin tinggi refresh rate tersebut maka akan semakin halus juga tampilannya. Sama halnya dengan refresh rate pada sebuah HP. 

Mungkin sebelumnya Anda pernah merasakan saat HP Anda mengalami lag? Nah, hal demikian nantinya akan membuat terasa kasar dalam segi transisi atau saat Anda melakukan scrolling. Selain itu, hal tersebut menandakan kalau refresh rate HP milik Anda tergolong rendah. Sehingga menyebabkan tampilan layar terasa tidak smooth dan kurang nyaman saat dipandang.

Pasti di benak Anda saat ini telah terbesit pertanyaan “Bagaimana cara mengetahui refresh rate HP Anda?”. Untuk mengetahui cara cek refresh rate layar HP, Anda bisa temukan beberapa caranya lewat artikel IndoRental kali ini ya! Simak terus penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Refresh Rate Layar HP?

Refresh rate adalah kemampuan dari layar HP untuk melakukan beberapa kali refresh layar secara berkala atau memindai ulang gambar per detik dalam satuan Hertz (Hz). Sebab, pada dasarnya, layar HP tidaklah selalu dalam keadaan statis. Melainkan pasti terdapat pergerakan halus atau patah-patah pada layar, hal tersebut dipengaruhi oleh pembaruan pixel yang terus-menerus. 

Misalnya, sebuah HP yang memiliki layar refresh rate 90Hz, maka layar tersebut dapat memperbarui pixel sebanyak 120 kali per detik. Hal tersebutlah yang membuat aktivitas scrolling di layar HP terasa smooth jika memiliki refresh rate besar.

Baca Juga: 7 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Bagaimana Cara Cek Refresh Rate Layar HP?

Cara cek refresh rate HP bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah dan anti ribet. Berikut ini langkah-langkah lebih lengkapnya : 

1. Cara Cek Refresh Rate Layar HP Melalui Aplikasi

Cara melakukan cek refresh rate layar HP yang bisa Anda lakukan salah satunya dapat melalui aplikasi, sebagai berikut : 

  1. Pertama, Anda bisa perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi bernama “Screen Info” melalui Google Play Store. Setelah berhasil melakukan pengunduhan, Anda bisa memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah berhasil terpasang di HP dan kemudian Anda bisa membukanya.
  2. Selanjutnya, pada halaman pertama aplikasi akan menampilkan serangkaian informasi terkait HP milik Anda. Biasanya, akan muncul juga tiga kolom untuk Anda pilih dengan menyesuaikan kebutuhan. Mulai dari Dimensi, Density, dan Refresh Rate. Pilih saja salah satu kolom tersebut yang sekiranya memang Anda butuhkan informasinya dengan cara meng-kliknya.  
  3. Dalam hal ini, Anda memilih opsi Refresh Rate. Nah, nanti akan secara otomatis muncul informasi yang Anda inginkan. 

2. Cara Cek Refresh Rate Layar HP Melalui Website

Jangan khawatir, jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk mengecek refresh rate layar HP bisa juga melalui website. Berikut caranya : 

  1. Silahkan ketikkan alamat website gsmrena.com 
  2. Setelah masuk pada website tersebut Anda bisa melanjutkan dengan mencari tipe HP yang Anda gunakan. 
  3. Lanjutkan dengan melakukan pengecekkan pada bagian layar yang berada di tabel spesifikasinya. Di sini, Anda bisa langsung melihat refresh rate yang dimiliki beserta jenis layar HP.

Baca Juga: 4 Cara Cek HP Support Wireless Charger

Bagaimana Cara Meningkatkan Refresh Rate Layar HP?

Cara meningkatkan refresh rate layar HP memang menjadi sesuatu yang penting untuk Anda ketahui, sebab keberadaannya mampu menunjang aktivitas. Apalagi saat seperti sekarang ini sudah banyak HP dengan performa mumpuni seperti memperbesar angka refresh rate. Maka, berikut ini cara meningkatkan refresh rate layar HP yang bisa Anda coba lakukan : 

  1. Buka menu pengaturan pada HP yang ingin Anda tingkatkan refresh rate-nya.
  2. Kemudian lanjutkan dengan mengklik menu Tampilan.
  3. Setelah itu, pilih dan klik menu kemulusan gerak.
  4. Pilih setting dan dilanjutkan dengan klik menu Tinggi.
  5. Pilih refresh rate yang Anda inginkan, kemudian pilih terapkan.
  6. Maka refresh rate HP Anda sudah meningkat secara otomatis tanpa harus merestart HP Anda.

Demikian penjelasan cara cek refresh rate layar HP dengan mudah untuk semua tipe. Setelah membaca artikel ini, tentu Anda juga sudah bisa mengetahui cara meningkatkan refresh rate layar HP. Apakah Anda membutuhkan perlengkapan teknologi dengan kualitas yang terjamin? Anda bisa menyerahkannya kepada IndoRental, merupakan perusahaan dengan fokus pada bidang IT dan memberikan pelayanan terkait sewa berbagai perangkat teknologi. 

Baca Juga: 14 Cara Mempercepat WiFi di Laptop dan HP dengan Mudah

Sesuaikan juga spesifikasi perangkatnya berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda. Yuk, segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!