5 HP Samsung yang Support Screen Mirroring untuk Anda

5 HP Samsung yang Support Screen Mirroring untuk Anda

hp samsung yang support screen mirroring
Teknologi

Ketika mencari sebuah smartphone, banyak orang mencari fitur-fitur yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, seperti kemampuan untuk menampilkan layar ponsel ke layar yang lebih besar. Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk hal tersebut adalah screen mirroring. Apa itu screen mirroring? Bagaimana cara mengaktifkannya pada HP Samsung? HP Samsung apa saja yang support screen mirroring? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut.

Apa Itu Screen Mirroring pada HP? 

Screen mirroring, juga dikenal sebagai mirroring, merupakan sebuah fitur yang bisa menampilkan layar smartphone di layar yang lebih besar seperti TV atau monitor. Melalui fitur ini, Anda bisa menonton film atau bermain game di layar yang lebih besar tanpa perlu menghubungkan kabel atau menggunakan perangkat tambahan. 

Untuk menggunakan screen mirroring, HP Samsung harus mendukung teknologi Miracast. Teknologi ini merupakan standar nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain melalui Wi-Fi Direct.  Melalui penggunaannya, Anda dapat menampilkan tampilan ponsel ke perangkat lain yang juga mendukung teknologi ini, seperti TV Samsung. Anda pun bisa menikmati berbagai aktivitas di ponsel dengan pengalaman baru yang menyenangkan. 

Baca Juga : Inilah 3 Perbedaan Samsung Z Flip dan Fold, Pilih Mana?

Cara Mengaktifkan Screen Mirroring di HP Samsung

Terdapat beberapa cara mengaktifkan mirroring layar pada HP Samsung. Proses ini relatif lebih mudah untuk dilakukan, namun tergantung pada jenis HP Samsung yang Anda gunakan. Untuk mendapat gambaran yang jelas mengenai cara-caranya, Anda bisa simak uraian di bawah ini. 

1. Menggunakan Quick Connect

Quick connect merupakan fitur bawaan pada ponsel Samsung yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan perangkat ke perangkat lain yang mendukung Miracast. Prosesnya juga bisa dilakukan dengan cepat.  Untuk menggunakan quick connect, buka panel notifikasi akses dan ketuk ikon quick connect. Setelah itu, pilih perangkat yang tersedia, lalu ikuti instruksi yang tertera di layar.

2. Menggunakan Smart View

Cara lain untuk menggunakan fitur ini pada HP Samsung dengan menggunakan aplikasi bawaan yang disebut Smart View. Fungsi Smart View adalah menampilkan layar ponsel di perangkat lain dengan mudah.  Untuk menggunakannya, buka aplikasi tersebut di HP Samsung Anda dan pilih perangkat yang ingin Anda hubungkan dengan ponsel Anda. Kemudian, ikuti instruksi yang pop-up di layar untuk menyelesaikan proses koneksi.  

Setelah itu, layar HP Samsung Anda akan terlihat di perangkat yang Anda pilih dan Anda dapat menikmati tampilan yang lebih besar dengan mudah. Smart View merupakan salah satu cara yang sangat mudah dan praktis untuk screen mirroring pada HP Samsung. Apabila telah selesai menghubungkan HP Samsung ke Smart TV dan ingin mematikan fitur ini, Anda bisa menekan ikon Smart View yang terdapat di layar HP kemudian pilih putuskan sambungan (Disconnect).

3. Menggunakan Google Home

Jika Anda memiliki perangkat Chromecast atau TV dengan built-in Chromecast, Anda dapat menggunakan Google Home untuk menampilkan ponsel ke perangkat tersebut. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store. Setelah megunduhnya, ikuti instruksi yang muncul di layar ponsel untuk menghubungkan perangkat Anda dengan Chromecast atau TV. 

4. Menggunakan Samsung DeX

Samsung DeX merupakan fitur pada HP Samsung yang dapat mengubah ponsel menjadi komputer desktop. Fitur ini juga dapat digunakan untuk memproyeksikan layar ponsel ke layar yang lebih besar. Untuk mengaktifkan fitur ini, hubungkan ponsel Anda ke monitor atau TV menggunakan kabel HDMI. Setelah itu, ikuti instruksi untuk menggunakannya.  Selain bisa dihubungkan dengan kabel USB, Samsung telah meng-upgrade Samsung DeX sehingga sekarang kamu dapat menghubungkan HP Samsung ke TV secara wireless dengan praktis dan mudah. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya secara detail:

  • Langkah 1: Nyalakan Smart TV dan aktifkan fitur Screen Mirroring.
  • Langkah 2: Ketuk ikon pengaturan dan buka Quick Settings pada HP Anda
  • Langkah 3: Aktifkan fitur DeX.
  • Langkah 4: Pilih Smart TV yang ingin Anda hubungkan dari daftar yang tertera di ponsel.
  • Langkah 5: Tampilan HP Anda akan muncul di Smart TV dalam bentuk tampilan desktop.

5. Menggunakan Adapter

Jika HP Samsung Anda tidak mendukung Miracast, Anda dapat menggunakan adapter Miracast. Adapter ini dapat dihubungkan ke port HDMI pada TV atau monitor dan dapat menghubungkan ponsel Anda ke perangkat tersebut melalui WiFi Direct.  Caranya,  cukup dekatkan ponsel ke TV atau monitor, lalu gunakan kabel HDMI dan aktifkan mode Miracast pada ponsel Anda. Setelah itu, pilih adapter pada layar smartphone Anda dan ikuti instruksi yang muncul di layar.

Baca Juga : Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan dan Tips Memilihnya

HP Samsung yang Mendukung Screen Mirroring

Mencari HP Samsung dengan support screen mirroring dapat menjadi tugas yang menantang bagi beberapa orang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membantu Anda menemukan beberapa HP Samsung yang mendukung fitur ini. IndoRental akan membahas masing-masing HP Samsung tersebut secara rinci, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Yuk langsung saja simak di bawah ini. 

1. Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra termasuk salah satu HP Samsung terbaru yang dilengkapi dengan fitur screen mirroring. HP ini memiliki layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci yang mampu memberikan tampilan yang jernih dan tajam. Selain itu, Galaxy S21 ini didukung oleh operation system Android 11 (upgradable to android 12) dan One UI.

HP ini juga dilengkapi fitur screen mirroring dengan mudah. Saat Anda menggunakan teknologi ini, Anda dapat menampilkan HP Samsung ini di perangkat lain dengan tampilan yang lebih besar dan lebih jelas. Jadi, bagi Anda yang mencari HP Samsung dengan fitur screen mirroring yang canggih, seri Samsung ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Samsung Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 Ultra hadir dengan fitur screen mirroring yang dapat memudahkan Anda dalam menghubungkan layar HP ke layar TV. HP ini memiliki spesifikasi layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,9 inci dan dilengkapi teknologi untuk memproyeksikan layar HP di perangkat lain.  Fitur ini mempermudah Anda untuk menonton konten multimedia dari HP ke layar yang lebih besar. Produk Samsung satu ini juga memiliki berbagai fitur canggih, seperti S Pen yang dapat membantu Anda dalam menggambar atau menulis catatan dengan lebih mudah dan presisi. 

3. Samsung Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy S20 FE juga menyediakan fitur screen mirroring untuk menampilkan tampilan layar HP ke perangkat lain yang mendukung Miracast. HP ini mempunyai spesifikasi layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci, memiliki port USB-C dan dilengkapi teknologi untuk menghubungkan HP ke TV atau layar monitor dengan mudah dan cepat.  HP ini juga memiliki kinerja yang tangguh dengan prosesor Exynos 990 atau Snapdragon 865, serta baterai yang besar, sehingga Anda dapat menggunakan HP ini tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Baca Juga : HP Mendadak Bootloop? Ini 4 Cara Mengatasi HP Bootloop dan Penyebabnya!

4. Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52 menjadi salah satu ponsel pintar Samsung kelas menengah yang memiliki fitur screen mirroring. Selain fitur screen mirroring, Samsung Galaxy A52 juga memiliki kamera utama 64 megapixel dan kamera depan 32 megapixel untuk menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi. Ponsel ini juga memiliki daya tahan baterai yang baik, dengan kapasitas 4.500 mAh dan dukungan untuk pengisian cepat 25 watt. Namun di tahun 2024 ini, Samsung Galaxy A52 sudah tidak mendapatkan pembaruan software lagi

5. Samsung Galaxy A32

Apakah Anda menggunakan Samsung Galaxy A32? HP ini juga mendukung fitur screen mirroring. HP ini memiliki spek layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan teknologi Miracast untuk melakukan screen mirroring.  Tidak hanya itu, HP ini juga memiliki kamera utama 64 megapixel, kamera ultra-lebar 8 megapixel, kamera makro 5 megapixel, dan kamera depth 5 megapixel. Seri Samsung ini juga memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 15 watt, dan memiliki spesifikasi penyimpanan internal hingga 128GB dan RAM 4GB atau 6GB.

Jadi, HP Samsung sejenis mana yang hendak Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari? Screen mirroring menjadi fitur yang sangat berguna bagi Anda, karena dapat menampilkan layar HP di layar yang lebih besar seperti TV atau monitor tanpa perlu menggunakan kabel atau perangkat tambahan.  Jika Anda sedang mencari HP Samsung yang support screen mirroring, pastikan untuk mempertimbangkan HP Samsung yang sudah disebutkan tadi.

Namun, jika Anda mencari HP Samsung untuk keperluan event besar di daerah Jakarta, Anda bisa sewa HP Samsung Jakarta di IndoRental. Anda bisa menyewa HP di IndoRental dalam jangka waktu mingguan hingga bulanan dengan harga sewa yang cukup terjangkau mulai dari Rp600.000. Cara menyewanya pun mudah, cukup pilih perangkat yang diinginkan dan langsung saja hubungi tim IndoRental untuk proses pemesanan. Setelah itu, perangkat akan dikirimkan sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Jangan khawatir, IndoRental selalu menjaga kualitas dari perangkat yang disewakan sebab IndoRental memiliki sistem quality control yang baik untuk memastikan perangkat dapat berfungsi dengan maksimal.Jadi tunggu apalagi, kunjungi IndoRental sekarang dan buat event Anda menjadi sukses dengan kehadiran HP Samsung tersebut.