Kenali 5 Perbedaan Ipad Pro dan Ipad Air

Kenali 5 Perbedaan Ipad Pro dan Ipad Air

perbedaan ipad pro dan ipad air
Tips dan Trik

Pada era teknologi yang terus berkembang pesat seperti saat ini, tablet menjadi salah satu perangkat yang sangat populer. Dalam kategori tablet, produk-produk dari Apple, seperti iPad Pro dan iPad Air, sering kali menjadi pilihan utama. Apa saja perbedaan iPad Pro dan iPad Air?

Meskipun keduanya berasal dari keluarga iPad, terdapat perbedaan yang signifikan antara iPad Pro dan iPad Air. Hal ini penting Anda ketahui agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau begitu, mari simak beberapa perbedaannya di bawah ini. 

Sekilas tentang iPad Pro

iPad Pro adalah salah satu seri tablet yang diproduksi oleh Apple. Seri ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015 dan telah mengalami beberapa pembaruan signifikan. Desain iPad Pro cenderung lebih premium dan elegan dibandingkan dengan iPad Air. 

Dibandingkan dengan iPad Air, iPad Pro menawarkan performa yang lebih tinggi dengan menggunakan chip prosesor yang lebih kuat. Selain itu, iPad Pro memiliki layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi, sehingga membuat iPad Pro menjadi pilihan ideal bagi Anda yang membutuhkan ruang layar yang lebih luas untuk produktivitas, desain grafis, atau hiburan.

Secara desain, iPad Pro hadir dengan bezel yang lebih tipis, serta memberikan kesan modern dan menarik. iPad Pro juga dilengkapi dengan teknologi TrueDepth Camera yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan Face ID untuk membuka kunci perangkat, mengamankan data pribadi, serta mengakses aplikasi dan konten dengan cepat dan mudah. 

Tidak hanya itu, iPad Pro dilengkapi dengan fitur Apple Pencil dan Magic Keyboard, yang menjadikan iPad Pro lebih cocok untuk kebutuhan profesional seperti desain grafis, animasi, dan pekerjaan kreatif lainnya.

Baca Juga: Pelajari 5 Cara Transfer File dari Windows ke iPad

Sekilas tentang iPad Air

Sementara itu, iPad Air juga merupakan salah satu tablet yang populer dari Apple. Seri ini diperkenalkan sebagai alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan iPad Pro, namun tetap menawarkan performa yang tangguh. 

Dalam hal desain, iPad Air memiliki kesamaan dengan iPad Pro dalam hal bezel yang tipis, namun secara keseluruhan terlihat lebih serupa dengan iPad standar. Meskipun demikian, iPad Air tetap menampilkan desain yang modern dan menarik.

Performa iPad Air tidak perlu Anda ragukan lagi, karena didukung oleh chip prosesor yang kuat dan terbaru dari Apple. Meskipun tidak secepat dan setangguh iPad Pro, iPad Air masih mampu menjalankan aplikasi-aplikasi berat dan game dengan lancar. 

Layar Retina pada iPad Air memberikan kualitas gambar yang tajam dan detail, meskipun tidak sebaik iPad Pro. Untuk Anda yang tidak membutuhkan layar yang sangat besar atau tidak memiliki anggaran yang cukup besar, iPad Air dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Kenali 4 Ciri-ciri iPhone HDC Agar Tidak Tertipu Saat Membeli

5 Perbedaan iPad Pro dan iPad Air

Setelah Anda mengetahui sekilas tentang kedua produk tersebut, selanjutnya Anda perlu memahami lebih dalam mengenai perbedaan iPad Pro dan iPad Air. Perbedaan-perbedaan ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memiliki salah satunya. Yuk langsung simak saja perbedaan keduanya di bawah ini. 

1. Performa Chipset

Perbedaan yang signifikan antara iPad Air dan iPad Pro terbaru, yaitu bisa Anda lihat melalui iPad Air Gen 5 dan iPad Pro Gen 6 yang terletak pada chipset yang digunakan. Pada iPad Air Gen 5, Apple membekalinya dengan chipset M1 yang sangat kuat. 

Sementara itu, iPad Pro Gen 6 menggunakan chipset M2 yang merupakan versi terbaru dari Apple, yang awalnya dirancang untuk perangkat Mac. Chipset M2 ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan video ProRes dan memberikan akselerasi terbaik untuk penggunaan iPad Pro.

Kehadiran chipset M2 ini membuat iPad Pro Gen 6 mampu menghadirkan performa yang luar biasa dalam menjalankan tugas-tugas berat tanpa mengalami kendala. Penggunaannya memberikan kecepatan dan efisiensi yang tinggi, serta memastikan pengguna dapat menyelesaikan tugas-tugas produktif dengan lancar dan tanpa hambatan sedikit pun.

Meskipun begitu, baik chipset M1 maupun M2 merupakan chipset kelas atas yang memberikan performa terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memilih iPad Pro Gen 6 untuk memperoleh performa terbaik yang mendukung pekerjaan berat pada iPad, seperti pengeditan video atau desain grafis yang kompleks. 

Namun, bagi Anda yang lebih mengutamakan produktivitas sehari-hari dengan tugas-tugas yang tidak terlalu berat, iPad Air Gen 5 juga dapat menjadi pilihan yang baik. Dalam memilih antara kedua perangkat ini, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda. 

2. Pilihan Penyimpanan

Perbedaan berikutnya antara iPad Air dan iPad Pro adalah opsi penyimpanan yang ditawarkan. iPad Air hanya memiliki pilihan penyimpanan hingga 256 GB, sementara iPad Pro menawarkan pilihan penyimpanan hingga 1 TB. Penyimpanan sebesar 256 GB pada iPad Air pada dasarnya sudah merupakan ukuran yang besar dan dapat menampung banyak file.

Bagi sebagian besar pengguna, kapasitas penyimpanan sebesar 256 GB pada iPad Air sudah cukup memadai untuk menyimpan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dan dokumen. Namun, bagi para profesional yang sering melakukan pengeditan foto dan video dalam jumlah besar, opsi penyimpanan hingga 1 TB yang ditawarkan oleh iPad Pro dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan iPad Air dan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada 256 GB yang disediakan, ada solusi alternatif yang dapat Anda lakukan. Anda bisa memanfaatkan layanan berbayar iCloud dari Apple yang menyediakan opsi penyimpanan hingga 2 TB. 

3. Tampilan Layar

iPad Air Gen 5 memiliki ukuran layar 10,9 inci, sedangkan iPad Pro Gen 6 hadir dengan ukuran layar 11 inci. Kedua perangkat ini dilengkapi dengan layar Liquid Retina LED Display dengan kepadatan piksel 264 PPI, serta fitur Oleophobic, Anti-Reflective, P3 Wide Color, dan True Tone yang memastikan kualitas tampilan yang baik.

Meskipun keduanya menggunakan teknologi layar yang serupa, terdapat perbedaan signifikan pada iPad Pro 11 inci. Perangkat ini mampu menghasilkan kecerahan layar yang 100 nits lebih tinggi dibandingkan dengan iPad Air. Keunggulan ini memberikan pengalaman visual yang lebih terang dan jelas pada iPad Pro.

Perbedaan tampilan yang lebih mencolok terdapat pada versi iPad Pro dengan ukuran layar 12,9 inci. Selain memiliki kecerahan yang lebih tinggi, iPad Pro 12,9 inci juga dilengkapi dengan teknologi ProMotion. 

Teknologi ini memungkinkan layar iPad Pro untuk menghadirkan refresh rate hingga 120Hz, yang memberikan responsivitas yang lebih tinggi dan pergerakan gambar yang lebih halus. Selain itu, iPad Pro 12,9 inci juga menggunakan teknologi mini-LED, yang meningkatkan kontras, kecerahan, dan akurasi warna pada layarnya.

4. Desain dan Warna iPad

Kedua jenis iPad Air dan iPad Pro mengadopsi desain yang sama dengan seri terbaru iPhone, dengan sudut yang cenderung kotak dan permukaan yang datar. Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya.

iPad Air memiliki bezel yang sedikit lebih tebal daripada iPad Pro, tetapi perbedaan ini tidak terlalu signifikan. Selain itu, iPad Air hadir dengan ukuran layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan iPad Pro. Misalnya, iPad Air memiliki layar berukuran 10,9 inci, sementara iPad Pro hadir dalam varian 11 inci dan 12,9 inci.

Salah satu perbedaan desain yang paling mencolok adalah pada tampilan layar. iPad Pro menampilkan desain layar edge-to-edge dengan bezel yang tipis dan sudut layar yang melengkung. 

Desain ini memberikan kesan yang lebih modern dan profesional pada iPad Pro. Selain itu, iPad Pro tidak dilengkapi dengan tombol home fisik seperti yang ada pada iPad Air, yang membuat tampilan layarnya terlihat lebih mulus dan minimalis.

Dalam hal ketebalan bodi, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua jenis iPad ini, mengingat ukuran yang serupa pada keduanya. Juga, keduanya memiliki desain yang ramping dan elegan, sehingga nyaman digunakan dan mudah dibawa dalam berbagai situasi.

Terdapat perbedaan dalam pilihan warna juga yang ditawarkan oleh kedua jenis iPad ini. iPad Air hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam, seperti Space Gray, Starlight, Pink, Purple, dan Blue. 

Sementara itu, iPad Pro hanya tersedia dalam pilihan warna Silver dan Space Gray. Pilihan warna yang lebih beragam pada iPad Air memberikan kesan yang ceria dan memberikan lebih banyak variasi. Di sisi lain, pilihan warna yang lebih terbatas pada iPad Pro memberikan kesan yang lebih profesional dan modern.

Baca Juga: 3 Cara Cek Frekuensi Jaringan Di HP Android Dan Iphone

5. Kamera

iPad Air dilengkapi dengan kamera belakang wide single 12 MP ƒ/1.8 yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Sementara itu, iPad Pro memiliki kamera belakang yang lebih canggih. iPad Pro hadir dengan kamera Wide 12 MP ƒ/1.8 dan kamera Ultra Wide 10 MP ƒ/2.4. Kamera iPad Pro juga dilengkapi dengan fitur LiDAR scanner yang memberikan keunggulan tambahan.

Keunggulan kamera iPad Pro terletak pada kemampuannya untuk melakukan zoom in hingga 5x dan zoom out hingga 2x. Melalui fitur ini, Anda bisa mengambil gambar dengan detail yang lebih optimal, baik pada jarak dekat maupun jarak jauh. 

Selain itu, iPad Pro juga mampu merekam video ProRes 4K dengan kualitas yang sangat baik. Terdapat juga fitur True Tone Flash yang memastikan pencahayaan yang optimal saat pengambilan gambar dalam kondisi cahaya yang rendah.

Teknologi LiDAR scanning yang hadir pada iPad Pro adalah fitur yang menonjol. Teknologi ini digunakan untuk mengukur jarak objek di sekitar perangkat hingga jarak 5 meter. Keberadaan teknologi LiDAR ini memungkinkan iPad Pro untuk memberikan pengalaman realitas augmentasi (AR) yang lebih mendalam dengan kemampuan yang lebih baik dalam memahami objek di sekitar pengguna.

Sementara itu, kedua perangkat ini memiliki kamera depan ultra wide 12 MP ƒ/2.4 dengan 2x optical zoom out. Kamera depan ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie yang lebih luas dan menangkap gambar dengan detail yang baik. 

Fitur TrueDepth camera yang hadir pada iPad Pro juga memberikan berbagai fitur tambahan seperti mode Portrait, Portrait Lighting, Animoji, dan Memoji yang menyenangkan bagi pengguna.

Kedua perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur Center Stage yang mengikuti gerakan pengguna saat melakukan panggilan video. Fitur ini memastikan Anda tetap berada di tengah layar sehingga dapat berkomunikasi dengan nyaman dan tetap terlihat dengan jelas.

Dalam memilih antara iPad Pro dan iPad Air, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. iPad Pro menawarkan performa dan fitur-fitur yang lebih unggul, cocok untuk Anda yang membutuhkan kecepatan dan produktivitas tinggi. 

Sementara itu, iPad Air merupakan pilihan yang lebih terjangkau dengan performa yang masih tangguh dan layar yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Bila Anda telah memahami perbedaan iPad Pro dan iPad Air tersebut, maka Anda bisa membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, bila Anda memerlukan iPad dalam jumlah banyak untuk kegiatan berskala besar di Jakarta, Anda bisa sewa iPad Jakarta di IndoRental. Anda bisa sewa harian, mingguan, dan bulanan mulai dari Rp350.000. Apakah Anda ingin mendapat harga khusus? Jika iya, Anda bisa hubungi IndoRental sekarang juga.