Miliki 7 Aplikasi PDF di Laptop Anda Sekarang

aplikasi pdf di laptop
Uncategorized

Kebutuhan aplikasi PDF di laptop semakin meningkat. File dengan format PDF bisa diakses dengan menggunakan browser di laptop, seperti Google Chrome atau Microsoft Edge. Kedua browser tersebut memiliki fitur PDF reader di dalamnya. Sayangnya, kedua browser tersebut hanya menyediakan fitur untuk membaca file PDF saja. Padahal file PDF yang kita baca juga membutuhkan tanda tangan, highlight untuk menandai bagian yang penting dan lain-lain.

Tak hanya itu, kita juga pasti menggunakan browser untuk kegiatan lainnya dalam waktu yang bersamaan. Sembari membaca PDF, kita juga mencari informasi tambahan di browser, mendengarkan musik dari YouTube, atau bahkan mengedit dokumen. Semua kegiatan itu membuat performa laptop kita menjadi lambat dikarenakan besarnya RAM yang dihasilkan oleh browser.

Karena itulah, kita memerlukan aplikasi PDF di laptop untuk mempermudah pekerjaan kita. Kehadiran aplikasi ini sangatlah penting, mengingat dalam keseharian kita juga menemukan beberapa pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan file PDF. Mahasiswa yang berkuliah pastinya membutuhkan aplikasi ini saat membaca jurnal untuk tugas kuliah atau skripsi mereka.

Ada pula orang yang menggunakan PDF hanya untuk mengakses bacaan favorit mereka. Katalog yang beredar di pasaran cenderung berformat PDF dibandingkan menggunakan format lainnya. Selain itu, file dengan format PDF juga lebih nyaman dibaca dan dilihat, serta tidak mengubah desain yang telah dibuat dengan software apapun.

Rekomendasi Aplikasi PDF di Laptop

Lewat artikel ini, Indorental akan membagikan rekomendasi aplikasi PDF di laptop yang cocok dan nyaman untuk digunakan. Tak hanya itu, aplikasi yang direkomendasikan sifatnya gratis, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek untuk memasangnya. Selalu ingat bahwa semua aplikasi PDF ini memiliki keunggulannya masing-masing, jadi pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Foxit Reader

Aplikasi PDF Foxit Reader bisa diibaratkan sebagai versi offline dari Google Docs. Foxit Reader bisa dipakai untuk membuat, membagikan dan mengamankan file PDF Anda. Membuat file PDF bisa dilakukan dengan cara mengunggah hasil scan, mengubah format file yang dibuat dengan Word, PowerPoint, atau Excel, dan menggabungkan beberapa file PDF.

Selain itu, Foxit Reader juga bisa digunakan untuk berkolaborasi. Anda dan rekan bisa melacak aktivitas yang telah dilakukan dalam PDF itu. Selain itu, Foxit juga menawarkan fitur keamanan, seperti memasang password dan enkripsi file. Aplikasi ini bisa digunakan di OS Windows dan Mac dan sering digunakan karena fleksibilitasnya.

2. Adobe Acrobat Reader DC

Acrobat Reader merupakan aplikasi keluaran Adobe yang bisa terhubung dengan akun cloud storage Anda, seperti Dropbox dan OneDrive. Aplikasi ini bisa membaca dan membagikan file PDF dengan perangkat apapun. Acrobat Reader juga memiliki fitur read text out loud, sehingga isi dokumen yang sulit dibaca akan dibacakan secara vokal oleh aplikasi ini.

Keunggulan lainnya adalah, Acrobat Reader bisa mengubah file berformat HTML ke PDF. Tampilannya yang user-friendly dan navigasinya yang mudah membuat Acrobat Reader menjadi aplikasi yang sering digunakan.

3. Javelin PDF Reader

Javelin memiliki keunggulan pada tampilan aplikasinya yang user-friendly. Aplikasi ini menyediakan fitur yang umumnya dibutuhkan oleh PDF reader. Meskipun ukurannya lebih ringan, fiturnya bersifat inovatif, bahkan aplikasi ini bisa melihat dan mencetak file PDF yang telah dienkripsi.

Sayangnya, proses instalasi aplikasi ini terbilang rumit. Namun, aplikasi ini bisa digunakan di laptop dengan OS Windows dan Mac.

Baca juga: 3 Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop

4. Google Drive

Tak mau kalah dengan Adobe, Google juga memiliki aplikasi PDF reader andalannya. Lewat Google Drive, Google menyediakan fitur PDF reader yang juga bisa digunakan untuk scan, mengedit dan menyimpan file PDF. Anda juga bisa mencetak file PDF dengan aplikasi ini. Tak hanya diakses lewat browser, Anda juga bisa memasang Google Drive di laptop sehingga bisa diakses secara offline.

5. SumatraPDF

Sekilas, aplikasi PDF reader ini memiliki kesamaan dengan salah satu nama pulau di Indonesia. SumatraPDF adalah aplikasi yang simpel dan memiliki interface yang intuitif. Selain itu, aplikasi ini juga membantu Anda lebih fokus membaca file PDF lantaran memiliki mode View yang bermacam-macam, seperti Single Page, Book, Facing, dan Presentation.

SumatraPDF hanya bisa digunakan dengan OS Windows. Selain itu, PDF reader ini hanya cocok digunakan untuk membaca, sebab tidak ada fitur annotation atau form-filling di dalamnya.

6. Preview

Berkebalikan dengan SumatraPDF, aplikasi ini hanya bisa digunakan di OS Mac. Malahan, Preview sendiri adalah aplikasi yang sudah dipasang secara otomatis di setiap perangkat dengan OS Mac.

Aplikasi ini bisa melakukan annotation atau membuat catatan di file PDF, menggabungkan file, form-filling, mengganti gambar, berbagi file, bahkan mengekspor file PDF yang dilindungi dengan password. Apabila Anda sering mengedit file PDF untuk urusan pekerjaan, ada baiknya Anda mengandalkan Preview sebagai PDF reader di laptop.

7. SodaPDF

SodaPDF adalah aplikasi PDF reader yang bersifat portable dan mudah digunakan. Aplikasi ini cocok digunakan apabila Anda sering membaca file PDF dengan visual yang banyak seperti katalog, majalah atau buku komik. Anda bahkan bisa melihat file PDF secara 3D.

SodaPDF juga cocok digunakan untuk pekerjaan Anda, lantaran aplikasi ini menyediakan fitur electronic signatures. Anda juga bisa memasukkan elemen kecil dalam dokumen, seperti nomor halaman atau watermarks. Jangan khawatir, SodaPDF cocok digunakan di laptop dengan software Windows ataupun Mac.

Itulah aplikasi PDF di laptop yang direkomendasikan oleh Indorental. Pastikan Anda memilih aplikasi PDF yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop kesayangan. Untuk Anda yang sedang berada di Jakarta dan membutuhkan laptop yang sesuai dengan spesifikasi, Anda bisa memanfaatkan layanan sewa laptop Jakarta yang disediakan oleh Indorental. Kami menyediakan layanan penyewaan berbagai peralatan teknologi untuk kebutuhan event dan kantor Anda.