Control Panel adalah Hal yang Penting Dari Sebuah Komputer

Control Panel adalah
Uncategorized

Control Panel adalah salah satu aplikasi atau menu yang harus Anda kenali karena ada beberapa pengaturan yang hanya bisa diakses melalui aplikasi ini. Windows 10 masih memiliki Control Panel. Beberapa pengaturan hanya muncul di aplikasi ini, beberapa lagi di aplikasi Pengaturan, dan ada juga yang muncul di keduanya. Berikut ini adalah berbagai hal yang harus Anda ketahui mengenai hal yang satu ini.

Control Panel adalah Bagian Penting dari Windows

Aplikasi yang ada di Microsoft Windows ini akan memungkinkan pengguna untuk mengubah berbagai fitur perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Pengaturan untuk menggunakan perangkat keras di komputer seperti mouse, tampilan, suara, jaringan, dan keyboard adalah beberapa contoh dari apa yang dapat dimodifikasi di Control Panel.

Bagian dari Control Panel Windows

Ada delapan area utama di Control Panel, berisi berbagai tools yang dirancang untuk mengoptimalkan komputer Anda. Bagian tersebut adalah:

  • Sistem dan Keamanan – Bagian untuk memeriksa status komputer Anda, backup, pemulihan, dan lainnya.
  • Jaringan dan Internet – Melihat status jaringan.
  • Perangkat Keras dan Suara – Mengetahui dan mengatur perangkat mana yang ada dan tersambung dengan komputer Anda. Pada bagian pengaturan ini juga menjadi salah satu cara melakukan sharing printer di Windows.
  • Program – Pengaturan instalasi program.
  • Akun Pengguna – Ubah aksesibilitas pengguna seperti membuat password di laptop.
  • Penampilan dan Personalisasi – Ubah opsi desktop, seperti font dan layar.
  • Jam dan Wilayah – Mengubah tanggal dan waktu.
  • Kemudahan akses – Optimalkan pengaturan tampilan Anda.

Membuka Control Panel

Pada Windows 7, Anda bisa mengklik tombol Start dan memilih “Control Panel.” Untuk Windows 8 dan 8.1, Anda bisa mengklik kanan tombol Start atau tekan Windows + X dan klik “Control Panel.” Metode-metode di atas ini tidak akan bisa digunakan dalam Windows 10.

Namun, membuka Control Panel pada Windows 10 sangat mudah. Klik tombol Start atau tekan tombol Windows, lalu ketik “Control Panel” ke dalam kotak pencarian di menu Start, dan tekan Enter.

Anda juga dapat membuat shortcut desktop ke Panel Kontrol. Buka menu Start, scroll ke bagian bawah daftar Aplikasi di panel kiri, dan klik folder “Sistem Windows”. Drag dan drop shortcut Control Panel ke desktop Anda.

Ada juga memiliki cara lain untuk membuka Control Panel. Misalnya, dengan menekan Windows + R untuk membuka dialog Run dan kemudian ketik “control” atau “Control Panel” dan tekan Enter. Perintah ini juga dapat dijalankan dari jendela Command Prompt atau PowerShell.

Dalam Windows 10, Anda sering kali tidak perlu mengakses aplikasi ini secara langsung. Hal inilah yang diinginkan Microsoft. Bahkan saat Anda menggunakan aplikasi Pengaturan, banyak halaman pengaturan yang akan tertaut menuju masing-masing applet Panel Kontrol yang menawarkan pengaturan tambahan.

Control Panel juga digunakan selama bertahun-tahun oleh Mac OS, mulai dari Mac OS 9. Namun, dengan diperkenalkannya Mac OS X, aplikasi ini digabungkan menjadi satu interface yang disebut System Preferences. Control Panel itu sendiri sekarang disebut “Preference Panes” di Mac OS X. Dapat diakses dengan memilih “System Preferences” dari menu Apple atau dengan mengklik ikon yang ada di Dock.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan untuk Anda, semoga bisa membantu dalam kegiatan sehari-hari. Control Panel adalah cara untuk bisa mengatur berbagai keperluan, bagi Anda yang sedang mencari laptop, silahkan cek sewa laptop Bandung di Indorental sekarang juga.