Memahami Cara Sharing Printer Windows

cara sharing printer
Tips dan Trik

Cara sharing printer bisa dilakukan dengan mudah untuk sistem operasi Windows. Anda dapat mengetahui setiap langkah mudah cara untuk sharing printer di Windows, seperti Windows 10, Windows 8, dan Windows 7.

Tidak dapat dimungkiri bahwa perangkat printer sangat penting untuk digunakan dalam urusan perkantoran. Selain itu juga penting untuk kebutuhan event dan acara, seperti pameran, launching produk, dan lainnya. Tanpa adanya printer, maka banyak dokumen dalam bentuk fisik yang tak mampu dicetak dengan kualitas baik.

Printer sendiri terdiri dari banyak merek dan tipe. Masing-masing tipe memiliki spesifikasi berbeda sehingga kemampuan yang dimiliki juga tidak identik. Perkembangan teknologi pun semakin baik. Urusan print atau mencetak warna dan hitam putih sudah dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah. Bahkan Anda dapat memilih printer yang mampu melakukan proses sharing atau penyalinan dokumen serta fotocopy juga.

Selain itu, printer yang disharing dapat dihubungkan ke beberapa komputer tanpa perlu menggunakan kabel lagi. Ingin tahu bagaimana cara sharingprinter? Kemudian bagaimana cara mengakses printer? Apa yang harus dilakukan jika mengalami kegagalan sharingprinter? Simak rangkuman lengkapnya bersama IndoRental di bawah ini.

Cara Sharing Printer Windows

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan fitur sharingprinter pada Windows 7, 8, dan 10. Berikut langkahnya:

  1. Buka Control Panel dengan cara klik tombol Windows lalu ketik Control Panel dan klik menu tersebut.
  2. Ada berbagai pilihan yang muncul di layar laptop/komputer Anda. Namun untuk melakukan sharing printer, pilih View network status and tasks.
  3. Kemudian cek bagan sebelah kiri Anda. Ada beberapa pilihan, tapi pilih change advanced sharing settings.
  4. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih opsi Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Dari kedua pilihan ini, maka Anda dapat melakukan sharing printer tanpa menggunakan kabel lagi. Melainkan menggunakan jaringan WiFi.
  5. Jika sudah, klik tombol Save Changes untuk menyimpan pilihan Anda.
  6. Sekarang kembali ke Control Panel, lalu klik menu View devices and printers.
  7. Anda akan melihat berbagai devices and printers yang selama ini sudah pernah terhubung dengan komputer/laptop tersebut. Pilih printer yang memang ingin disharing dengan cara klik kanan pada mouse dan pilih Printer properties.
  8. Anda dapat memilih opsi menu Sharing lalu centang Share this printer kemudian klik OK.

Sekarang printer yang disharing tersebut sudah dapat menerima dokumen dari komputer/laptop lain yang berada di sekitarnya.

Cara Akses Sharing Printer

Namun sebelum Anda melakukan sharing printer seperti yang telah diberikan di atas, sebaiknya konfigurasi komputer/laptop terlebih dahulu. Jika tidak melakukan langkah konfigurasi ini, maka komputer/laptop tak mendapatkan mengakses printer tersebut. Ini cara konfigurasinya:

  1. Kembali pilih menu View network status and tasks.
  2. Cek bagan sebelah kiri layar Anda karena beberapa pilihan. Namun pilih Change advanced sharing settings untuk konfigurasi akses sharing printer.
  3. Sekarang Anda pastikan bahwa opsi Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing sudah dicentang. Jika belum, centang keduanya.
  4. Sekarang masuk ke File Explorer, pilih Network, dan clik nama dari komputer/laptop lain yang ingin dihubungkan.
  5. Akan muncul ikon printer yang akan dihubungkan. Klik kanan pada ikon printer tersebut lalu pilih Connect.
  6. Sekarang Anda bisa mulai melakukan tes printer tersebut dengan komputer/laptop lain.

Cara Mengatasi Gagal Sharing Printer

Bagaimana jika tetap tidak bisa mengakses fitur share printer? Ada beberapa penyebabnya:

  • Komputer / laptop utama mengatur password protected sharing dengan perangkat lain yang ingin mencetak dokumen.
  • Jaringan terputus atau tidak terhubung secara baik.
  • Komputer / laptop tidak terhubung dengan baik sehingga jaringan pada printer juga tidak maksimal.

Tenang saja, ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah di atas, yaitu:

  • Ketahui password protected sharing yang dipakai komputer utama untuk akses fitur mencetak dokumen.
  • Cek kondisi jaringan beserta kabelnya.
  • Komputer / laptop harus tetap hidup untuk dijadikan penghubung utama. 
  • Pastikan komputer / laptop terhubung dengan baik.

Jadi, itulah cara sharing printer yang dapat Anda lakukan. Ada tahapan lain lagi yang mungkin saja perlu anda lakukan sebelum menggunakan printer, yaitu dengan melakukan Printer Test Page agar mendapat hasil yang maksimal saat Anda mencetak dokumen.

Butuh perangkat printer terbaik? IndoRental siap menyediakan jasa sewa untuk Anda dengan berbagai tipe dan merek. Dengan informasi cara sharing printer di atas, hubungi rental printer terdekat IndoRental untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.