Pahami 4 Cara Sharing Data antara Komputer dan Laptop dengan Mudah

Pahami 4 Cara Sharing Data antara Komputer dan Laptop dengan Mudah

cara sharing data
Tips dan Trik

Cara sharing data yang umum dilakukan oleh sebagian besar pengguna laptop adalah dengan menggunakan flashdisk atau hardisk. Bukan berarti tidak praktis, namun cara ini cukup berisiko menyebarkan malware pada laptop. 

Terdapat cara sharing data antara komputer dengan laptop yang dapat dilakukan tanpa menggunakan perangkat eksternal. Agar memudahkan proses pemindahan data, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Sharing Data File atau Folder dengan Mudah?

Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows, lakukan cara berikut ini untuk sharing file dengan mudah tanpa menggunakan perangkat eksternal apa pun. Adapun cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Mengatur File Sharing Pada Perangkat Utama

Cara sharing data pertama yang dapat dilakukan adalah mengatur sharing file pada laptop atau komputer utama. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan:

  • Buka menu control panel dan klik pada pilihan network and internet
  • Selanjutnya, klik pada menu network and sharing center. Layar akan menampilkan beberapa menu baru, pada bagian ini klik change advanced sharing setting.
  • Kemudian Anda akan melihat 3 pilihan profile yaitu private, guest or public, dan all network, pada bagian ini Anda hanya perlu mengatur pilihan guest dan all network.
  • Klik pilihan guest or public dan pastikan kolom turn on network discovery dan turn on file and printer sharing terisi dengan lingkaran hitam. Anda dapat klik pada kolom kedua pilihan tersebut. 
  • Selanjutnya klik pada pilihan all network dan pastikan turn off public folder sharing, use 128-bit encryption, dan turn off password protected sharing terisi dengan lingkaran hitam. Anda dapat klik pada ketiga kolom di atas. 

Baca Juga: Memahami Cara Ekspor Kontak ke Gmail untuk Mengamankan Data Kontak

2. Pilih Folder Sharing

Setelah mengatur file sharing, Anda dapat mulai memilih folder yang akan dibagikan dengan cara berikut ini: 

  • Apabila terdapat beberapa file yang akan dibagikan, kumpulkan seluruhnya dalam satu folder yang sama.
  • Kemudian, klik kanan pada folder tersebut dan klik pada pilihan properties. Perangkat akan menampilkan menu baru, dalam bagian ini klik pada pilihan sharing.
  • Pilih share dan atur akses dengan klik pada kolom kosong dan isi dengan pilihan everyone lalu klik add. 
  • Kemudian atur permission level menjadi read/writedan klik share. Tunggu hingga proses selesai dan perangkat akan memberikan tampilan your folder is shared yang berarti bahwa folder Anda telah berhasil memberikan akses folder. 

3. Melihat IP Perangkat 

Untuk menghubungkan kedua perangkat, pastikan perangkat utama dan perangkat lain terhubung dengan jaringan internet yang sama. Setelah itu, temukan IP Address dengan membuka CMD dan ketik ipconfig/all.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data

4. Mengatur Perangkat Lain

Setelah seluruh proses di atas selesai, Anda hanya perlu mengatur perangkat lain untuk menerima data yang dibagikan dengan cara:

  • Pertama, buka menu Windows explorer dan klik pada pilihan this PC
  • Kedua, ketik IP perangkat utama yang telah tercatat sebelumnya pada bagian tab this PC  dengan menggunakan tanda \\ sebelum IP Address
  • Ketiga, perangkat akan menampilkan folder yang dibagikan. Anda dapat memindahkan folder tersebut ke perangkat kedua Anda. 

Dengan demikian, proses sharing data antara komputer dan laptop telah selesai dilakukan. Folder beserta file di dalamnya telah tersimpan pada dua perangkat Anda dengan mudah, tanpa menggunakan perangkat penyimpanan eksternal.

Cara Mengatasi File Sharing Tidak Bisa Diakses di Windows 10

Beberapa diantara Anda mungkin pernah mengalami masalah pada network sharing, yakni tidak bisa mengakses file sharing. Masalah tersebut memang cukup mengganggu, namun terdapat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya secara mudah. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah tidak bisa mengakses file sharing Windows 10.

1. Menonaktifkan Aplikasi Antivirus

Meski cara ini sedikit mengambil risiko, namun dengan cara menonaktifkan aplikasi antivirus yang digunakan di PC Anda, hal itu akan membantu membuka akses file sharing. Dan ketika file sudah diakses dan di-download, Anda bisa langsung mengaktifkan aplikasi antivirus kembali.

2. Mengatur Akses “Full Control” untuk Semua Pengguna

Untuk bisa melakukan cara ini, Anda bisa mengikuti langk-langkah berikut:

  • Pilih file atau folder yang ingin Anda share lewat jaringan lokal. Lalu arahkan kursor ke folder dan klik kanan, kemudian pilih Properties.
  • Buka tab Sharing, lalu klik opsi “Advanced Sharing”.
  • Setelah itu centang kotak “Share this Folder”.
  • Berikutnya, centang kotak “Full Control” pada Permission to Everyone.
  • Lalu klik Add dan kemudian pilih Advanced Option dan klik Find now.
  • Kemudian pilih opsi Authenticated users, klik OK lalu klik Full Control. Klik OK kembali dan keluar.

3. Menonaktifkan Password Protected Sharing

Walaupun cara ini terkesan mudah, Anda perlu memperhatikan bahwa hal ini mungkin akan memicu risiko karena Anda bisa mematikan proteksi kata sandinya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Buka Control Panel, kemudian klik Network and Sharing Center.
  • Lalu klik Change sharing options.
  • Kemudian, pada jendela Password protected sharing section, klik tombol Turn off Password protected sharing, lalu save.

Baca Juga: Memahami Ciri serta Cara Selamatkan Data dari Hardisk Rusak dengan Mudah

Jadi apakah Anda tertarik untuk mencoba cara sharing data di atas? Apabila Anda membutuhkansewa laptop yang cepat dan tepercaya, IndoRental dapat menjadi pilihan tempat penyewaan yang tepat. Indorental menyediakan laptop dengan berbagai spesifikasi dan dapat disewa dalam jumlah besar. Tidak perlu khawatir perihal pelayanan, IndoRental akan menyediakan perangkat dengan cepat dan harga yang terjangkau. 

Hubungi kamisekarang juga untuk informasi penyewaan perangkat IT dan multimedia selengkapnya. Semoga informasi cara sharing data ini dapat membantu Anda.