Cara Setting Tampilan Layar Proyektor yang Mudah

Cara Setting Tampilan Layar Proyektor
Tips dan Trik

Cara setting tampilan layar proyektor sangatlah mudah dan bukan hal yang mustahil untuk Anda. Di layar proyektor kamu akan bisa menonton film atau melakukan presentasi. Hubungkan komputer Anda ke proyektor digital dan bagikan presentasi bisnis dengan memproyeksikan desktop ke layar proyektor. Sebagian besar proyektor menyediakan cara untuk bisa menyesuaikan dan memperbesar gambar yang ditampilkan melalui perangkat, tetapi pengaturan komputer Anda juga dapat mempengaruhi tampilan gambar yang diproyeksikan. Hal ini akan bisa disesuaikan melalui pengaturan dari komputer untuk dapat memastikan kualitas gambar terbaik untuk presentasi Anda. Caranya adalah yang seperti di bawah ini.

Cara Setting Tampilan Layar Proyektor

Berikut ini adalah cara untuk bisa setting tampilan pada layar proyektor Anda dengan mudah.

1. Koneksi

Sebelum Anda dapat memproyeksikan apa yang ingin ditampilkan, Anda harus menghubungkan komputer ke proyektor. Biasanya salah satu ujung kabel video akan dihubungkan ke port output video komputer dan menyambungkan ujung kabel lainnya ke port input video pada proyektor. Jenis koneksi yang biasa digunakan adalah VGA, DVI, S-Video dan HDMI yang bisa memberikan koneksi definisi tinggi terbaik. Jika komputer Anda hanya memiliki satu port output video, Anda harus melepaskan koneksi ke monitor sebelum menyambungkan proyektor.

2. Output Video

Jika komputer Anda mendukung lebih dari satu sumber video, maka harus dipilih apakah akan menampilkan desktop pada monitor komputer dan layar proyeksi. Ada beberapa opsi untuk output video Anda. Opsi nya adalah

  • Computer Only
  • Duplicate
  • Extend
  • Projector Only

Opsi “Duplicate” akan menampilkan gambar yang identik pada monitor Anda dan layar proyeksi; opsi “Extend” akan membentangkan desktop Anda di antara dua layar.

Baca juga: cara membersihkan lensa proyektor

Ada 2 opsi yang bisa Anda gunakan untuk bisa memilih output dari video, opsi tersebut adalah:

Opsi 1: Melalui menu “Screen Resolution”

Klik kanan area kosong di desktop Anda, lalu klik Pengaturan Tampilan. Klik Multiple displays dan akan ada beberapa opsi tampilan, lalu pilih Extend these displays atau Duplicate these displays. Selanjutnya klik Apply, dan simpan perubahan. Jika Anda tidak dapat melihat monitor tambahan terdaftar, klik Detect. Jika ini tidak berhasil, coba restart komputer Anda dan lakukan langkah 1 hingga 2 lagi. Jika layar tambahan berhasil tampil, maka selanjutnya Anda dapat mengikuti cara berikut untuk Mengubah Posisi Monitor Ganda:

  • Klik kanan area kosong apa pun di desktop Anda, lalu klik Screen Resolution.
  • Untuk menyesuaikan orientasi monitor Anda, cukup drag monitor yang sesuai dan letakkan di mana pun yang diinginkan. Anda bisa memindahkannya ke posisi kanan, kiri, atas atau bawah.
  • Setelah Anda meletakkan monitor pada posisi yang Anda inginkan, klik tombol Apply untuk menerapkan perubahan. Jika Anda puas dengan pengaturannya, klik tombol OK.

Baca juga: cara membuat background panggung dengan proyektor

Opsi 2: Dengan pintasan keyboard “Win + P”

Tekan tombol logo Windows + P pada keyboard Anda. Pilih salah satu opsi yang tersedia seperti Computer Only, Duplicate, Extend, Projector Only.

Meskipun Anda dapat menggunakan komputer untuk mengatur bagaimana gambar yang diproyeksikan muncul, tapi ada hal lain yang harus dipertimbangkan, seperti jarak proyektor dengan layar, ini akan mempengaruhi ukuran dan kejernihan gambar yang diproyeksikan. Jika Anda memposisikan proyektor terlalu dekat atau terlalu jauh dari layar, gambar yang diproyeksikan mungkin tampak terdistorsi dan jelek.

Seperti itulah cara mengatur tampilan layar di proyektor Anda. Semoga informasi cara setting tampilan layar proyektor ini berguna, jika Anda memiliki kebutuhan kantor proyektor, Anda bisa sewa proyektor bandung di Indorental, kunjungi website kami sekarang juga!

Baca juga: cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar