Cara Print Label Undangan 103 dengan Mudah

Cara Print Label Undangan 103 dengan Mudah

cara print label undangan 103
Uncategorized

Sebagian dari Anda saat ini mungkin sedang mencari cara print label undangan 103 untuk beberapa kebutuhan seperti undangan pernikahan atau undangan acara lainnya. Mungkin hampir setiap orang memiliki alasan yang sama mengapa mereka memilih untuk melakukan print label undangan secara mandiri dibandingkan menggunakan jasa yang dapat memudahkan dalam mencetak label undangan.

Kadangkala, penyedia jasa layanan cetak label undangan hanya ingin menerima pesanan dalam jumlah yang banyak. Kalaupun ada yang menerima layanan cetak label undangan tanpa batas kuota, harga yang ditawarkan akan sedikit lebih mahal.

Karena beberapa pertimbangan tersebut, maka banyak orang yang memilih untuk mencetak label undangan mereka sendiri dan mungkin termasuk Anda salah satunya. Lalu, bagaimanakah cara untuk print label undangan 103?

Melalui artikel ini, IndoRental akan memberikan panduan khusus untuk Anda mengenai cara print label undangan dengan mudah. Simak pembahasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Print Label Undangan 103?

Untuk dapat mencetak label undangan 103, Anda hanya perlu mengikuti 5 tahapan sebagai berikut:

1. Menyiapkan Kebutuhan untuk Proses Pencetakan

Sebelum Anda memasuki proses pencetakan label undangan, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dulu sebelumnya. Berikut ini merupakan beberapa kebutuhan yang harus Anda siapkan, yaitu:

  • Laptop atau komputer
  • Printer
  • Software Microsoft Excel dan Microsoft Word versi apapun
  • Label ukuran 3,2 cm x 6,5 cm dengan kode 103

2. Masukkan Nama dan Alamat Penerima Undangan

Anda tentu saja sudah membuat list nama dan juga alamat dari tamu yang akan diundang, bukan? Maka dari itu, di tahapan kedua ini, Anda harus memindahkan data-data tersebut ke dalam laptop atau komputer untuk kemudian dapat dicetak.

Bagaimana cara untuk memindahkan data-datanya? Anda dapat langsung membuka Microsoft Excel yang telah terpasang di dalam laptop, kemudian mulai buat dua kolom yang masing-masing diberi judul ‘Nama’ dan ‘Alamat’.

Selanjutnya, Anda tinggal masukkan saja nama tamu undangan pada bagian kolom ‘Nama’ dari atas hingga ke bawah dan lakukan hal yang sama terhadap data yang berisikan alamat pada kolom bagian ‘Alamat’.

Setelah semua data selesai dimasukkan, Anda perlu untuk menyimpan data tersebut. Caranya, masuk ke menu ‘File’ > ‘Save As’, kemudian pilih lokasi penyimpanan data seperti di ‘Desktop’, kemudian pilih ‘Save’.

Baca juga: 4 Cara Print Amplop dengan Mudah dan Cepat

3. Membuat Format Label Nama

Tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat format label nama. Untuk membuat format label nama, Anda perlu masuk ke dalam software Microsoft Word versi apapun.

Di dalam Microsoft Word, silakan pilih menu ‘Mailings’ > ‘Start Mail Merge’ > ‘Labels’, kemudian klik ‘New Label’. Anda akan diarahkan kepada pengaturan label kustom yang dapat digunakan untuk membuat label sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan juga bagaimana letak nama dan alamat akan ditempatkan.

Masukkan nama label pada bagian ‘Label Name’ seperti misalnya “Label Tamu Undangan”. Setelah itu, isikan angka-angka berikut ini sesuai dengan bagiannya masing-masing, yaitu:

  • Top Margin: 0,9 cm
  • Side Margin: 0,2 cm
  • Vertical Pitch: 3,8 cm
  • Horizontal Pitch: 6,8 cm
  • Label Height: 3,2 cm
  • Label Width: 6,4 cm
  • Number Across: 3
  • Number Down: 4
  • Page Size: Custom
  • Page Width: 20,4 cm
  • Page Height: 16,5 cm

Apakah semua kolom telah terisi sesuai dengan data-data di atas? Jika semua kolom telah terisi, maka Anda dapat menyimpan data format label tersebut dengan mengklik ‘OK’.

4. Menggabungkan Data Tamu Undangan dengan Format Label

Setelah seluruh data tamu undangan siap dan label undangan telah disesuaikan dengan kebutuhan, maka tahapan selanjutnya adalah menggabungkan keduanya agar dapat dicetak. Bagaimana cara menggabungkan data dan format label dari dua software yang berbeda yaitu Microsoft Excel dan Microsoft Word?

Pertama-tama, Anda hanya perlu berfokus pada pengaturan yang ada di Microsoft Word karena nantinya, proses pencetakan akan dilakukan melalui software tersebut. Lalu, silakan tekan tombol ‘Ctrl + A’ pada keyboard Anda secara bersamaan, kemudian pilih menu ‘Home’ > ‘All Borders’.

Selanjutnya, ini saatnya untuk Anda memindahkan data tamu undangan dari Microsoft Excel ke dalam Microsoft Word. Silakan pilih menu ‘Mailings’ > ‘Select Recipients’ > ‘Use an Existing List’, lalu pilih file Microsoft Excel yang berisikan data tamu undangan Anda, kemudian klik ‘OK’.

Sekarang, pindahkan kursor mouse Anda dengan mengklik bagian kolom awal/pertama label, kemudian pilih menu ‘Ribbon Mailings’ > ‘Insert Merge Field’ > klik ‘Nama’ (Judul kolom yang berisikan nama tamu undangan Anda) kemudian tekan enter. Ulangi cara yang sama, namun di langkah terakhir, klik ‘Alamat’.

Setelah selesai, sekarang Anda pindah ke kolom kedua atau kolom yang berada di samping kolom pertama, kemudian masukkan ‘Nama’ setelah tulisan ‘Next <>’, kemudian copy paste ke seluruh kolom selanjutnya hingga selesai. Selanjutnya, masuk ke menu ‘Mailings’ > ‘Finish & Merge’ > ‘All’ > ‘OK’ dan seluruh label akan berisikan data nama serta alamat tamu undangan.

5. Proses Mencetak Label

Untuk tahapan terakhir, Anda hanya tinggal masuk ke dalam menu ‘Print’ dan tinggal dicetak saja. Mudah sekali, bukan?

Sekian informasi yang dapat kami berikan. Jika Anda membutuhkan printer untuk mencetak label undangan, silakan hubungi rental printer terdekat dari Indo Rental dan praktikan 5 cara print label undangan 103 di atas.

Baca juga: 2 Cara Print Bolak Balik dengan Otomatis dan Manual