Cara Print dari HP ke Printer dengan Cepat dan Mudah

Cara Print dari HP ke Printer dengan Cepat dan Mudah

cara print dari hp
Uncategorized

Cara print dari HP ke printer akan jadi solusi yang menguntungkan kalau komputer atau laptop sedang bermasalah. Inilah salah satu keuntungan di era digital. HP atau ponsel yang Anda gunakan tidak hanya bisa untuk berkomunikasi atau berselancar di media sosial saja. Gadget Anda yang satu ini juga bisa membantu Anda mencetak dokumen penting, foto, gambar, atau media lain dengan lebih efisien. Untuk tahu cara print dari HP ke printer, Anda bisa baca ulasan di bawah ini dan coba terapkan sendiri saat dibutuhkan.

Cara Print dari HP ke Printer dengan Mudah

Ada tiga cara untuk print dari HP ke printer dengan mudah. Bagaimana cara selengkapnya?

1. Cetak dengan Fitur Bawaan HP

Faktanya ada beberapa jenis HP yang sudah menyediakan fitur atau opsi print di dalamnya. Baik itu opsi untuk file berupa dokumen maupun file gambar. Anda bisa periksa dulu di HP Anda, apakah sudah ada fitur ini atau belum. Cara memeriksanya pun cukup mudah, Anda bisa buka Galeri ponsel dan pilih salah satu foto acak, lalu tekan opsi menu yang biasanya dilambangkan dengan tiga titik. Jika ada menu Print, berarti sudah bisa Anda print langsung dari HP.

Nah, cara print dari Hp dengan fitur bawaan ini sangat mudah. Anda tinggal pilih saja file yang hendak dicetak. Lalu, tekan menu tiga titik tersebut untuk mendapatkan opsi Print tadi. Lalu, tekan opsi tersebut. Biasanya akan muncul pilihan printer yang terhubung dengan HP. Bisa dengan kabel data atau bluetooth. Setelah itu, pilih printer dan cetak dokumen atau gambar yang hendak di-print.

Baca juga: 4 Cara Print Amplop dengan Mudah dan Cepat

2. Menggunakan Bantuan Google Cloud Print

Bila HP Anda belum memiliki fitur print bawaan, tidak perlu khawatir. Ada cara print dari HP lainnya yang bisa dicoba. Gunakan saja Google Cloud Print. Seperti namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda mencetak file yang disimpan di dalam HP. Jika belum ada aplikasi ini di HP, sebaiknya Anda unduh dulu, lalu install di HP.

Catatan untuk Anda, pastikan juga kalau printer yang digunakan sudah mendukung akses Google Cloud Print. Caranya Anda bisa mencari atau meng-Google sendiri daftar printer yang bisa diakses dengan Google Cloud Printer. Ini memungkinkan aplikasi Google Cloud Print terhubung dengan printer dan bisa mencetak dokumen Anda.

Berikutnya, cara print dari HP dengan Google Cloud Print juga cukup mudah. Anda tinggal masuk ke aplikasi Chrome, lalu pilih menu Manage untuk Add Printer. Setelah printer berhasil ditambahkan, Anda tinggal mencetak dengan mudah melalui HP. Pilih file yang akan dicetak, lalu pilih opsi print dan pilih printer yang akan digunakan.

Saat menggunakan Google Cloud Print, file manapun di dalam HP bisa dicetak. Termasuk dokumen atau gambar yang tersimpan di memori penyimpanan HP. Selain itu, Anda juga bisa mencetak file yang terdapat di aplikasi penyimpanan online. Seperti Google Drive atau OneDrive misalnya. Dengan begini, pekerjaan Anda juga makin dimudahkan.

Baca juga: 4 Cara Print Kartu Keluarga Online Secara Mandiri

3. Mencetak Laman Situs

Selain mencetak file dokumen atau gambar, biasanya ada juga yang hendak mencetak laman situs. Kalau Anda masih mencetak laman situs dengan cara mencetak tangkapan layar atau screenshot laptop, bisa jadi hasilnya kurang memuaskan. Jika memang demikian, Anda bisa mencetak laman situs dengan cara lain.

Caranya dengan membuka laman situs yang dimaksud. Setelah sudah terbuka situsnya, sekarang pilih menu dan cari pilihan Print. Berikutnya, Anda akan diarahkan untuk memilih printer yang tersedia dan sudah terhubung dengan Google Cloud Print tadi. Laman situs bisa dicetak dengan mudah. Cara ini bisa Anda lakukan dengan hanya menggunakan HP Anda saja. Mudah, bukan?

Soal mencetak dokumen, jika sudah bisa dilakukan dengan HP, bagaimana jika Anda ternyata tidak memiliki printer? Anda bisa mengecek beberapa jasa dan harga rental printer yang tersedia di area Anda. Jika sesuai dengan budget, Anda tinggal memeriksa ketentuan yang diajukan pihak rental untuk dapat meminjam printer tersebut.

Sekarang, printer sudah ada, HP pun sudah siap. Tinggal siapkan dokumen atau file yang hendak dicetak saja. Bisa dengan cara transfer file manual atau bisa Anda akses file-nya dari media penyimpanan online. Berikutnya, tinggal terapkan cara print dari HP yang sudah Anda pelajari di atas.

Baca juga: 2 Cara Print Bolak Balik dengan Otomatis dan Manual