Cara Print Amplop dengan Menggunakan Printer

Cara Print Amplop dengan Menggunakan Printer

cara print amplop
Tips dan Trik

Tahukah Anda, bahwa cara print amplop dengan menggunakan printer sangatlah mudah. Ya, Anda tidak harus datang ke tempat percetakan untuk melakukan print pada amplop jika jumlah amplop yang akan dicetak hanya sedikit. Anda dapat melakukannya sendiri. Namun, tentu saja Anda pasti bingung mengenai bagaimana cara untuk mencetak amplop melalui mesin printer? Biasanya printer digunakan untuk mencetak kertas hvs biasa, tapi bagaimana cara kerjanya untuk dapat mencetak amplop?

Untuk dapat mencetak amplop dengan menggunakan printer, IndoRental telah menyiapkan 4 cara yang dapat Anda coba sendiri di rumah atau di kantor. Selain itu, kami juga menyediakan informasi seputar jenis kertas amplop yang dapat dicetak dengan menggunakan printer untuk memastikan hasil cetakan dapat terlihat bersih dan bagus. Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Print Amplop dengan Mudah

Berikut ini merupakan informasi mengenai cara print amplop dengan mudah menggunakan printer yang dapat Anda lakukan hanya dalam 4 langkah saja, yaitu:

1. Persiapkan Nama dan Alamat Pengembalian Surat

Hal pertama yang perlu Anda siapkan sebelum mencetak amplop adalah dengan menyiapkan nama dan alamat pengembalian surat. Dalam amplop, selain nama dan alamat penerima, perlu dicantumkan juga alamat pengembalian apabila surat yang dikirim tidak sampai kepada penerima. Setelah Anda menentukan nama dan alamat pengembalian surat, maka selanjutnya silakan membuka Microsoft Word lalu pilih tab Files dan cari Option.

Setelah menuju Option, pilih menu Advanced kemudian cari menu General di bagian bawah, Anda akan menemukan kolom “Mailing Address” di sana. Kemudian, masukkan nama serta alamat pengembalian surat.

2. Sesuaikan Pengaturan Printer untuk Pencetakan Amplop

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pengaturan printer. Anda perlu menuju ke tab Mail kemudian pada bagian Create Group, pilih menu “Envelopes”. Sesudah itu, klik Options dan pilih menu tab pada “Envelope Options”. Di sana, Anda dapat melihat pilihan ukuran amplop yang bisa dipilih sesuai dengan ukuran amplop yang ingin dicetak. Jika ukuran amplop yang diinginkan tidak ada, maka Anda dapat membuat ukuran custom dengan memasukkan tinggi dan lebar amplop.

Setelah menentukan ukuran amplop, maka selanjutnya Anda perlu menuju ke bagian “Printing Options” untuk memilih bagaimana posisi amplop akan dicetak. Apakah nama dan alamat penerima akan dicetak pada bagian tengah bawah, atas samping, dan sebagainya serta bagaimana posisi amplop akan dimasukkan apakah secara horizontal atau vertikal. Lalu setelah itu, masukkan nama dan alamat pengiriman pada bagian kolom “Shipping Address” dan pengaturan printer sudah selesai.

3. Lakukan Uji Coba Pada Sebuah Amplop Kosong

Ketika seluruh pengaturan printer telah selesai, maka sekarang saatnya untuk melakukan uji coba terlebih dahulu atau printer test page. Uji coba ini perlu Anda lakukan apabila amplop yang akan dicetak lebih dari 1. Dengan demikian, Anda dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan pencetakan dalam jumlah yang besar.

4. Print Amplop Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah tahap uji coba dilakukan dan Anda sudah menemukan posisi yang tepat, maka langkah terakhir yaitu melakukan pencetakan amplop. Pastikan nama dan alamat pengirim sudah tepat.

Baca juga: 5 Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong dengan Mudah

Jenis-jenis Kertas Amplop yang Dapat Dicetak dengan Printer

Apakah semua jenis amplop dapat dicetak dengan menggunakan printer? Jawabannya tentu saja bisa. Namun, Anda perlu mengetahui jenis-jenis kertas amplop apa saja yang dapat menghasilkan cetakan yang berkualitas dengan menggunakan printer. Tentu saja Anda tidak mau apabila hasil cetakan amplop tersebut menjadi jelek, bukan? Apalagi jika kebutuhan amplop tersebut untuk kebutuhan bisnis. Lalu, apa saja jenis-jenis kertas amplop yang dapat dicetak dengan menggunakan printer?

  • HVS Paper: Siapa yang tidak kenal dengan kertas HVS? Kertas ini merupakan jenis kertas yang paling sering digunakan dalam pencetakan dokumen. Kertas HVS juga ternyata dapat digunakan sebagai amplop. Akan tetapi, kertas HVS memiliki daya tahan yang rendah apabila dijadikan sebagai amplop.
  • Art Paper: Kertas amplop jenis ini memiliki tekstur permukaan yang licin dan mengkilap. Kertas amplop jenis art paper juga dapat dicetak dengan menggunakan printer serta memiliki daya tahan yang kuat untuk melindungi kertas dokumen yang ingin Anda kirim.
  • Matte Paper: Berbanding terbalik dengan art paper, matter paper memiliki tekstur permukaan yang halus. Amplop ini bisa digunakan apabila Anda ingin menambahkan kesan elegan dan mewah ketika mengirimkan sebuah dokumen.

Dengan mengetahui jenis-jenis kertas amplop di atas, Anda tidak hanya dapat memilih kertas amplop mana saja yang bisa dicetak dengan menggunakan printer namun juga dapat menentukan kertas amplop mana yang ingin digunakan dalam pengiriman dokumen. Namun, jika Anda membutuhkan printer untuk mencetak amplop, khususnya untuk yang tinggal di daerah Bandung, maka dapat memanfaatkan jasa sewa printer Bandung berikut ini. IndoRental menyajikan berbagai jenis produk printer yang dapat digunakan untuk melakukan pencetakan amplop.

Oleh karena itu, hubungi kami sekarang juga untuk menyewa printer yang Anda butuhkan dan jangan lupa untuk menerapkan 4 cara print amplop di atas agar hasil cetakan amplop yang dihasilkan terlihat rapi.

Baca juga: 8 Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10