4 Cara Menghapus Password Laptop yang Perlu Anda Ketahui

4 Cara Menghapus Password Laptop yang Perlu Anda Ketahui

cara menghapus password laptop
Tips dan Trik

Cara menghapus password laptop mempunyai langkah yang hampir sama dengan cara membuat password. Password merupakan bentuk sistem keamanan yang dibuat untuk menjaga data-data yang tersimpan di dalam laptop. Namun bagi sebagian orang, mungkin ada yang merasa kesulitan atau kurang praktis untuk memasukkan password setiap kali mereka menyalakan laptopnya.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara menghapus password laptop agar Anda dapat langsung terkoneksi tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Menghapus Password Laptop pada Sistem Operasi Windows dan Mac?

Cara menghapus password di laptop tidak semuanya sama, tergantung dengan penggunaan sistem operasinya. Sistem operasi atau operation system yang paling umum digunakan oleh orang adalah Windows dan Mac. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan cara menghapus password laptop berdasarkan operasi sistem yang digunakan berikut ini:

1. Windows 7

Meskipun Windows saat ini sudah mengeluarkan produk edisi Windows 10, namun masih banyak orang yang menggunakan Windows 7 dan mungkin beberapa di antaranya adalah Anda. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapus password pada Windows 7, yaitu:

  • Masuk ke ‘control panel’
  • Pilih bagian menu ‘user account’
  • Selanjutnya klik ‘remove the password’
  • Pastikan Anda mengingat password yang digunakan karena password tersebut perlu dimasukkan kembali sebelum dapat dihapus
  • Setelah Anda memasukkan password yang digunakan, pilih ‘remove password’
  • Restart laptop Anda dan password sudah berhasil dihapus

Baca juga: 4 Cara Membuat Password Di Laptop

2. Windows 8

Langkah-langkah yang diperlukan untuk menghapus password pada Windows 8 tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya pada Windows 7. Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  • Masuk ke bagian ‘setting’ lalu pilih opsi paling bawah yaitu ‘change PC settings’
  • Selanjutnya, pilih menu ‘accounts’ kemudian lanjut pilih ‘sign-in options’
  • Pilih ‘change’ pada bagian password
  • Selanjutnya, masukkan password yang Anda gunakan saat ini lalu pilih ‘next’
  • Anda akan melihat 3 kolom kosong yang harus diisi untuk membuat password baru namun Anda bisa mengosongkannya untuk menghapus password pada laptop dan kemudian pilih ‘next’
  • Silakan restart laptop dan Anda dapat masuk ke desktop tanpa harus menggunakan password

3. Windows 10

Windows 10 mempunyai tampilan pengaturan yang hampir mirip dengan Windows 8. Oleh karena itu, langkah untuk menghapus password pada Windows 10 pun tidak jauh berbeda. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menghapus password pada Windows 10:

  • Buka start dan pilih ‘settings’ pada bagian pojok kiri bawah, dekat dengan icon untuk mematikan laptop
  • Selanjutnya, pilih menu ‘accounts’ lalu pilih opsi ‘sign-in options’
  • Pilih ‘change’ pada opsi password
  • Masukkan password yang Anda gunakan saat ini kemudian klik ‘next’
  • Kosongkan ketiga kolom yang tersedia lalu klik ‘next’ kembali
  • Lakukan restart untuk memastikan bahwa Anda telah berhasil menghapus password sebelumnya

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi Di Laptop

Selain cara tersebut, masih ada banyak cara menghilangkan password Windows 10 yang dapat Anda coba. Berikut adalah cara-caranya.

1. Menghilangkan Password Login Umum

Untuk menggunakan cara ini, Anda cukup menekan tombol Windows dan mencari NETPLWIZ (Run Command).

Setelah Anda mengkliknya, Anda akan dihadapkan pada jendela ‘User Accounts’. Jika Anda menghilangkan password di Windows, maka Anda tinggal hilangkan centang pada kolom ‘User must enter a user name and password to use this computer’. Setelah itu klik ‘Apply’.

Selanjutnya, masukkan user name dan kata sandi yang Anda gunakan sebelumnya. Setelah itu, tekan ‘OK’.

2. Menghapus Akun Microsoft

Jika Anda menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Windows, maka Anda bisa menggunakan langkah ini untuk menghilangkan password Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Klik tombol ‘Start’ dan masuk pada menu ‘Settings’. Pada jendela yang baru muncul, klik ‘Accounts’. Anda akan dihadapkan pada jendela baru. Pada jendela tersebut, pilih ‘Your info’. Pada bagian kanan bawah, temukan pilihan ‘Sign in with a local account instead’.

Anda akan menemukan halaman baru di mana Anda akan membuat user name serta kata sandi untuk akun lokal. Masukkan user name dan sandi akun Micosoft Anda untuk lanjut membuat akun lokal. Setelah Anda berhasil membuat akun lokal, klik ‘Sign out and finish’.

Anda kini telah menggunakan akun lokal.

3. Menghilangkan Password Local Account

Jika Anda telah menggunakan akun lokal, maka cara menghilangkan password Windows 10 akan jauh lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Klik tombol start atau windows dan masuk ke dalam menu pengaturan. Pada jendela baru, pilih ‘Accounts’. Lalu, pilih ‘Sign in options’. Pada bagian password, pilih ‘Change’.

Anda akan menemukan jendela baru. Pada jendela ini, masukkan password Windows 10 lama Anda. Setelah itu, saat diminta memasukkan password baru, Anda bisa mengosongkan kolom password tersebut. Setelah itu, klik ‘Finish’.

4. Macbook

Setiap produk keluaran Apple, pasti akan menggunakan sistem operasi mereka sendiri yaitu Mac OS. Untuk Anda para pengguna produk Apple, maka silakan mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk dapat menghapus password yang digunakan saat ini:

  • Masuk ke dalam menu ‘system preferences’
  • Pilih menu ‘security & privacy’
  • Unlock ikon gembok pada bagian pojok kiri bawah terlebih dahulu
  • Pilih change password kemudian masukkan password yang digunakan saat ini pada bagian old password dan kosongkan sisanya
  • Klik ‘change password’ dan jangan lupa untuk lock kembali ikon gembok pada bagian pojok kiri bawah
  • Password pada Macbook Anda telah berhasil dihapus

Baca Juga: Inilah Cara Reset iPad Lupa Password yang Bisa Anda Terapkan

Jadi, itulah beberapa cara menghapus password laptop sesuai dengan sistem operasi yang digunakan dan untuk Anda yang tinggal berada di daerah Bandung sedang membutuhkan laptop, silakan hubungi Indorental untuk menggunakan jasa rental laptop Bandung dengan harga terjangkau khusus untuk Anda.

Baca juga: apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan