3 Cara Menghapus Jaringan Wi-Fi di Laptop dengan Mudah dan Cepat

3 Cara Menghapus Jaringan Wi-Fi di Laptop dengan Mudah dan Cepat

cara menghapus jaringan wifi di laptop
Teknologi

Ternyata, cara menghapus jaringan Wifi di laptop tidak sulit loh. Penasaran bagaimana caranya? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai supaya berhasil menghapus beberapa jaringan Wi-Fi yang tidak lagi ingin digunakan. Sebenarnya tidak menghapus jaringan Wi-Fi yang pernah tersambung dengan laptop pun tidak ada masalah. Namun bila Anda ingin menghapus beberapa jaringan Wi-Fi di laptop, ikuti cara-cara berikut ini. 

Bagaimana Cara Menghapus Jaringan Wi-Fi di Laptop?

Adapun beberapa cara menghapus jaringan Wi-Fi di Laptop Windows 10 adalah sebagai berikut. 

1. Melalui Settings

Anda bisa langsung membuka “Settings” dengan menekan tombol logo Windows yang ada di keyboard atau dengan klik logo windows di desktop. Saat pengaturan sudah terbuka, Anda bisa langsung memilih bagian “Network & Internet”. Selanjutnya tampilan layar Anda akan dibawa pada pengaturan mengenai internet. 

Pilih bagian “Wi-Fi” dan pilih “Manage Wi-Fi settings” atau “Manage known network”. Kemudian akan muncul tab dengan semua daftar nama jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan laptop. Untuk menghapusnya, cari nama jaringan Wi-Fi dan klik kanan pada nama Wi-Fi tersebut. Klik “Forget”, maka jaringan Wi-Fi tersebut akan terhapus dari laptop Anda. 

Baca Juga: 9 Cara Mempercepat Wifi di Laptop dengan Mudah

2. Melalui Icon Jaringan

Cara cepat dari cara pertama adalah Anda bisa langsung klik kanan pada simbol jaringan yang ada di bagian kanan bawah di taskbar. Lalu akan muncul dua pilihan, yaitu “Troubleshoot Problems” dan “Open Network & Internet Settings”. Klik pilihan “Open Network & Internet Settings”. Anda akan dibawa pada semua pengaturan mengenai internet. Dari sini Anda bisa mengikuti proses seperti poin pertama. Semua prosesnya sama, jadi Anda bisa dengan mudah mengikutinya. 

3. Melalui Command Prompt

Ingin mengasah pengetahuan atau kemampuan Anda mengenai coding? Anda bisa berlatih coding sekaligus menghapus jaringan Wi-Fi dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Buka CMD dengan klik kanan pada logo Windows dan pilih tulisan “Command Prompt (Admin)”. Jika Anda tidak menemukan tulisan ini, ketik command prompt pada bagian pencarian dan klik “Command Prompt”. 

Pada layar Anda akan muncul tab baru yang berwarna hitam dan terlihat seperti aplikasi coding. Dari sini, ketik “netsh wlan show profiles”, lalu tekan tombol “enter” pada keyboard. Setelah klik enter, layar Anda pasti akan memperlihatkan seluruh nama jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan laptop. 

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi Di Laptop

Untuk menghapusnya, Anda perlu memberikan perintah dengan mengetik “netsh wlan delete profile name= “nama jaringan Wi-Fi yang ingin dihapus dan diketik dengan huruf besar”. Jika sudah selesai, jangan lupa tekan tombol “enter” pada keyboard untuk memulai proses penghapusan jaringan Wi-Fi tersebut. Jika muncul tulisan “Profile Information” pada tab CMD, maka Anda telah berhasil menghapus jaringan Wi-Fi tersebut. 

Apabila yang muncul adalah tulisan “… is not recognized as an internal or external command,…”, maka ada kesalahan dari perintah yang Anda ketik. Saat ini terjadi, cek lagi tulisan yang Anda ketik, apakah semua perintah sudah diketik dengan baik dan benar tanpa kurang satu huruf atau salah dalam pengetikkan. Jika sudah, coba lagi semua proses di atas sampai Anda berhasil. 

4. Melalui Taskbar

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus jaringan Wi-Fi lewat Taskbar di Windows:

  1. Buka menu taskbar dan pilih ikon jaringan.
  2. Akan muncul daftar nama wifi yang tersedia di sekitar laptop Anda. Untuk melupakan sebuah jaringan wifi, klik kanan pada nama tersebut, dan sebuah menu pop-up akan muncul.
  3. Pilih opsi ‘Forget’ dari menu pop-up.

Dengan menggunakan cara ini, Anda hanya dapat melupakan jaringan wifi yang tersedia di sekitar serta yang sedang terhubung ke laptop Windows 10 atau 11 Anda.

Mengapa Harus Menghapus Jaringan WiFi?

Pada saat laptop menyimpan banyak jaringan Wi-Fi yang tidak terpakai, hal ini dapat mengurangi performa perangkat. Setiap kali laptop mencoba untuk terhubung dengan jaringan yang tidak stabil atau jauh, hal ini akan menggunakan sumber daya sistem yang berharga dan memperlambat respons perangkat.

Dengan menghapus jaringan Wi-Fi yang tidak digunakan, laptop dapat lebih fokus dan efisien ketika terhubung ke jaringan yang benar-benar diperlukan. Tindakan ini akan mengurangi beban pada sistem dan memastikan bahwa laptop Anda selalu beroperasi dengan optimal.

Selain itu, jaringan Wi-Fi yang disimpan di laptop, terutama yang tidak dilindungi dengan kata sandi, dapat memberikan akses kepada orang atau perangkat lain yang tidak diinginkan untuk masuk ke dalam jaringan Anda.

Dengan menghapus jaringan Wi-Fi yang tidak digunakan, Anda dapat meningkatkan privasi jaringan di kantor atau rumah Anda. Hal tersebut merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan dan melindungi data pribadi Anda dari potensi serangan atau tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Jaringan Wifi yang Hilang

Setelah mengetahui cara menghapus jaringan wifi di laptop, mungkin Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi ketika jaringan wifi tiba-tiba hilang atau tidak terdeteksi di laptop Anda. Umumnya, WiFi yang tidak terdeteksi di laptop disebabkan oleh driver yang bermasalah, sistem Windows yang bermasalah, router yang rusak, ataupun ada kerusakan di perangkat receiver WiFi pada laptop. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Update atau Install Ulang Driver WiFi

Bagi beberapa jenis laptop, driver WiFi perlu di-install terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Jika tiba-tiba jaringan WiFi hilang, bisa jadi hal itu terjadi karena driver tersebut mengalami kendala.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa menghapus driver tersebut lalu kemudian menginstal ulang dari CD bawaan laptop atau Anda dapat update lewat situs resmi laptop tersebut.

2. Uninstall Driver pada Device Manager Laptop

Untuk laptop yang telah memiliki driver WiFi bawaan, cara mudah untuk bisa mengatasi driver WiFi yang eror adalah dengan uninstall drivernya melalui device manager laptop. Nantinya, ketika laptop Anda di-restart, driver tersebut secara otomatis akan terinstal kembali.

3. Mengganti Channel Router

Pada pengaturan router (yang terletak di halaman admin), Anda bisa melakukan pengaturan yang cukup banyak opsi di dalamnya, salah satunya diantaranya adalah Channel. Pada dasarnya, Channel pada router ini akan secara otomatis tersetting saat laptop pertama kali dipakai. Namun untuk bisa menjadi solusi mengatasi WiFi tidak terdeteksi, cobalah untuk mengganti Channel tersebut ke pilihan lain, sebagai contoh Channel 1 lalu kemudian klik save.

Bagaimana? Apakah Anda berhasil melakukannya? Cara menghapus jaringan Wi-Fi ini mudah, bukan? Dari ketiga cara yang ada, pilih cara mana saja yang nyaman untuk Anda gunakan. Cara ini bisa digunakan untuk tipe Windows apapun, jadi Anda tidak perlu khawatir. 

Baca Juga: 3 Cara Cek Frekuensi Jaringan Di HP Android Dan Iphone

Sedang mencari tempat rental laptop Bandung dan Jakarta? Tentu saja Anda bisa mengandalkan IndoRental! Tersedia berbagai tipe laptop yang bisa Anda sewa. Waktu untuk menyewa juga fleksibel dan bisa dibicarakan dengan tim kami. Anda bisa langsung mengunjungi website IndoRental untuk melihat berbagai perangkat elektronik lain dan untuk mendapat informasi yang lengkap terkait cara melakukan sewa di IndoRental. 

Demikian penjelasan cara menghapus jaringan Wifi di laptop telah selesai, semoga Anda bisa mengikutinya dan selamat mencoba!