6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Tips dan Trik

Ada beberapa cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi yang dapat Anda lakukan. Touchpad merupakan komponen yang digunakan untuk mengarahkan kursor pada laptop. Tentunya, ketika touchpad tidak berfungsi pastinya akan menghambat seluruh aktivitas Anda ketika sedang menggunakan laptop.

Jika Anda menghadapi situasi tersebut, jangan khawatir dan ikuti beberapa cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi yang sudah kami siapkan di bawah ini.

6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Beberapa hal bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya touchpad seperti driver yang belum di-update hingga hal kecil seperti fungsi touchpad yang dinonaktifkan. Berikut ini 6 cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi:

1. Pastikan Touchpad Anda sudah Aktif

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi adalah dengan memastikan apakan touchpad tersebut sudah aktif atau belum. Terkadang tanpa disadari, kita sering terpencet function keys untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Anda dapat mencoba mengaktifkan kembali dengan menahan tombol fn pada keyboard sambil menekan tombol function keys yang terdapat ikon touchpad.

2. Restart Laptop Anda

Beberapa penyebab lainnya yang dapat membuat touchpad Anda menjadi tidak berfungsi adalah karena ada error pada sistem operasi laptop. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba untuk melakukan restart.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

3. Lakukan Update pada Driver Touchpad

Salah satu penyebab touchpad tidak dapat berfungsi bisa dikarenakan driver pada laptop Anda belum di-update. Anda bisa mengecek driver touchpad tersebut melalui Device Manager > Your PC > Mice and Other Pointing Devices. Anda bisa melakukan update driver secara otomatis atau mencari software tersebut melalui website dari merek laptop yang Anda gunakan.

4. Melakukan System Restore

Apakah Anda baru saja menginstal sebuah software atau laptop Anda baru saja mengalami proses update? Pada beberapa kasus, laptop dapat mengalami masalah pada sistem setelah ada software yang diinstal ataupun update operasi sistem. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan system restore untuk membawa sistem laptop kembali sebelum terjadi perubahan sistem. Pastikan Anda telah melakukan back up data sebelumnya.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

5. Cek Charger Laptop

Laptop yang terhubung dengan arus listrik atau sedang di-charge dapat menjadi salah satu penyebab touchpad laptop Anda tidak dapat berfungsi. Kadangkala, arus listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi touchpad pada laptop. Oleh karena itu, Anda dapat mengeceknya dengan mencabut colokan charger laptop.

Apabila touchpad kembali berfungsi setelah charger dicabut, maka Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut dengan mencolok charger laptop pada sumber listrik lain. Jika touchpad masih tidak dapat berfungsi, maka sangat disarankan agar Anda membeli charger laptop yang baru untuk mencegah kerusakan laptop yang lebih parah.

6. Menggunakan Mouse USB atau Wireless

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan apabila kelima cara di atas tidak berhasil adalah dengan menggunakan mouse USB atau wireless. Jika tidak ada satupun cara di atas yang berhasil, maka dapat dipastikan bahwa ada kerusakan komponen pada touchpad Anda sehingga perlu dilakukan servis terlebih dahulu. Untuk itu, sebagai cara alternatif, Anda dapat menggunakan mouse USB dan wireless sebagai pengganti touchpad laptop.

Hubungi Indorental Kapanpun Anda Membutuhkan Laptop

Bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk keperluan pekerjaan atau aktivitas lainnya yang mendesak, silakan menghubungi Indorental kapanpun Anda membutuhkan laptop. Indorental siap memberikan jasa sewa laptop harian apabila cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di atas tidak berhasil dan Anda tidak dapat menunggu hingga servis laptop selesai.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard