7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Tips dan Trik

Bagi para pengguna laptop, touchpad adalah hal yang sangat penting. Anda tidak perlu langi ribet-ribet membawa mouse eksternal dan mencari tempat ekstra untuk menempatkannya. Oleh karena itu, jika touchpad laptop tidak berfungsi, masalah yang besar bisa terjadi. Persiapkan diri Anda menghadapi situasi tersebut dengan mengetahui cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi.

Ada beberapa cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi yang dapat Anda lakukan. Touchpad merupakan komponen yang digunakan untuk mengarahkan kursor pada laptop. Tentunya, ketika touchpad tidak berfungsi pastinya akan menghambat seluruh aktivitas Anda ketika sedang menggunakan laptop.

Jika Anda menghadapi situasi tersebut, jangan khawatir dan ikuti beberapa cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi?

Beberapa hal bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya touchpad seperti driver yang belum di-update hingga hal kecil seperti fungsi touchpad yang dinonaktifkan. Berikut ini 6 cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi:

1. Pastikan Touchpad Anda sudah Aktikan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi adalah dengan memastikan apakan touchpad tersebut sudah aktif atau belum. Terkadang tanpa disadari, kita sering terpencet function keys untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Anda dapat mencoba mengaktifkan kembali dengan menahan tombol fn pada keyboard sambil menekan tombol function keys yang terdapat ikon touchpad.

Kombinasi tombol function keys (FN) yang umumnya digunakan adalah: FN + F5, FN + F6, FN + F7.

Jika cara di atas tidak berfungsi, Anda bisa mengaktifkan touchpad secara manual. Caranya, Anda masuk ke start menu. Pada kolom search, ketik ‘mouse’ yang akan memunculkan jendela baru. Pada tab device options, periksa apakah clickpad atau touchpad sudah aktif atau belum. Jika belum, klik enable atau aktifkan.

Untuk Anda pengguna Windows 10, cara untuk mengakses pengaturan touchpad sedikit berbeda. Klik start atau tombol windows di keyboard, lalu klik logo settings (roda gerigi). Masuk ke menu device kemudian buka menu pengaturan touchpad. Jika belum aktif, maka Anda akan menemukan tombol yang mati. Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan touchpad di laptop Anda.

2. Restart Laptop Anda

Penyebab touchpad yang tidak berfungsi berikutnya adalah karena sebuah error atau kesalahan yang terjadi pada sistem operasi laptop. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba untuk melakukan restart.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

3. Lakukan Update pada Driver Touchpad

Salah satu penyebab touchpad tidak berfungsi berikutnya adalah karena driver touchpad-nya tidak ter-update. Anda memang tidak perlu instal driver touchpad saat membeli laptop karena driver sudah diinstal secara otomatis. Tetapi, jika terjadi masalah, Anda harus menyelesaikannya secara manual melalui update driver touchpad.

Anda bisa mengecek driver touchpad tersebut melalui Device Manager > Your PC > Mice and Other Pointing Devices. Klik kanan pada driver touchpad Anda dan pilih update driver. Jika muncul jendela baru, pilih ‘search automatically driver software’.

Jika cara tersebut masih belum berhasil, Anda bisa meng-uninstall driver touchpad. Caranya, masih sama dengan membuka device manager dan mencari ‘Mice and Other Pointing Devices’. Bedanya, ketimbang memilih update driver, pilih unsintall. Jika sudah, maka restart dan driver touchpad akan otomatis melakukan instal ulang. Hal in biasanya akan langsung otomatis member

4. Melakukan System Restore

Jika beberapa cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di atas tidak dapat Anda lakukan, maka saatnya Anda mencoba langkah yang besar: dengan melakukan system restor.

Laptop Anda mungkin baru saja melakukan update otomatis. Update yang dibawa inilah yang kemungkinan menjadi biang keladinya. Ketimbang Anda menginstall ulang update yang terpasang, Anda bisa langsung melakukan system restore ke hari atau tanggal dimana touchpad laptop Anda masih berfungsi.

Sebelum melakukan cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi ini, ada baiknya Anda melakukan back-up data sebelumnya. Hal ini karena mungkin saja akan ada data-data yang terhapus saat melakukan system restore. System akan memberi tahu Anda akan file-file atau perubahan apa saja yang akan terjadi sebelum melakukannya.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

5. Cek Charger Laptop

Laptop yang terhubung dengan arus listrik atau sedang di-charge dapat menjadi salah satu penyebab touchpad laptop Anda tidak dapat berfungsi. Kadangkala, arus listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi touchpad pada laptop. Oleh karena itu, Anda dapat mengeceknya dengan mencabut colokan charger laptop.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cas Laptop yang Benar dan Tidak Merusak Laptop?

Apabila touchpad kembali berfungsi setelah charger dicabut, maka Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut dengan mencolok charger laptop pada sumber listrik lain. Jika touchpad masih tidak dapat berfungsi, maka sangat disarankan agar Anda membeli charger laptop yang baru untuk mencegah kerusakan laptop yang lebih parah.

6. Memutuskan Sambungan Mouse Eksternal

Cara ini memang tidak umum dan mungkin tidak berlaku pada kebanyakan jenis laptop. Tetapi, ada beberapa jenis dan merek laptop yang secara otomatis mematikan touchpad pada laptop ketika Anda menghubungkannya dengan mouse eksternal. Sebagai solusinya, Anda bisa terlebih dahulu melepas sambungan mouse eksternal pada laptop Anda dan mencoba kembali touchpad laptop Anda.

7. Menggunakan Mouse USB atau Wireless

Jika seluruh cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di atas tidak ada yang berhasil, maka saatnya Anda membuat pilihan untuk menggunakan mouse eksternal. Jika cara di atas tak ada yang berhasil, mungkin saja touchpad laptop Anda memang sudah tidak dapat digunakan kembali dan tidak ada cara untuk memulihkannya dari sisi softwarfe (update driver touchpad).

Anda masih mempunyai pilihan untuk membawanya ke service center dan menyelesaikannya dari segi hardware. Tetapi, mungkin biaya memperbaiki di service center akan lebih mahal ketimbang membeli sebuah mouse eksternal.

Itulah dia beberapa cara mengatasi touchpad laptop yang tiak berfungsi. Anda bisa mencoba mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi dengan mengupdate software atau driver laptop. Merestart ulang laptop juga dapat menjadi solusi. Tetapi, jika cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi dari segi software tiak berhasil, maka ada baiknya Anda memikirkan untuk menggunakan mouse eksternal.

Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi?

Setelah memahami cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi, ada baiknya Anda memahami juga beberapa penyebab mengapa touchpad laptop tidak berfungsi.

Secara garis besar, ada setidaknya 5 penyebab umum mengapa touchpad laptop tidak berfungsi:

  1. Konektivitas Mouse Eksternal Yang Buruk;
  2. Kesalahan Pengaturan atau Anda belum aktifkan touchpad;
  3. Driver touchpad yang tidak up-to-date;
  4. Anda menekan touchpad laptop terlalu keras;
  5. Kerusakan pada hardware atau touchpad laptop Anda.

Untuk meminimalisir kerusakan pada touchpad laptop Anda, ada baiknya Anda menggunakan touchpad laptop secara wajar dan tetap mengikuti update driver terbaru laptop Anda.

Hubungi Indorental Kapanpun Anda Membutuhkan Laptop

Itulah dia cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi yang dapat Anda jadikan panduan. Secara garis besar, penyebab touchpad laptop tidak berfungsi ada 2 sumber; software (driver) dan hardware, atau touchpad laptop itu sendiri. Pastikan Anda mengecek keduanya untuk menemukan sumber masalah dan mengatasinya dengan baik.

Bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk keperluan pekerjaan atau aktivitas lainnya yang mendesak, silakan menghubungi Indorental kapanpun Anda membutuhkan laptop. Indorental siap memberikan jasa sewa laptop harian apabila cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di atas tidak berhasil dan Anda tidak dapat menunggu hingga servis laptop selesai.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard