Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error
Tips dan Trik

Masalah pada keyboard bisa saja terjadi karena beberapa penyebab tertentu dan Anda dapat menemukan cara mengatasi keyboard laptop error melalui informasi yang akan kami sampaikan melalui artikel ini. Keyboard merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan pada laptop. Tak heran bila keyboard rawan mengalami kerusakan karena intensitas pemakaian yang sering. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk mengatasi keyboard laptop error dengan beberapa cara di bawah ini.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Untuk lebih memahami cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa alasan dibaliknya agar bisa mencegah hal yang sama terulang kembali di kemudian hari.

Alasan yang pertama adalah karena debu atau kotoran. Debu atau kotoran dapat tertimbun di bawah keyboard laptop dalam waktu yang cukup lama. Jika tidak dibersihkan secara rutin, ada kemungkinan performa keyboard laptop Anda akan turun perlahan-lahan, seperti sulit atau keras ditekan, hingga menjadi rusak dan tidak bisa digunakan.

Penyebab keyboard laptop menjadi tidak berfungsi adalah air. Kemasukan air atau cairan lain adalah salah satu hal yang terburuk yang bisa terjadi pada keyboard laptop Anda. Jika keyboard laptop Anda mengalami hal serupa, sesegera mungkin langsung matikan laptop atau cabut kabel usb keyboard Anda jika menggunakan keyboard eksternal.

Selain faktor eksternal, keyboard laptop Anda juga dapat mengalami kerusakan dari segi internal. Misalnya, driver keyboard Anda tidak berfungsi atau terpasang dengan baik. Permasalahan dalam sistem operasi juga dapat menyebabkan keyboard laptop Anda mengalami error.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi akibat hal-hal yang telah disebutkan di atas, berikut ini 6 cara mengatasi keyboard laptop error yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Membersihkan Debu dan Kotoran yang Menempel

Debu dan kotoran yang menempel pada keyboard biasanya dapat mengakibatkan tombol keyboard menjadi sulit ditekan. Anda dapat mencoba membersihkan keyboard dengan menggunakan kuas kecil dan membersihkan bagian sela-sela tombol keyboard.

Anda juga bisa mencopot tombol-tombol keyboard untuk kemudian dibersihkan bagian papan sirkuit dengan menggunakan kain halus apabila usia laptop Anda sudah cukup tua. Semakin tua laptop yang Anda miliki, maka semakin banyak juga debu yang menempel pada keyboard.

2. Lakukan Restart pada Laptop

Tidak jarang masalah error pada keyboard disebabkan oleh sistem operasi laptop. Anda bisa melakukan mematikan laptop terlebih dahulu dengan menekan tombol power selama beberapa detik kemudian menyalakannya kembali. Anda juga bisa melepas baterai laptop apabila model tombol power menyatu dengan keyboard laptop.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

3. Cek Driver Keyboard

Pada beberapa laptop, biasanya sering melakukan beberapa update pada bagian driver sehingga mungkin saja Anda terlewat untuk melakukan update driver keyboard laptop Anda. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa membuka bagian device manager dan pilih bagian keyboard. Apabila Anda menemukan tanda segitiga berwarna kuning, berarti driver keyboard tersebut harus di-update dengan melakukan install drive yang baru.

4. Membetulkan Konektor Keyboard

Setelah Anda melakukan update pada driver keyboard namun masih juga belum berhasil, maka kemungkinan besar ada masalah yang terjadi pada konektor keyboard tersebut. Bisa saja konektor keyboard laptop Anda lepas, tertekuk, ataupun rusak. Kalau memang demikian, Anda dapat membawa laptop tersebut ke tempat servis untuk dilakukan pengecekan secara mendalam. Kami tidak menyarankan untuk Anda membongkar pasang laptop sendiri untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

5. Melakukan System Restore

Tidak jarang keyboard bisa mengalami error setelah Anda menginstal sebuah program. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan system restore agar untuk mengembalikan keadaan laptop sebelum program tersebut terinstal. Pastikan Anda telah melakukan back up data terlebih dahulu agar data pada laptop tidak terhapus ketika Anda melakukan system restore.

6. Menggunakan Keyboard Tambahan

Apabila kelima langkah di atas tidak berfungsi dan Anda membutuhkan laptop tersebut untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas, maka Anda bisa menggunakan keyboard USB atau wireless. Anda tidak perlu melakukan pengaturan apapun karena laptop Anda mampu membaca secara otomatis ketika USB keyboard disambungkan ke laptop.

Jika Anda sedang tidak memiliki biaya atau waktu untuk membeli keyboard tambahan, Anda bisa menggunakan on screen keyboard. On screen keyboard merupakan keyboard virtual yang dapat Anda gunakan tanpa menggunakan keyboard fisik. Dengan cara ini, Anda bisa melanjutkan pekerjaan Anda sambil menunggu keyboard laptop yang error bisa pulih kembali atau Anda bisa membeli keyboard yang baru.

Itulah 6 cara mengatasi keyboard laptop error yang dapat Anda lakukan dan bagi Anda yang berdomisili Bandung dan membutuhkan laptop dengan cepat ketika keyboard laptop error, silakan gunakan jasa sewa laptop Bandung dari Indorental kapanpun Anda butuhkan!