Inilah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri Dengan Mudah

Inilah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri Dengan Mudah

cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri
Tips dan Trik

Seperti apakah cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri? Bisa dibilang ini adalah salah satu kejadian yang sangat mengganggu, ketika keyboard tiba-tiba mengetikkan huruf yang tidak pernah Anda tekan. Tentu saja ini akan bisa memperlambat kerja Anda jika sedang menulis dokumen atau membuat presentasi. Bahkan ketika bermain game pun hal ini tentu akan sangat menjengkelkan. Kira-kira apa yang menjadi penyebab dari masalah ini dan bagaimana cara untuk bisa mengatasinya? Temukan jawaban dari hal tersebut melalui berbagai macam informasi yang ada di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Keyboard Laptop yang Mengetik Sendiri?

Keyboard laptop yang tiba-tiba mengetik sendiri bisa disebabkan oleh dua faktor utama pada perangkat keras. Berikut ini adalah penjelasan rinci tentang dua alasan tersebut.

1. Keyboard Terjepit

Situasi ini seringkali terjadi, di mana suatu benda terjatuh dan masuk ke dalam celah-celah keyboard. Benda tersebut dapat menghalangi tombol-tombol yang dilengkapi dengan bantalan silikon di dalam keyboard, sehingga menyebabkan sensor keyboard merespons meskipun tombol tersebut tidak ditekan.

Cara untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan meniup keyboard untuk mengeluarkan kotoran atau dengan membuka perangkat dan membersihkannya secara manual.

2. Kerusakan pada Keyboard

Alasan berikutnya mungkin terjadi karena adanya kerusakan internal yang menyebabkan input dari keyboard menjadi tidak terkontrol. Jika hal ini terjadi, opsi terbaik adalah mengganti keyboard atau membawanya kepada teknisi yang ahli dalam perbaikan perangkat tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Bagaiamana Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri?

Keyboard merupakan perangkat keras yang dibutuhkan untuk bisa memasukkan berbagai macam perintah atau digunakan untuk mengetikan berbagai kata, huruf, angka, dan juga simbol ke dalam laptop.

Seiring berjalannya waktu dan masa penggunaan, atau karena alasan lain seperti kerusakan eksternal, cacat, atau masalah terkait sistem internal, keyboard akan bisa mengalami masalah. Misalnya, berhenti bekerja sehingga tidak bisa digunakan lagi. Salah satu masalah lainnya adalah saat keyboard mulai mengetik secara otomatis tanpa adanya input dari Anda. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa cara di bawah ini patut untuk Anda coba.

1. Mengatur Settingan Keyboard

Banyak yang melaporkan jika keyboard mereka terus mengetikan huruf yang sama setelah selesai mengetik. Mungkin dengan mengatur beberapa hal ini, masalah tersebut bisa diselesaikan.

  • Buka Control Panel 
  • Di bilah pencarian, ketik keyboard
  • Saat jendela Properti Keyboard muncul, buka, geser pengaturan repeat delay ke arah kiri sehingga menjadi “long
  • Lakukan hal yang sama dengan slider repeat rate, yaitu sehingga menjadi lambat
  • Uji keyboard Anda di bilah Click here and hold down a key to test repeat rate
  • Klik Apply, lalu klik OK

2. Mematikan Filter Keys

Meskipun fitur ini cukup berguna dan membantu melacak tingkat pengulangan keyboard dan ketikan yang berulang, namun terkadang dapat menyebabkan penekanan tombol yang tidak beralasan. Untuk menonaktifkan fitur ini caranya adalah:

  • Buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + X dan klik Pengaturan
  • Pergi ke Ease of Access
  • Di sisi kiri di bawah bagian Interaksi, klik opsi Keyboard
  • Sekarang lihat di sisi kanan pada opsi kedua, yaitu Filter Keys. Matikan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

3. Gunakan Editor Registri

Anda juga dapat menggunakan Registry Editor functionality untuk menyelesaikan masalah ketikan otomatis ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Windows + R dan ketik Regedit di kotak dialog Run
  • Ikuti path ini –
    • HKEY_CURRENT_USER > Panel Kontrol > Aksesibilitas > Respons Keyboard
  • Ke arah kanan, klik dua kali pada masing-masing opsi ini dan ubah nilainya seperti yang diberikan di bawah ini dan tekan OK.
    • AutoRepeatDelay – 500
    • AutoRepeatRate – 50
    • BounceTime – 35

4. Update Driver Keyboard

Memperbarui atau bahkan menginstall ulang driver keyboard dapat membantu Anda mengatasi masalah keyboard yang mengetik sendiri ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan instalasi:

  • Klik kanan tombol Windows atau Start yang terletak di pojok kiri bawah layar.
  • Buka Device Manager.
  • Temukan opsi Keyboard dan klik tanda segitiga di sebelah kiri teksnya.
  • Klik kanan pada driver yang ditampilkan di layar dan pilih Update Driver atau Uninstall Device.
  • Restart laptop.

5. Mengganti Hardware

Jika masalah yang ditemukan bukan berasal dari sisi software, maka hardware yang mengalami masalah. Ada baiknya segera mengganti keyboard pada laptop untuk mencegah masalah lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri?

Itulah dia cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri yang bisa Anda lakukan. Jika Anda sedang menunggu perbaikan dari laptop yang mengalami masalah ini namun butuh laptop untuk mengerjakan pekerjaan sekarang juga, maka Anda bisa coba sewa laptop Bandung dari Indorental. Kami menyediakan laptop berkualitas untuk Anda gunakan. Semoga informasi cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri ini bisa berguna untuk Anda.

banner-laptop