Cara Membuat Pangkat di Laptop dengan Mudah Melalui Ms.Word dan Gdocs

Cara Membuat Pangkat di Laptop dengan Mudah Melalui Ms.Word dan Gdocs

cara membuat pangkat di laptop
Uncategorized

Cara membuat pangkat di laptop sangat mudah. Hanya saja, masih ada orang-orang yang belum mengerti bagaimana caranya. Memang benar bahwa tanda pangkat dalam penulisan matematika tidak ada di keyboard laptop. Oleh karena itulah Anda kebingungan mencari bagaimana ingin menulis pangkat di laptop. Mengetik rumus atau angka-angka ilmiah hanya bisa dilakukan melalui aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan Docs dari Google. Kalau begitu langsung saja kita membahas cara membuat pangkat dengan mudah dan cepat. 

Bagaimana Mengetik Kuadrat di Laptop?

Microsoft Word dan Google Docs adalah dua aplikasi pemrosesan kata yang cukup sering digunakan. Maka, cara membuat pangkat di kedua aplikasi tersebut akan sangat banyak dibutuhkan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Cara Membuat Pangkat di Laptop Melalui Ms.Word

Dalam matematika terdapat dua jenis pangkat. Ada pangkat yang terletak di atas kanan dari sebuah angka yang disebut superscript dan ada pangkat yang terletak di kanan bawah sebuah angka yang disebut dengan subscript. Kedua pangkat ini bisa kita buat dengan mudah dan cepat. Coba perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Ms.Word di laptop.
  • Lalu coba ketik satu rumus apa saja. Dalam hal ini kita akan mencoba mengetikkan pangkat atas (superscript). Misalnya kita mengetik rumus “7 m x 8 m = 56 m2”. 
  • Blok angka dua yang ada di belakang huruf “m”, kemudian pada bagian menu home di atas, terdapat simbol huruf X dengan pangkat dua di atasnya seperti ini “X2”. Klik simbol tersebut, dan pangkat atas sudah berhasil dibuat. 
  • Ada cara lain untuk melakukannya. Blok angka yang ingin dijadikan pangkat lalu tekan ctrl + shift + = secara bersamaan. Dengan menekan ketiga tombol ini, Anda juga bisa langsung membuat pangkat atas. 
  • Untuk membuatnya menjadi pangkat bawah, Anda hanya perlu mengklik simbol huruf X yang memiliki pangkat di bawah, seperti ini “X2”. Cara lain membuat pangkat di bawah secara langsung adalah menekan ctrl + = bersama-sama. 

Saat sudah berhasil, maka tulisan rumus sebelumnya menjadi “7 m x 8 m = 56 m2” atau “7 m x 8 m = 56 m2”. 

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan File Word yang Belum Tersimpan dengan Mudah

2. Cara Membuat Pangkat di Laptop Melalui GDocs

Cara membuat pangkat di Google Docs umumnya hampir sama dengan membuatnya di Word. Hanya saja simbol huruf X dengan pangkat tidak langsung terlihat pada bagian menu. Ada beberapa bagian yang perlu Anda klik untuk membuatnya. Langkah-langkah membuatnya bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Buka website atau aplikasi Google Drive Anda dan buat file Docs baru. 
  • Coba ketikkan hal yang sama seperti yang ada di atas, yaitu “7 m x 8 m = 56 m2”. 
  • Blok angka dua di belakang huruf “m”. Pada bagian menu, pilih “Format” dan “Text”. 
  • Selanjutnya akan muncul daftar pilihan format yang bisa Anda pilih, cari tulisan “superscript” untuk membuat pangkat atas. Jika ingin membuatnya menjadi pangkat bawah, Anda hanya perlu memilih tulisan “subscript”. 
  • Cara lain untuk membuat nya menjadi pangkat adalah dengan menggunakan keyboard laptop Anda. Blok angka yang ingin dijadikan pangkat dan tekan ctrl + titik, untuk membuatnya menjadi pangkat atas. Tekan ctrl + koma, untuk membuatnya menjadi pangkat bawah. 

Jika sudah berhasil, maka tulisan rumus Anda akan menjadi seperti ini “7 m x 8 m = 56 m2” atau “7 m x 8 m = 56 m2”. 

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk melakukannya? Dari dua cara yang ada, Anda bisa memilih cara yang paling nyaman untuk digunakan. Jenis laptop apapun yang Anda punya tidak masalah karena semua laptop memiliki tombol-tombol tersebut. Apabila Anda membutuhkan sewa laptop dalam jumlah banyak untuk mengadakan acara perusahaan atau organisasi, IndoRental siap membantu. 

IndoRental memiliki banyak persediaan laptop untuk kebutuhan acara Anda. Anda juga bisa dengan mudah mengatur waktu peminjaman sesuai yang dibutuhkan. Langsung saja menghubungi tim kami melalui website IndoRental. Semoga penjelasan mengenai cara membuat pangkat di laptop, berguna bagi Anda!