Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23 yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23 yang Perlu Anda Ketahui

perbedaan samsung galaxy a13 dan a23
Teknologi

Samsung Galaxy Series A memang masih menjadi salah satu pilihan andalan masyarakat Indonesia. Selain menawarkan harga yang cenderung miring, spesifikasi smartphone ini juga terbilang baik di kelasnya. Samsung Galaxy A13 dan A23 sendiri merupakan dua series A yang dirilis dalam waktu yang bersamaan di tahun 2022 lalu. Memiliki desain yang sangat mirip, Anda mungkin belum mengetahui perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23.

Perbedaan yang paling penting untuk diperhatikan tentunya adalah spesifikasi dari kedua series tersebut. Ini akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam menggunakan Samsung Galaxy A13 maupun A23. Mengikuti perbedaan spesifikasi yang ada, harga jual dari kedua smartphone series A dari Samsung ini juga selisihnya cukup jauh.

Sekilas Mengenai Samsung A13 dan A23

Pada akhir Maret 2022 lalu, Samsung secara resmi merilis dua smartphone dari Galaxy A Series di Indonesia. Tampilan desain dari kedua smartphone yaitu Samsung Galaxy A13 dan A23 sendiri sangat mirip. Mulai dari sama-sama memiliki desain layar infinity-V dengan ukuran 6,6 inci dan juga dibekali dengan empat kamera belakang, Dari segi harga, Samsung Galaxy A13 dibanderol mulai dari 2,5 juta rupiah. Sedangkan Samsung Galaxy A23 menawarkan harga mulai dari 3,5 juta rupiah.

Baca Juga : Inilah 3 Perbedaan Samsung Z Flip dan Fold, Pilih Mana?

Spesifikasi Samsung A13

Sebagai salah satu smartphone keluarga Series Galaxy A dari Samsung, A13 menjadi salah satu produk pilihan yang memiliki performa cukup mumpuni. Untuk sekelas smartphone dengan harga 2 jutaan, Samsung Galaxy A13 dapat menunjang aktivitas harian Anda. Berikut ini merupakan beberapa spesifikasi Samsung A13 yang perlu Anda ketahui.

1 . Layar

Baik Galaxy A13 maupun A23 sama-sama memiliki tampilan layar infinity-V yang memiliki spesifikasi panel LCD 6.6 inci. Resolusi yang ditawarkan oleh A13 adalah Full HD Plus dengan rasio layar 20:9 ditambah dengan perlindungan Gorilla Glass 5.

2. Dimensi dan Bobot

Anda ingin smartphone dengan desain slim sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan tempat? Tenang, Samsung Galaxy A13 ini memiliki dimensi yang cukup nyaman yaitu 165,1 x 76,4 x 8,8 mm dengan berat hanya 195 gram saja.

3. Chip dan Sistem Operasi

Galaxy A13 dibekali dengan chipset keluaran Samsung yaitu Exynos 850. Ditambah dengan CPU 2.2 GHz dan 2.0 GHz serta GPU yaitu Mali-G52 MP1.

4. RAM dan Memori Internal

Butuh performa yang lebih lancar untuk smartphone? Samsung Galaxy A13 menawarkan dua pilihan RAM untuk Anda yaitu 4GB dan juga 6GB. Untuk memori internalnya sendiri tentu sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda yaitu 128 GB.

5. Kamera

A13 dibekali dengan desain empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, ultrawide, makro dan juga depth sensor. Hasil foto akan lebih maksimal dengan kamera utama 50 MP yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A13. Kemudian untuk kamera depannya 8 MP (f/2.2, wide).

Baca Juga : Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan dan Tips Memilihnya

Spesifikasi Samsung A23

Selisih satu jutaan dari Samsung Galaxy A13, lalu apa yang membuat A23 jauh lebih unggul? Anda dapat mengetahui beberapa alasannya melalui spesifikasi Samsung Galaxy A23 di bawah ini.

1 . Layar

Spesifikasi layar dari Samsung A23 sendiri sama persis seperti A13, tidak ada bedanya. Mulai dari layar infinity-V dengan panel LCD 6,6 inci hingga resolusi Full HD Plus. Tentunya ditambah dengan perlindungan layar menggunakan Gorilla Glass 5.

2. Dimensi dan Bobot

Sama seperti layar, dimensi dan bobot dari Samsung A23 juga sangat mirip dengan A13. Dimensi dari smartphone ini yaitu 165,4 x 76,9 x 8,44 mm dan bobot 195 gram.

3. Chip dan Sistem Operasi

Salah satu komponen yang membuat A23 jauh lebih unggul dari A13 tentunya adalah chipset yang digunakan. Samsung A23 menggunakan Qualcomm Snapdragon 680 dengan CPU Octa-Core 2.4 GHz Kryo 265 Gold dan 1.9 GHz Kryo 265 Silver. Belum lagi penggunaan GPU yaitu Adreno 610.

4. RAM dan Memori Internal

Ketersediaan pilihan RAM untuk Samsung Galaxy A23 adalah 6GB. Sama seperti A13, memori internal yang ditawarkan oleh A23 adalah 128 GB.

5. Kamera

Apakah kamera dari Samsung A13 dan A23 berbeda? Tidak, nyatanya spesifikasi kamera dari kedua series smartphone ini tidak memiliki perbedaan apapun. Kamera utama 50 MP, ultrawide 5MP, makro 2 MP, depth sensor 2 MP dan juga selfie 8 MP.

6. NFC

Nilai lebih dari Samsung Galaxy A23 tentunya terletak pada ketersediaan fitur teknologi NFC. Ini akan memudahkan Anda untuk bertukar data secara lebih praktis, top-up kartu e-money secara mudah dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ini Perbedaan HP Samsung Seri A dan M, Agar Tidak Salah Pilih!

Perbedaan Samsung A13 dan A23

Lalu, apa sih yang membuat kedua series keluaran Samsung ini berbeda? Berikut ini merupakan perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23 yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Chipset

Perbedaan pertama dari Samsung Galaxy A13 dan A23 adalah penggunaan chipset di dalamnya. Galaxy A13 menggunakan chipset produksi Samsung sendiri yaitu Exynos 850. Sedangkan Galaxy A23 telah terlengkapi dengan chipset Snapdragon 680 dari Qualcomm. Perbedaan chipset ini yang paling memengaruhi performa dari Samsung Galaxy A13 dan 23 terutama dalam memainkan game, lag dan juga kemampuan dalam pemrosesan gambar.

2. Fitur Fast Charging

Selanjutnya, kecepatan Samsung Galaxy A13 dan A23 dalam charging juga berbeda. Meskipun sama-sama memiliki fitur fast charging, tetapi A23 memiliki kemampuan lebih cepat hingga 25 watt. Sedangkan Galaxy A13 hanya mampu fast charging di 15 watt saja. Jadi meskipun sama-sama memiliki spesifikasi baterai berkapasitas 5.000 mAh, pengisian daya untuk Samsung Galaxy A23 jauh lebih cepat dari A13.

3. Ketersediaan NFC

Near Field Communication (NFC) merupakan salah satu fitur teknologi yang sangat berguna oleh mayoritas orang. Nah, sayangnya NFC ini belum tersedia di Samsung Galaxy A13. Perbedaan teknologi yang satu ini menjadi salah satu alasan mengapa harga dari Galaxy A13 jauh lebih mudah dibandingkan A23.

Samsung Galaxy A23 dibekali dengan NFC yang memungkinkan komunikasi pertukaran data dari jarak dekat secara lebih mudah. Misalnya jika Anda ingin berbagi dokumen antar perangkat yang memiliki NFC, hanya cukup saling mendekatkan perangkat saja, Ditambah lagi ketika Anda ingin melakukan pengisian saldo ke kartu e-money, fitur NFC ini sangat membantu.

Nah, itulah tadi informasi mengenai perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23 yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda membutuhkan handphone untuk bisnis dengan budget minim, menggunakan layanan sewa handphone android mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat. Indorental juga menyediakan layanan jasa penyewaan perangkat teknologi lainnya untuk Anda. Butuh informasi lebih lengkap? Yuk hubungi Indorental sekarang juga.