Mengenal 7 Perbedaan Samsung A04 dan A04E

Mengenal 7 Perbedaan Samsung A04 dan A04E

perbedaan samsung a04 dan a04e
Teknologi

Pada era digital seperti sekarang, Smartphone telah menjadi alat yang tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga sebagai alat produktivitas yang memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas. Kalau Anda sedang mencari smartphone, Samsung A04 dan A04E bisa dijadikan alternatif yang tepat. Namun sebelum membelinya, ketahui dahulu perbedaan Samsung A04 dan A04E agar Anda tidak menyesal telah membelinya. 

Samsung sendiri telah dikenal sebagai salah satu merek yang memiliki kualitas tinggi dan menggunakan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini. 

Sekilas tentang Samsung Galaxy A04

Sebelum masuk dalam pembahasan tentang perbedaan antara Samsung A04 dan A04E, mari mengenal sedikit tentang Samsung Galaxy A04. Sebagai salah satu produsen smartphone terkemuka di dunia, Samsung telah meluncurkan berbagai model yang menawarkan beragam fitur dan spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna. 

Dari banyaknya variasi yang ada, Samsung Galaxy A04 jadi salah satu smartphone yang direkomendasikan kepada masyarakat. Kemunculannya juga membawa pilihan baru bagi masyarakat dalam memilih smartphone yang mereka butuhkan. Harganya yang terjangkau sengaja diberikan agar makin banyak orang yang bisa mengakses internet dan fitur canggih lainnya dalam satu perangkat saja. 

Samsung Galaxy A04 secara khusus dirancang untuk pengguna yang menginginkan pengalaman smartphone yang andal. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, smartphone ini sudah dilengkapi dengan layar HD+ Infinity-V berukuran 6,5 inci yang memberikan tampilan jernih dan luas. 

Selain itu dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Anda jadi dapat menggunakan smartphone sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya. Perlu diketahui bahwa Samsung Galaxy A04 memiliki 2 varian lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Untuk memudahkan masyarakat dalam membedakan setiap variannya, Samsung memberikan nama berbeda dari penambahan huruf di bagian belakang. Jadi ada Samsung Galaxy A04, A04E, dan A04S yang masing-masing variannya punya keunggulan serta kelebihan masing-masing. 

Tidak semua varian akan dibahas pada artikel ini, Anda hanya akan diajak melihat lebih jauh mengenai Samsung Galaxy A04 dan A04E saja. Langsung simak selengkapnya pada poin berikut. 

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Samsung Galaxy A52 dan A52S

7 Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan A04E

Samsung Galaxy A04 dan A04E sejatinya memiliki beberapa perbedaan signifikan yang perlu Anda perhatikan. Soal spesifikasinya, varian A04 bisa dibilang lebih tinggi daripada varian A04E. 

Namun jangan langsung menolak A04E, bisa saja spesifikasi yang Anda cari terdapat di dalamnya. Itu sebabnya jangan terlalu cepat mengambil keputusan, pelajari dahulu berbagai perbedaan yang ada di antaranya berikut. 

1. Desain dan Dimensi 

Perbedaan pertama yang dapat dilihat dari Samsung A04 dan A04E adalah desain serta dimensinya. Samsung Galaxy A04 memiliki desain elegan dengan bodi yang terbuat dari polikarbonat solid. 

Sedangkan Samsung Galaxy A04E memiliki desain yang serupa, tetapi dengan bodi yang sedikit lebih ramping dan lebih ringan. Soal ukurannya pun memiliki perbedaan meskipun tidak terlihat secara signifikan. 

Galaxy A04E memiliki dimensi ukuran panjang 164,2 mm, lebar 75,9 mm, dan ketebalan 9,1 mm. Sedangkan Galaxy A04 memiliki dimensi ukuran panjang 164,4 mm, lebar 76,3 mm, dan lebar 9,1 mm. Walau hanya dengan selisih 0,2 mm, tetapi tetap saja keduanya memiliki ukuran yang berbeda dan memengaruhi bobot bebannya. 

2. Kamera

Kamera sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah smartphone. Justru keberadaan smartphone makin penting karena sudah dilengkapi dengan kamera yang bisa mengambil gambar atau video berkualitas. 

Samsung Galaxy A04 sendiri dilengkapi dengan kamera utama belakang ganda yang terdiri dari lensa utama 50MP dan lensa depth sensor 2 MP. Kemudian untuk di bagian depannya juga sudah disematkan kamera sebesar 5MP sehingga penggunanya bisa mengambil selfie dengan cukup baik.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A04E, varian ini dilengkapi dengan kamera belakang utama sebesar 13MP dan depth sensor 2MP. Beralih ke bagian depan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera sebesar 5MP.

Kalau Anda menginginkan pengambilan gambar yang lebih bagus maka ada baiknya untuk memilih Samsung Galaxy A04 daripada A04E. 

Baca Juga: Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23 yang Perlu Anda Ketahui

3. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin membeli smartphone. Samsung Galaxy A04 hadir dengan pilihan penyimpanan internal 32GB dan 64GB yang dapat diperluas hingga 512GB menggunakan kartu microSD. 

Di sisi lain, Samsung Galaxy A04E hanya memiliki satu pilihan penyimpanan internal, yaitu 32GB. Tentunya para pengguna masih bisa memperluas penyimpanannya dengan menambahkan kartu microSD. Untuk RAM sendiri, kedua varian memiliki ukuran penyimpanan yang sama yakni 3GB.

4. Performa dan Kecepatan

Kinerja dan kecepatan smartphone jelas sangat penting untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun tugas sehari-hari. Itu sebabnya ketahui dengan saksama kinerja seperti apa yang Anda butuhkan. 

Apabila Anda membutuhkan kinerja yang cukup tinggi maka Samsung Galaxy A04 lebih tepat digunakan. Pasalnya varian ini dilengkapi prosesor MediaTek Helio P35 yang di dalamnya terdapat octa core ARM Cortex-A53 dengan clock speed hingga 2,3GHz. 

Meski disematkan prosesor berbeda yang levelnya berada di bawah A04, namun penggunaan A04E juga tidak kalah. Samsung melengkapi smartphone satu ini dengan prosesor MediaTek Helio G35 yang di dalamnya menggunakan CPU Arm Cortex-A53 berkecepatan 2,3GHz dan pengolah grafis PowerVR GE8320 dengan kecepatan 680MHz.

Baca Juga: 4 HP Infinix RAM 4GB yang Bisa Menjadi Pilihan

5. Fitur Fast Charging

Samsung Galaxy A04 seri dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup besar. Baterai ini membuktikan daya tahan yang memadai untuk membuat HP tetap menyala dari pagi hingga malam, terutama karena HP ini hanya menggunakan layar HD+.

Perbedaannya terletak pada teknologi pengisian cepat yang disematkan Samsung pada Galaxy A04 dan A04e, yang hanya menggunakan teknologi pengisian cepat standar 10W. Meskipun begitu, Samsung menjamin bahwa pengguna cukup mengisi ulang baterai HP ini sekali sehari berkat fitur AI Power Management.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A04s dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 15W. Dengan charger bawaannya, HP Samsung ini dapat diisi dalam waktu sekitar 1 jam 43 menit dari baterai kosong hingga penuh. Waktu pengisian yang cepat ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam mengisi daya perangkat mereka.

6. Refresh Rate Layar

Perbedaan utama dalam layar Samsung Galaxy A04 series terletak pada tingkat refresh rate. Berbeda dengan seri A04 lainnya yang memiliki refresh rate 60 Hz, layar Samsung Galaxy A04s telah ditingkatkan menjadi 90 Hz. Hal ini menghasilkan tampilan yang lebih halus saat melakukan scrolling, lebih responsif saat bermain game, dan lebih mendalam saat menonton streaming.

5. Harga 

Faktor terakhir yang sering dipertimbangkan saat membeli smartphone adalah harga. Samsung Galaxy A04 dan A04E merupakan smartphone terjangkau dengan harga yang bersaing. Harga yang dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan penjual, tetapi umumnya Samsung Galaxy A04E memiliki harga yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Samsung Galaxy A04.

Sebelum mengambil keputusan membeli smartphone, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi. Namun Anda bisa menjadikan perbedaan Samsung Galaxy A04 dan A04E di atas sebagai panduan untuk memilih yang terbaik. 

Jika Anda membutuhkan smartphone Samsung dalam penyelenggaraan acara besar, maka pertimbangkan untuk sewa HP Samsung Jakarta di Indorental. Melalui penyewaan maka Anda dapat merasakan langsung fitur-fitur dan performa dari smartphone yang sangat membantu ini. Langsung saja kunjungi Indorental untuk menemukan smartphone Samsung yang Anda butuhkan sekarang!