3 Cara Membuat Pangkat di Word dengan Mudah

3 Cara Membuat Pangkat di Word dengan Mudah

cara membuat pangkat di word
Tips dan Trik

Mengetahui bagaimana cara membuat pangkat di Word ini akan bisa membantu Anda yang sering berurusan dengan angka. Mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, ataupun karyawan di bidang tertentu akan bisa memanfaatkan pengetahuan yang satu ini.

Pada saat ini, Microsoft Word menyediakan beragam fitur lengkap untuk penulisan rumus matematika, kimia, dan fisika. Salah satu fitur yang tersedia di bagian utama adalah penulisan pangkat atas dan bawah.

Tanda pangkat ini biasanya digunakan dalam rumus matematika, namun juga dapat digunakan dalam rumus fisika dan kimia. Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk membuat pangkat ini. Beberapa tombol pada keyboard memungkinkan untuk menyeleksi teks, membuat pangkat, dan melakukan fungsi lainnya.

Untuk membuatnya di Microsoft Word bukanlah perkara yang sulit. Ada beberapa tips dan trik yang bisa mempermudah Anda melakukan pekerjaan ini. Yuk mari kita perhatikan caranya di bawah ini.

Cara Membuat Pangkat di Word

Dalam ilmu rumus matematika, perpangkatan adalah sebuah bentuk operasi untuk menyatakan perkalian berulang dari suatu bilangan sebanyak pangkatnya. Kaidah penulisannya adalah berupa angka kecil yang menyatakan pangkat berada di sebelah angka berukuran normal yang menyatakan bilangan. Hal ini juga bisa disebut sebagai superscript, contohnya seperti 2², 3², 4³, dan lainnya. Dalam bahasa inggris, perpangkatan disebut dengan “power” atau “exponent“.

Menulis bentuk pangkat ini menggunakan alat tulis tentu akan sangat mudah, namun bagaimana jika kita harus menuliskannya pada dokumen Word? Dalam aplikasi pengolahan kata ini, pangkat akan memiliki 2 macam bentuk, yaitu:

  • Superscript (Pangkat Atas)
  • Subscript (Pangkat Bawah di Word)

Sebelumnya kita sudah mengetahui penjelasan mengenai superscript, yaitu angka kecil yang ada di sebelah bilangan di mana posisinya berada di atas. Sedangkan itu, subscript adalah angka atau huruf yang menunjukkan pangkat dan juga berada di sebelah bilangan, namun posisinya di bawah. Contohnya seperti 22, 33, 44, dan seterusnya.

Untuk bisa membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah seperti berikut ini.

  • Buka aplikasi Microsoft Word di Laptop/Komputer Anda.
  • Lalu ketiklah rumus atau angka yang ingin dijadikan bentuk pangkat didalam dokumen Anda. Jika sudah, blok tulisan yang ingin dijadikan pangkat atas.
  • Selanjutnya klik tab Home > pada menu Font pilih X2 atau superscript dan X2  untuk subscript cara membuat pangkat atas di Word.
  • Jika sudah maka angka yang Anda blok tadi akan berubah menjadi bentuk pangkat.

Selain menggunakan opsi pada menu yang ada di tab Home, Anda juga bisa menggunakan shortcut yang ada pada keyboard. Anda bisa menekan tombol “Ctrl + <” untuk subscript dan “Ctrl + >” untuk superscript. Hal ini akan bisa mempercepat alur pekerjaan Anda.

Shortcut lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kombinasi Ctrl, Shift, dan tanda +. Secara umum, cara membuat pangkat di Word paling cepat dan mudah adalah dengan cara ini. Anda hanya perlu menekan secara bersamaan tombol keyboard Ctrl, Shift, dan tanda +. Kemudian, secara otomatis angka tersebut naik keatas dan menjadi pangkat.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Pangkat di Laptop dengan Mudah Melalui Ms.Word dan Gdocs

Cara Menghilangkan Pangkat di Word

Jika Anda ingin menghilangkan pangkat pada bilangan di Word, caranya tidak akan sulit. Bahkan hampir serupa ketika Anda ingin membuatnya. Berikut ini adalah caranya:

  • Jika Anda sudah membuka dokumen yang ingin diubah, blok tulisan yang ingin dihilangkan pangkatnya.
  • Selanjutnya klik tab Home > pada menu Font pilih X2 atau superscript dan X2  untuk subscript,atau kombinasi shortcut di keyboard, tergantung pangkat seperti apa yang ingin Anda hilangkan.
  • Jika sudah maka Angka yang Anda blok tadi akan kembali seperti semula.

Memanfaatkan Equation di Word

Salah satu fitur yang sangat berguna dari Microsoft Word adalah equation. Equation merupakan sebuah fasilitas yang berguna untuk menambahkan rumus dan simbol yang tidak terdapat dalam keyboard. Anda akan bisa mengakses berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk dituliskan, secara manual. Salah satunya adalah bentuk pangkat.

Cukup buka tab Insert, lalu masuk ke menu Symbol. Di sini Anda akan menemukan menu Equation. Selanjutnya klik Insert New Equation. Kemudian klik dan pilih rumus atau simbol matematika yang ingin Anda tambahkan. Anda juga bisa menggunakan kombinasi: Alt + = “ untuk membuka menu ini dengan cepat.

Untuk membuat pangkat, Anda akan bisa melihat simbol Xa dan Xb. Kemudian masukan bilangan dan juga pangkat yang ingin dituliskan. Jika selesai cukup tekan enter atau spasi.

Berbagai Macam Fungsi Microsoft Word

Tidak hanya sebagai software untuk mengolah kata, Word ini juga memiliki banyak macam fungsi yang berguna dalam berbagai macam hal.  Beberapa di antaranya adalah:

1. Mengoreksi Kata-kata

Word memiliki fitur untuk memperbaiki berbagai macam kata-kata yang typo atau yang kurang sempurna. Tidak ada salahnya menggunakan perangkat lunak ini untuk memperbaiki hasil tulisan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencoret Tulisan Di Word? Temukan Jawabannya Di Sini

2. Menyimpan dan Membuka File Berbagai Macam Format

Anda akan bisa menyimpan atau membuka berbagai macam file. Tidak hanya .docx, namun ada .dot, .html, .mhtml, .pdf, .txt, .wps, .xml, dan .xps. Gunakan software ini demi memudahkan pekerjaan Anda.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, pangkat memiliki dua jenis, yaitu pangkat atas (superscript) dan pangkat bawah (subscript). Untuk membuat kedua jenis pangkat tersebut, terdapat tiga cara yang dapat digunakan:

  1. Menggunakan submenu superscript atau subscript yang sudah tersedia di menu utama Microsoft Word.
  2. Menggunakan fitur equation yang dapat ditemukan di menu insert.
  3. Menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + (+) untuk pangkat atas dan Ctrl + = untuk pangkat bawah.

Itulah cara yang bisa Anda ikuti ketika ingin membuat pangkat pada Word. Dengan mempelajari hal ini, maka ada banyak macam pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan mudah. Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak yang multifungsi, tidak hanya untuk membuat dokumen, namun berbagai macam fungsi lainnya.

Untuk mengakses aplikasi ini, Anda akan memerlukan perangkat yang mumpuni untuk menjalankannya, seperti laptop atau komputer. Bagi Anda yang memerlukan laptop namun tidak memilikinya, coba cek jasa sewa laptop Bandung di Indorental sekarang juga. Dapatkan laptop yang berkualitas dan juga aman. Semoga cara membuat pangkat di Word ini bisa membantu Anda.

Baca Juga: 3 Cara Mengetik Dengan Menggunakan Suara di Laptop dengan Mudah

banner-laptop