Seperti Inilah Cara Membuat Link Google Meet Dengan Mudah

Seperti Inilah Cara Membuat Link Google Meet Dengan Mudah

cara membuat link google meet
Tips dan Trik

Anda tidak perlu bingung mengenai cara membuat link Google Meet. Caranya sebenarnya cukup mudah. Google Meet yang merupakan versi terbaru dari Google Hangouts adalah layanan konferensi video premium untuk pelanggan Google G Suite. Namun saat ini platform Google Meet sudah digratiskan untuk semua orang. Memungkinkan hingga 100 orang untuk bergabung dalam rapat virtual tanpa adanya batas waktu. Untuk menggunakan aplikasi ini, yang dibutuhkan hanyalah alamat email yang berfungsi. Anda dapat menggunakan Google Meet untuk menjadwalkan rapat dengan teman atau kolega. Seperti kebanyakan produk Google, akan ada banyak cara untuk melakukannya. Berikut ini cara menjadwalkan meeting Google Meet, menggunakan browser internet apa pun di Mac atau PC Anda.

Cara Membuat Link Google Meet dengan Mudah

Ada 2 bentuk link Google Meet yang bisa Anda buat, link yang dijadwalkan dan juga link untuk meeting sekarang juga. Di bawah ini adalah cara untuk membuat keduanya dengan mudah. Namun sebelumnya pastikan hal ini:

  • Untuk pengguna G Suite: Masuk ke akun G Suite.
  • Untuk pengguna non-G Suite (menggunakan Google Meet dengan akun pribadi): pastikan Anda memiliki Akun Google.

Cara Menjadwalkan Google Meet Menggunakan Google Calendar

Jika Anda ingin menjadwalkan meeting untuk beberapa waktu kedepan, Anda dapat melakukannya menggunakan Google Calendar yang bisa membantu untuk menjadwalkan rapat di Google Meet. Langkah untuk melakukannya adalah seperti berikut ini:

  1. Buka Google Kalender di browser web di Mac atau PC Anda, dan masuk ke akun Google Anda.
  2. Buat rapat dengan cara biasa: Klik slot waktu di kalender dan isi formulir pop-up yang muncul. Masukkan nama rapat, dan sesuaikan waktu dan tanggal jika diperlukan.
  3. Lengkapi detail lainnya, termasuk mengundang peserta lain.
  4. Klik “Tambahkan konferensi video Google Meet”.
  5. Setelah detail Google Meet muncul, Anda dapat mengkliknya untuk melihat dan menyalin ID rapat. Jika perlu bagikan undangan kepada peserta lain yang belum ditambahkan.
  6. Klik “Save”.

Para peserta yang terdaftar akan mendapatkan notifikasi pada Google Calendar mereka yang berisi informasi meeting beserta dengan link.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Link WhatsApp

Cara Memulai Google Meet Sekarang Juga

Jika ingin segera memulai Google Meet, Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara, termasuk melalui Gmail, halaman web Google Meet, dan aplikasi mobile Google Meet. Jika Anda mengalami kesulitan saat mengakses akun Gmail seperti lupa password, mungkin Anda membutuhkan informasi cara melihat password email yang lupa

Melalui Gmail, klik “Start a meeting” di bagian “Meet” pada panel navigasi di sisi kiri halaman. Setelah jendela Meet terbuka, klik “Join Now”. Detail meeting akan ditampilkan yang bisa dibagikan dengan peserta lain, seperti ID rapat dan nomor telepon rapat. Jika Anda ingin nama akun terlihat lebih professional, personal ataupun unik pada saat meeting online, mungkin informasi cara mengganti nama email dapat membantu Anda.

Pada halaman web Google Meet, klik “Join or start a meeting” dan klik “Next” tanpa memasukkan apa pun di kotak teks. Setelah jendela Meet terbuka, klik “Join Now”. Meet akan menampilkan detail yang dapat Anda bagikan dengan peserta lain, seperti ID rapat dan nomor telepon rapat.

Menggunakan aplikasi Mobile Meet, ketuk “New meeting”. Maka rapat akan segera dimulai dan Anda akan melihat detail yang dapat dibagikan dengan peserta lain, seperti ID rapat dan nomor telepon rapat. Sebelum memulai meeting online, sebaiknya Anda memperhatikan apakah perangkat keras di komputer atau laptop berfungsi secara normal atau tidak. Jangan sampai camera. speaker atau mic nantinya akan menjadi kendala pada saat online meeting.

Itulah dia informasi yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga hal ini bisa berguna di kemudian hari. Ternyata ada banyak cara membuat link Google Meet yang bisa Anda praktekkan, bagi yang sedang mencari sewa laptop Jakarta, Anda bisa ke Indorental sekarang juga.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Email dengan Mudah