Pahami Cara Membuat Garis Tepi di Word dan Jenis-jenisnya

Pahami Cara Membuat Garis Tepi di Word dan Jenis-jenisnya

cara membuat garis tepi di word
Tips dan Trik

Baru mulai beralih ke dunia digital? Menulis di Word masih terasa asing? Tidak tahu cara membuat garis tepi di Word? Bingung dengan semua tombol pilihan yang ada? Tenang, jangan terlampau panik karena di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar garis tepi. 

Anda akan belajar mengenai cara melakukannya hingga mengenal jenis-jenis dari garis tepi yang ada di Word. Sudah siap belajar? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Garis Tepi di Word?

Sebelum membahas bagaimana cara membuatnya, apakah Anda sudah mengetahui arti dari garis tepi itu sendiri? Garis tepi mengacu kepada suatu garis lurus yang dibuat di bagian pinggir dalam sebuah kertas. 

Keberadaannya cukup penting yaitu untuk membuat tulisan sejajar sehingga terlihat lebih rapi. Perlu diingat bahwa garis tepi atau border berbeda dengan margin. Margin merupakan batasan yang tidak terlihat, sedangkan garis tepi merupakan garis yang terlihat layaknya text box. 

Jadi keberadaanya tidak hanya untuk mempertegas batasan tetapi juga sebagai aksesoris dalam tulisan Anda. Lalu bagaimana dengan garis tepi di Word, apakah sama? Sebenarnya memang tidak ada yang berbeda dari garis tepi di kertas biasa dan yang ada di Microsoft Word atau software lainnya. 

Fungsinya masih sama yaitu membuat batasan agar tulisan yang termuat di dalamnya tidak berantakan. Hanya saja memang Anda bisa melakukan berbagai pengaturan garis tepi di Word secara lebih mudah tanpa penggaris. Semua bentukannya juga bisa ditentukan sesuai keinginan dan kebutuhan. 

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan File Word yang Belum Tersimpan

Apa Saja Jenis-Jenis Garis Tepi di Word?

Garis tepi yang bisa Anda gunakan di Ms.Word cukup beragam. Tidak hanya sekadar garis lurus biasa tetapi Anda bisa memilih bentuk lain seperti garis putus-putus, ukiran, atau gelombang. 

Jadi jenis garis tepi apa saja yang tersedia di Word? Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Garis lurus biasa
  2. Garis pendek dan garis panjang
  3. Garis dan titik
  4. Corak zebra cross
  5. Gelombang
  6. Garis 2 baris tipis
  7. Garis 3 baris tipis
  8. Garis putus-putus
  9. Tiga garis tebal tipis
  10. Dua garis tebal tipis
  11. Titik-titik

Baca Juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Word Not Responding

Bagaimana Cara Membuat Garis Tepi di Word?

Ini dia informasi yang sudah Anda tunggu-tunggu yaitu cara membuat garis tepi di Word. Setelah Anda memahami definisi dari garis tepi maka membuatnya akan jadi lebih mudah. Berikut langkah-langkahnya supaya Anda bisa mengikuti cara membuatnya dengan baik: 

  • Buka software Microsoft Word di laptop atau komputer Anda.
  • Pilih “Dokumen Baru” atau “New Document”, kemudian pilih template yang Anda inginkan. Ms.Word menyediakan berbagai template yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila Anda ingin membuatnya dari nol maka pilih saja ‘Blank Document”. 
  • Jika sudah terbuka ke halaman dokumen baru, coba Anda cari menu “Page Layout”. 
  • Nantinya akan ada banyak pilihan pengaturan yang tersedia, tetapi Anda hanya perlu memilih “Page Background” dan “Page Borders”. 
  • Seharusnya di layar laptop atau komputer Anda akan muncul tab baru berukuran sedang bernama “Border and Shading”. 
  • Cari tulisan “Box” di bagian kiri dari tab tersebut. 
  • Kemudian pilih jenis garis tepi yang Anda inginkan dengan mengeklik “Style”. 
  • Anda juga bisa mengubah warna garis tepi sesuai keinginan. Caranya tinggal mengeklik pilihan “Color”. 
  • Terakhir, Anda bisa mengatur ketebalan garis tepi yang diinginkan dengan memilih “Width”. 
  • Sebelum mengakhirinya, Anda harus memilih apakah garis tepi ini hanya ingin diaplikasikan pada satu halaman saja atau seluruhnya. 
  • Jika sudah memilih maka pembuatan garis tepi selesai. Anda hanya tinggal mengeklik “OK”. 

Baca Juga: Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word Dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghapus Garis Tepi di Word?

Bagaimana jika salah memilih model garis tepi yang diinginkan tetapi sudah telanjur dibuat? Apakah harus mengulang prosesnya dari awal? Apakah garis tepi tersebut bisa dihapus? Tentu saja bisa! 

Jangan khawatir ketika melakukan kesalahan karena Word bukan seperti kertas yang tidak bisa digunakan lagi. Penggunaan Word di dunia digital memampukan Anda untuk menoleransi kesalahan. 

Jadi semua tindakan yang salah bisa langsung dihapus dan dibuat ulang seperti yang seharusnya. Berikut langkah-langkah menghapus garis tepi di Word: 

  • Tentunya Anda perlu membuka software Microsoft Word terlebih dahulu. 
  • Buka dokumen yang ingin Anda hilangkan garis tepinya. 
  • Pilih menu “Page Layout”.
  • Pilih “Page Background” dan “Page Borders” seperti ketika ingin membuatnya. 
  • Kemudian akan muncul lagi tab baru yang bernama “Borders and Shading”. 
  • Dari situ Anda bisa langsung pilih “None” untuk menghilangkan garis tepi. 
  • Jangan lupa menentukan garis tepi mana saja yang ingin Anda hapus di bagian “Apply to”. Jika Anda ingin menghapus garis tepi di semua dokumen maka langsung pilih “Whole Document”. 
  • Jika semua pengaturan sudah disesuaikan maka proses penghapusan telah selesai. Anda tinggal mengeklik pilihan “OK”. 

Jadi itu dia cara membuat garis tepi di Word. Bagaimana? Melakukannya tidak sulit, bukan? Jika masih belum berhasil melakukannya, coba baca ulang poin-poin di atas secara perlahan. Pastikan Anda memahami setiap poinnya dengan baik agar garis tepi bisa dibuat. 

Sebenarnya membuat garis tepi bukanlah persoalan yang sulit. Hanya beberapa klik dari mouse sudah bisa menghasilkan garis tepi sesuai keinginan. Jika masih belum menemukan menu-menunya, coba cek apakah Microsoft Word yang Anda punya sudah di-update ke versi terbaru atau belum. 

Baca Juga: 3 Cara Copy Paste Word Tanpa Merubah Format

Jika belum, Anda bisa meng-update dengan versi terbaru yang lebih modern dan user-friendly. Tidak bisa di-update karena komputer atau laptop yang bermasalah? Langsung saja bawa perangkat elektronik Anda ke tempat servis resmi. 

Selagi komputer atau laptop diservis, Anda bisa melakukan sewa komputer harian, mingguan, atau bulanan di IndoRental. Tersedia berbagai tipe dan merek komputer yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. 

Tidak perlu khawatir akan kualitasnya yang jelek atau ditipu karena IndoRental sudah memiliki jam terbang sejak tahun 2007. Jasa IndoRental bahkan sudah digunakan oleh berbagai lembaga atau perusahaan, baik swasta maupun negeri alias pemerintahan. 
Memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar sewa-menyewa perangkat elektronik? Langsung saja hubungi tim IndoRental sekarang!