2 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam
Tips dan Trik

Bagi Anda yang menggunakan antena dalam ruangan untuk menonton televisi, kami mempunyai informasi menarik mengenai cara agar TV jernih dengan antena dalam. Tidak semua orang menggunakan antena parabola ataupun TV kabel untuk menonton televisi di rumah. Masih banyak yang menggunakan antena dalam karena instalasinya yang mudah dan harganya yang sangat terjangkau.

Tentunya semua jenis antena memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kekurangan antena dalam ini terletak pada hasil gambar yang ditayangkan pada layar TV. Televisi yang menggunakan antena dalam cenderung menghasilkan gambar yang tidak jernih atau sering terlihat banyak ‘semut’. Tentu saja hal ini membuat tontonan menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, kami menyiapkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat gambar yang dihasilkan oleh antena dalam menjadi lebih jernih.

Bagaimana Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan?

Untuk membuat TV jernih dengan antena dalam serta menghilangkan semut di tv led, Anda bisa melakukan dua hal berikut ini, yaitu:

1. Cari Posisi yang Tepat untuk Memasang Antena

Posisi merupakan poin utama dalam pemasangan antena, khususnya antena dalam. Jika tempat tinggal Anda dekat dengan pemancar sinyal TV, maka tidak begitu sulit untuk melakukan pemasangan antena tersebut. Anda bisa meletakkan antena tersebut di manapun sesuai dengan posisi TV.

Hal tersebut tentu berbeda apabila Anda tinggal di daerah yang jauh dari pemancar sinyal TV. Untuk situasi seperti ini, posisi TV Anda yang harus menyesuaikan dengan posisi antena dalam dan peletakkan antena pun harus berada di area yang terbuka dan luas agar bisa mendapatkan akses sinyal yang baik.

2. Pilih Kabel Coaxial yang Berkualitas Tinggi

Ketika Anda membeli antena dalam pasti sudah satu paket dengan kabel coaxial atau sebut saja dengan kabel antena TV. Namun, biasanya kabel bawaan ini memiliki kualitas yang kurang baik sehingga Anda akan sering mengalami lost signal. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti kabel antena TV tersebut dengan kabel yang lebih berkualitas dengan bahan yang tebal agar dapat menayangkan gambar yang lebih baik.

Baca juga: keuntungan sewa laptop dibanding beli baru

Tips Memilih Antena TV yang Tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah antena televisi, tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara memilih antena TV yang tepat. Silakan ikuti beberapa tips di bawah ini agar antena TV yang dipilih dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik:

1. Ketahui jenis TV yang Digunakan.

TV yang saat ini paling sering digunakan oleh banyak orang adalah TV LCD/LED dan juga TV tabung. Perlu Anda ketahui, TV LCD/LED memiliki daya tangkap sinyal yang kurang baik sedangkan TV tabung memiliki daya tangkap sinyal yang lebih tinggi. Jika Anda memiliki TV LCD/LED dan tinggal jauh dari menara pemancar sinyal TV, maka sangat disarankan untuk memilih antena luar ruangan dan untuk TV tabung, Anda bisa menggunakan antena dalam.

2. Perhatikan Posisi Antena dan Kabel yang Berkualitas

Jika Anda tidak ingin mengganti kabel antena seperti cara untuk membuat TV jernih dengan menggunakan antena dalam di atas, maka Anda bisa mencari kabel coaxial bawaan yang berkualitas. Kabel coaxial yang berkualitas memiliki jumlah serabut yang lebih tebal dan juga kawat konduktor yang lebih besar dibandingkan kabel coaxial pada umumnya sehingga tentu dapat menangkap sinyal yang lebih baik.

3. Perhatikan deretan pada Antena TV

Setiap antena TV memiliki deretan yang padat atau panjang. Semakin padat dan panjang sebuah antena, maka daya tangkap sinyal akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda harus memilih antena TV yang memiliki ciri-ciri tersebut untuk menghasilkan gambar tayangan yang lebih jernih.

Jadi, itu dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. 2 cara agar TV jernih dengan antena dalam ruangan di atas bisa langsung Anda praktekkan sendiri di rumah dan silakan hubungi Indorental bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan jasa sewa TV Jakarta.

Baca juga: cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala