5 Tips Membeli Laptop Bekas yang Harus Diperhatikan

5 Tips Membeli Laptop Bekas yang Harus Diperhatikan

tips membeli laptop bekas
Tips dan Trik

Anda memerlukan laptop dengan harga yang lebih terjangkau? Anda bisa memilih opsi untuk memiliki laptop bekas atau sewa. Membeli laptop bekas tidak bisa dilakukan sembarangan, untuk itu Anda perlu mengetahui tips membeli laptop bekas dengan benar. IndoRental memberikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda. 

Sebelum memilih laptop bekas atau sewa untuk kebutuhan sehari-hari, kamu perlu tahu terlebih dahulu bagaimana tips membeli laptop bekas. Jangan sampai kamu memilih laptop bekas sembarangan tanpa mengecek kondisi fisik hingga komponen lainnya. Untuk itu, perhatikan tips membeli laptop bekas pada uraian lengkap di bawah ini.

Bagaimana Tips Membeli Laptop Bekas?

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan saat membeli laptop bekas, seperti memperhatikan kondisi fisik laptop hingga membandingkannya dengan laptop lain. Proses memilih laptop harus dilakukan dengan detail agar kamu memilih laptop yang tepat dan sesuai kebutuhan. Kalau begitu, mari simak tips beli laptop bekas berikut ini.

1. Cek Kondisi Fisik Laptop Bekas 

Sebelum membeli laptop bekas, pastikan untuk memeriksa kondisi fisiknya secara detail. Perhatikan bagian-bagian seperti layar, keyboard, touchpad, dan lainnya untuk memastikan komponen tersebut masih berfungsi dengan baik dan tidak rusak. Jika ada bagian yang rusak, pertimbangkan biaya perbaikan dan apakah itu layak untuk diperbaiki atau tidak. 

2. Cek Spesifikasi dan Kompatibilitas

Setelah memeriksa kondisi fisik, selanjutnya pastikan untuk memeriksa spesifikasi laptop bekas yang akan dibeli. Pastikan juga spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan dan semua komponen masih berfungsi dengan baik. Hal ini penting untuk memastikan laptop yang dibeli masih dapat digunakan dengan lancar dan memenuhi kebutuhan.

3. Baca Ulasan dan Review dari Pengguna Lain

Penting juga untuk Anda membaca ulasan dan review dari pengguna lain. Ini akan membantu Anda memahami kinerja laptop dan masalah yang mungkin terjadi. Baca ulasan dari sumber yang tepercaya untuk memastikan informasi yang Anda dapatkan akurat. Membaca ulasan ini sangat penting karena Anda mendapat gambaran jelas mengenai laptop yang diincar secara keseluruhan. 

4. Cek Garansi dan Dukungan Produk

Periksa garansi dan dukungan produk yang tersedia untuk laptop bekas yang akan dibeli. Beberapa laptop mungkin memiliki garansi yang masih berlaku dan dukungan teknis yang tersedia dari pabrikan. Tentunya ini sangat berguna jika Anda mengalami masalah dengan laptop dan membutuhkan bantuan.

5. Bandingkan Harga dengan Model Laptop Lain

Terakhir, bandingkan harga laptop bekas dengan model laptop lain yang serupa. Bandingkan spesifikasi dan fitur untuk memastikan Anda membeli laptop bekas dengan harga yang wajar dan berkualitas. Proses membandingkan ini akan membantu Anda memastikan laptop bekas yang Anda beli telah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Baca Juga: 6 Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

Apa Saja Komponen yang Harus Diperiksa Saat Membeli Laptop Bekas?

Seperti yang dibahas sebelumnya, dalam membeli laptop bekas harus dicek secara lebih detail agar laptop yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa cek seluruh komponen laptop untuk memastikan masih bisa digunakan dengan baik. Apa saja komponen laptop yang dimaksud? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

1. Layar

Layar termasuk komponen yang sangat penting dalam laptop, sehingga harus diperiksa dengan hati-hati. Periksa apakah layar bebas dari goresan, retak, atau kerusakan lainnya. Pastikan tampilan layar jelas dan tidak ada dead pixel. Juga, periksa tingkat kecerahan dan sudut pandang layar untuk memastikan Anda dapat membaca dengan nyaman dari berbagai sudut.

2. Keyboard dan Touchpad

Setelah memeriksa layar, selanjutnya periksa keyboard dan touchpad. Pastikan semua tombol keyboard bekerja dengan baik dan tidak ada tombol yang terlewatkan. Periksa juga respons touchpad, apakah mudah digunakan atau mengalami kendala. Kedua komponen ini penting diperiksa agar Anda bisa mengetik dan navigasi dengan nyaman pada laptop bekas yang Anda beli. 

3. Processor dan RAM 

Processor dan RAM merupakan komponen yang sangat penting untuk memastikan laptop dapat berjalan dengan lancar. Anda perlu memeriksa apakah processor yang digunakan masih kompatibel dan cukup kuat untuk menjalankan aplikasi yang diinginkan atau tidak. Kapasitas RAM juga perlu Anda pastikan, apakah cukup untuk menjalankan aplikasi dan program yang Anda gunakan atau justru perlu menambah RAM. 

4. Hard Drive

Komponen ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan file pada laptop. Supaya Anda bisa menyimpan sebanyak mungkin data, periksa kondisi fisik hard drive untuk memastikan tidak ada kerusakan yang mungkin dapat menyebabkan kehilangan data. Jangan sampai terlewat memeriksa komponen ini agar Anda dapat mengoperasikan laptop dengan nyaman. Hal ini tidak boleh dilewatkan dalam tips membeli laptop bekas yang bagus dan berkualitas. 

Baca Juga: Apa Itu Driver Laptop? Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

5. Graphics Card dan Audio 

Graphics card dan audio juga penting untuk diperiksa saat Anda membeli laptop bekas. Fungsinya untuk memainkan game dan multimedia dengan baik. Anda perlu memeriksa kapasitas graphics card dan audio dengan menjalankan aplikasi multimedia. Jika berjalan dengan lancar dan audio memberikan suara yang jernih artinya kedua komponen tersebut berfungsi dengan baik. 

6. Baterai

Baterai juga termasuk ke dalam komponen penting lainnya yang perlu diperiksa saat membeli laptop bekas. Anda perlu mempertimbangkan kapasitas baterai dan waktu tahan baterai agar bisa menggunakan laptop tanpa harus selalu terhubung ke sumber listrik. Pastikan juga baterai laptop tidak mengalami kerusakan dan masih dapat mempertahankan daya selama beberapa jam. 

7. Port dan Konektivitas

Pastikan laptop bekas yang akan dibeli memiliki port dan konektivitas yang Anda butuhkan. Periksa apakah laptop memiliki port USB, HDMI, dan lainnya untuk memastikan Anda dapat menghubungkan perangkat eksternal yang diinginkan. Juga, pastikan laptop memiliki koneksi Wifi dan Bluetooth yang bekerja dengan baik.

8. Sistem Operasi dan Aplikasi

Sistem operasi dan aplikasi pada laptop bekas yang akan Anda beli harus sesuai dengan kebutuhan. Anda perlu memeriksa sistem operasi laptop tersebut masih dalam kondisi baik dan mudah untuk dioperasikan. Ini penting agar laptop yang hendak Anda gunakan bisa Anda pakai dengan lancar. Periksa juga aplikasi penting yang Anda butuhkan sudah terinstall dengan baik atau belum.

9. Garansi

Garansi bukan komponen laptop, tetapi penting untuk diperiksa. Bisa jadi laptop bekas yang Anda beli masih memiliki garansi. Hal ini penting untuk dilakukan pemeriksaan agar Anda mendapat dukungan jika terjadi masalah pada laptop dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian. Jika garansi sudah habis, kamu bisa beli laptop dengan harga murah tetapi berkualitas dan masih bisa digunakan sebaik mungkin. 

Baca Juga: Solusi Sewa Laptop Tes CPNS Terbaik dan Terpercaya

Jangan lupa untuk mengecek semua komponen yang telah diuraikan di atas sebelum membeli laptop bekas dengan sangat detail. Tips membeli laptop bekas ini juga dapat Anda implementasikan  agar laptop yang Anda miliki berkualitas terbaik. 

Sama halnya ketika Anda hendak sewa laptop harian hingga bulanan, Anda perlu memperhatikan juga komponennya bekerja dengan optimal untuk memastikan laptop dapat digunakan dengan baik dan sesuai kebutuhan.

Jika Anda hendak sewa laptop, Anda bisa cek IndoRental untuk mengecek spesifikasinya. Anda juga bisa sewa lebih dari satu laptop untuk berbagai kebutuhan event. Apabila Anda sudah memilih laptop yang akan disewa, segera hubungi IndoRental agar proses pengiriman bisa dilakukan dengan cepat. Yuk hubungi IndoRental sekarang juga!