Kenali 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23

Kenali 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s23
Teknologi

Februari 2023 lalu, Samsung kembali hadir dengan menyuguhkan inovasi terbaru melalui tiga model Hp flagshipnya, salah satunya adalah Samsung galaxy S23. Sudahkah Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23? 

Samsung Galaxy S23 menjadi model paling dasar dari Samsung Galaxy S23 series yang dikeluarkan saat itu. Tentunya, Hp ini tetap dilengkapi dengan keistimewaannya sendiri dan yang pastinya berbeda dari dua model lainnya.

Dengan keunggulan dan keistimewaannya, Tentunya Samsung Galaxy S23 bisa menjadi opsi pertimbangan menarik bagi Anda yang membutuhkan Hp dengan kualitas tinggi. Pastikan Anda memahami kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23 dibawah ini. 

Sekilas Tentang HP Samsung Galaxy S23 

Samsung Galaxy S23 merupakan Hp keluaran terbaru Samsung dan menjadi salah satu Hp flagship yang cukup menarik perhatian. Selain harganya yang relatif murah dibandingkan dua model lainnya, Samsung Galaxy S23 juga menyajikan serangkaian fitur canggih dan desain yang sangat menawan. 

Dengan perangkat ini, Anda akan memiliki akses ke semua alat yang Anda butuhkan untuk menjalani gaya hidup cerdas dan produktif, terlebih bisa dikatakan Samsung Galaxy S23 didukung dengan prosesor handal dan konektivitas 5G. 

Dengan RAM besar, Samsung Galaxy S23 memiliki rentang harga dari Rp 12.999.000 – Rp 13.999.000. Jika Anda tertarik untuk membeli di toko resmi, Samsung juga memberikan opsi cicilan mulai dari Rp 541.625 per bulannya. 

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

5 Kelebihan Samsung Galaxy S23

Inovasi Samsung melalui perilisan Samsung Galaxy S23 tentunya perlu diakui. Hp ini menawarkan berbagai fitur dengan kecerdasan tingkat tinggi yang pastinya sangat disayangkan jika dilewatkan. Berikut kelebihan dari Samsung Galaxy S23 yang sangat menarik untuk diketahui. 

1. Desain yang Ringan dan Menawan

Berbeda dengan model lainnya, Samsung Galaxy S23 memiliki ukuran yang paling ramping dan panjang, terlebih beratnya hanya sekitar 168 gram. Hp ini juga di desain menggunakan bahan yang lebih kuat sehingga tingkat durabilitasnya menjadi lebih tinggi daripada model sebelumnya. 

2. Kualitas Layar yang Cerah 

Samsung Galaxy S23 menggunakan beberapa fitur baru yang membuatnya lebih cerah dan sangat lebih dari cukup untuk digunakan diluar ruangan. Selain itu, refresh rate Hp ini juga cukup adaptif sehingga dapat menyesuaikan kondisi luar ruangan atau konten yang sedang dibuka. 

3. Performa Handal

Keistimewaan lain dari Samsung Galaxy S23 adalah chipset yang dimiliki hanya dirancang khusus oleh Samsung untuk model di serinya sehingga tidak dimiliki oleh model lainnya. Kapasitas baterainya juga dapat dikatakan mumpuni dengan 5000 mAh dan daya tahan baterai mencapai 3 hari. 

4. Hasil Gambar Berkualitas Tinggi

Samsung Galaxy S23 memiliki resolusi kamera yang sangat baik, terlebih dengan fitur low light-nya sehingga gambar yang diambil dalam pencahayaan rendah tetap akan memiliki kualitas tinggi. Sekalipun konfigurasinya sama dengan Galaxy S22m Hasil gambar dari Galaxy S23 bisa dikatakan cukup baik karena didukung juga oleh fitur-fitur kamera lainnya. 

5. Koneksi Cepat dan Lancar

Samsung Galaxy S23 dirancang untuk memberikan jaringan 5G dengan opsi konektivitas, seperti NFC. Samsung S23 memungkinkan Anda untuk bermain game berat, melakukan pembayaran digital, dan berbagi data dengan cepat dan lancar. 

Baca Juga: 6 Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan S8

5 Kekurangan Samsung Galaxy S23

Setelah melihat kelebihan-kelebihan dari Samsung Galaxy S23, Hp ini juga memiliki kekurangannya tersendiri. Kekurangan yang ada tetap perlu diperhatikan karena mungkin akan sangat berpengaruh pada penggunaannya kedepan.

1. Kualitas Penyimpanan Lama

Pada penyimpanan internalnya, Samsung Galaxy S23 menggunakan UFS 3.1 untuk kapasitas 128 GB sedangkan UFS 4.0 dipakai untuk kapasitas 256 dan 512 GB. Tentunya penggunaan UFS 3.1 sangat disayangkan karena seharusnya UFS 3.1 sudah dapat diganti dengan UFS 4.0 yang memiliki performa lebih cepat. Maka dari itu, ada baiknya Anda memilih kapasitas 256 GB atau 512 GB. 

2. Ketidakstabilan performa

Sekalipun performanya bisa dikatakan berkualitas dengan rancangan khusus. Namun, masih terdapat beberapa masalah yang perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil uji, Stabilitas CPU Samsung Galaxy S23 ini hanya berada pada 68%. Sehingga performa Hp ini bisa turun ke 70% setelah penggunaan selama 15 menit. 

Tidak hanya itu, performa GPU Samsung Galaxy S23 juga mengalami penurunan setelah penggunaan 6 menit dan stabil di 60%. 

3. Dijual Tanpa Charger 

Sama seperti beberapa model Samsung lainnya, Samsung Galaxy S23 juga tidak menyertakan charger di kotak Hp, sehingga Anda harus membeli adaptor untuk charger Samsung Galaxy S23 secara terpisah. 

4. Kapasitas Baterai

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kapasitas baterainya yang tidak begitu besar, apalagi sudah banyak Hp dengan kapasitas baterai yang lebih besar dengan harga yang lebih murah. Samsung Galaxy S23 hanya memiliki kapasitas baterai 3.900mAh ketika banyak Hp sekarang sudah memiliki kapasitas baterai hingga 5.000mAh. 

5. Proses Pengisian Daya cukup Lambat 

Proses pengisian daya yang dimiliki cukup lambat jika dibandingkan dengan smartphone lainnya. Proses pengisian Daya Samsung Galaxy S23 hanya di kecepatan 45W. Sebenarnya ini sudah cukup besar, tetapi jika dilihat dari harganya, banyak Hp dengan harga yang sama atau lebih murah memiliki proses pengisian daya lebih cepat. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Samsung RAM 8GB

Spesifikasi Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S23 memiliki banyak peningkatan dari model sebelumnya, yaitu Galaxy S22. Baik secara kemampuan layar, chipset, hingga kualitas kamera ditingkatkan sesuai dengan keinginan konsumen. Berikut Spesifikasi Samsung Galaxy S23 yang perlu Anda ketahui. 

1. Layar

Samsung Galaxy S23 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X pada layar 6,1 inci nya. Dengan panel dan ukuran layar yang besar, Resolusi yang dihasilkan kemudian mencapai 1080 x 2340 piksel atau Full HD+. Tidak hanya itu, kecerahan layar juga mencapai 1200 nit sehingga sangat cukup untuk penggunaan di ruangan terbuka. 

2. Chip khusus

Samsung Galaxy S23 menggunakan chipset khusus yang dibuat khusus untuk Galaxy S23 series. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih sering disebut Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. 

Perbedaan dari chipset ini adalah clock speed CPU dan GPU yang digunakan lebih tinggi sehingga mampu melakukan overclock.

3. Baterai

Dibandingkan model sebelumnya, kualitas baterai Samsung Galaxy S23 mengalami peningkatan hingga 3900 mAh. Peningkatan kualitas baterai ini diikuti dengan fitur fast charging 25W. Fitur ini memberikan kemampuan Hp untuk mengisi 50% daya dalam waktu 30 menit saja. 

4. Kamera

Samsung Galaxy S23 dibekali dengan tiga kamera dibagian belakang, yaitu satu kamera utama dengan sensor Samsung S5KGN3 dan dua kamera lainnya dengan sensor samsung S5K3K1. Kamera utamanya memiliki resolusi 5 MP dengan ukuran 1/1,56 inci, sedangkan dua lainnya dibekali dengan resolusi 10 MP dan piksel 1.0.

Selain untuk mengambil gambar, kamera Samsung Galaxy S23 juga dapat merekam video dengan resolusi 4K 60 fps hingga 8k 30. Terdapat pula mode Pro dan Expert RAW yang digunakan bagi Anda yang suka mengedit foto. 

5. Sistem OneUI

Sistem Android 13 dengan OneUI 5.1 menjadi sistem operasi yang digunakan pada Samsung Galaxy S.23. Sistem OneUI 5.1 ini memiliki banyak pembaharuan baru, seperti ukuran ikon yang sedikit lebih besar, efek animasi yang lebih mulus, dan lain-lain. 

Sebagai Hp flagship yang sangat futuristik, Samsung Galaxy S23 memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang tidak dapat diabaikan. Mulai dari layar yang menakjubkan, kamera yang luar biasa, hingga performa baterai yang masih butuh perkembangan. 

Mengenali kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S23 adalah langkah yang sangat baik bagi Anda yang tertarik untuk memilih perangkat ini. Jadi, apakah Anda sudah memutuskan untuk menggunakan Samsung Galaxy S23?

Indorental Percaya bahwa setiap orang berhak memiliki akses ke teknologi terbaik tanpa harus menguras kantong. Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk merasakan kualitas Hp Samsung Galaxy S23 atau model samsung lainnya dengan layanan sewa Hp Samsung

Dengan berbagai pilihan model Samsung, Anda dapat merasakan kualitas teknologi Hp terbaik tanpa ragu. Segera hubungi Indorental sekarang!