Cara Memblok di Laptop Tanpa Mouse agar Praktis

Cara Memblok di Laptop Tanpa Mouse agar Praktis

cara ngeblok di laptop tanpa mouse
Tips dan Trik

Pengguna komputer yang sudah mahir pasti mengetahui cara ngeblok di laptop tanpa mouse. Mereka cukup menekan tuts keyboard untuk menyeleksi sebagian atau seluruh teks dalam suatu dokumen. Fitur ini sangat membantu ketika tidak ada mouse yang bisa dicolok di laptopnya. Anda bisa mempelajari cara seleksi teks memakai keyboard dengan mudah di artikel IndoRental ini.

Anda berurusan dengan software pengolah kata seperti Microsoft Word setiap harinya. Salah satu fitur yang kerap dimanfaatkan oleh pengguna adalah seleksi teks, gambar, dan tabel. Kebanyakan pengguna masih menjalankan fitur tersebut menggunakan mouse atau touchpad laptopnya. Namun, ada cara memblok di laptop tanpa mouse yang lebih mudah dan praktis dilakukan.

Setiap fitur di Microsoft Word dan software lainnya memiliki sejumlah shortcut atau pintasan. Shortcut tersebut berupa kombinasi dua atau lebih tuts keyboard yang ditekan secara bersamaan. Anda tidak perlu lagi mencari-cari ikon dan menu untuk menjalankan sebuah fitur apabila sudah menghafal beberapa shortcut penting tersebut. Pekerjaan pun lebih cepat selesai karena otak dan jari Anda hanya fokus bekerja di keyboard laptop.

Apa Tujuan Blok Teks di Word?

Seperti yang diketahui, Microsoft Word menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pengeditan teks. Salah satu fitur yang tersedia adalah blok teks.

Melalui fitur ini, Anda dapat dengan cepat memilih semua objek seperti teks, kata-kata, gambar, atau tabel yang ada di dalam dokumen Word. Setelah dipilih, pengguna dapat mengedit atau menghapus objek tersebut tanpa perlu melakukan seleksi satu per satu.

Selain itu, setelah semua objek diblok, kita juga dapat menyalinnya dan menggunakannya untuk keperluan lain.

Bagaimana Cara Memblok di Laptop Tanpa Mouse yang Mudah?

Anda pasti sudah hafal dengan cara memblok teks dengan mouse laptop. Caranya pun mudah, yakni meletakkan kursor di bagian awal teks yang ingin diseleksi, kemudian klik dan tahan bagian kiri mouse pad sambil menggesernya sampai selesai. Langkah yang sama berlaku pula jika Anda menggunakan touchpad, yakni drag touchpad tanpa terputus hingga mencapai bagian akhir teksnya.

Namun, bagaimana jika teks, gambar atau tabel yang hendak diseleksi sangat panjang atau berukuran besar? Anda bisa saja memblok teks menggunakan mouse, tetapi langkah tersebut hanya membuang-buang waktu. Belum lagi, tangan dan mata Anda akan merasa lelah karena harus menahan mouse atau touchpad sampai selesai. Jika konsentrasinya buyar, mau tidak mau Anda harus mengulangi langkah tersebut dari awal.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Daripada menerapkan cara di atas, IndoRental mempunyai tips ampuh memblok teks di laptop tanpa harus menggunakan mouse atau touchpad. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Memblok Beberapa Bagian Dokumen

Cara ini dilakukan jika Anda hanya mau blok teks beberapa kalimat, paragraf, atau halaman dalam suatu dokumen. Ikuti cara di bawah ini untuk melakukannya.

  • Letakkan kursor di bagian awal teks, gambar, atau tabel yang ingin diblok.
  • Klik tombol Shift dan salah satu tombol panah secara bersamaan sesuai arah teks yang ingin diblok.
    • Tombol panah atas untuk seleksi teks ke arah atas. Beberapa kata atau kalimat dalam satu baris sudah diblok secara otomatis menggunakan perintah ini.
    • Tombol panah bawah untuk seleksi teks ke arah bawah. Sama seperti tombol panah atas, perintah ini juga memblok beberapa kata atau kalimat dalam satu baris.
    • Tombol panah kiri untuk seleksi teks ke arah kiri. Perintah ini memblok tulisan per hurufnya.
    • Tombol panah kanan untuk seleksi teks ke arah kanan. Sama seperti tombol panah kiri, perintah ini juga hanya memblok tulisan per hurufnya.
  • Jika ingin memblok satu kata secara langsung, tekan tuts Shift+ Alt+ tombol panah kanan atau kiri.
  • Jika ingin menyeleksi satu paragraf sekaligus, tekan tuts Shift+ Alt+ tombol panah atas atau bawah.
  • Apabila terjadi kesalahan dalam menyeleksi teks, jangan khawatir. Anda bisa menekan tombol panah kiri atau atas sembari menahan tuts Shift untuk menghilangkan bloknya.

Langkah tersebut bisa pula diterapkan dalam dokumen format PDF atau halaman website berisi teks. Perbedaannya terletak pada langkah awalnya, di mana Anda harus menyeleksi bagian awal teksnya dengan mouse, kemudian meneruskan bloknya menggunakan beberapa kombinasi tuts keyboard di atas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri?

2. Memblok Seluruh Bagian Dokumen

Cara kedua dilakukan apabila Anda ingin memblok seluruh isi dokumen, termasuk gambar dan tabel di dalamnya. Anda lebih banyak menghemat waktu karena langkah ini cukup dilakukan dengan menekan dua kombinasi tuts keyboard. Begini cara memblok seluruh dokumennya:

  1. Letakkan kursor di area dokumen.
  2. Tekan tombol Ctrl dan huruf A (Ctrl + A) secara bersamaan.
  3. Seluruh bagian dokumen Anda sudah terblok secara otomatis.

Sayangnya, opsi ini kurang efektif jika Anda hanya ingin memblok teks dari halaman website. Ketika Anda menekan tombol Ctrl + A, seluruh bagian halaman website ikut terblok, termasuk gambar dan pranala (link) di dalamnya. Semua bagian tersebut pun ikut muncul di dokumen target jika Anda melakukan copy dan paste. Akibatnya, tampilan halaman dokumen target yang sudah disusun menjadi berantakan dan Anda harus merapikan layout-nya kembali. 

3. Memblok Teks Menggunakan Extend Mode

Fungsi Extend Mode mempermudah pemblokiran teks, gambar, dan tabel untuk disalin dan dipindahkan ke lokasi lain. Aktivasi mode ini dapat mengubah kebiasaan Anda saat menarik teks secara manual dari atas ke bawah.

Cukup tekan F8 untuk mengaktifkan Extend Mode; tekan 2 kali untuk memblok satu kata, 3 kali untuk satu kalimat, dan F8 empat kali untuk satu paragraf. Jika ditekan 5 kali, seluruh teks akan diblok. Mouse juga dapat digunakan untuk pemblokiran saat Extend Mode aktif. Teknik yang sama dapat diterapkan dengan menekan CTRL dan Shift bersamaan dengan F8.

Mode ini dapat dimatikan dengan menekan Esc atau Escape. Extend Mode sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan pengetikan dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

Baca Juga: Cara Beberapa Menggabungkan File Menjadi Satu Folder

Tiga langkah di atas cukup praktis dan mudah dilatih, bukan? Praktikkan dua cara ngeblok di laptop tanpa mouse di atas sampai Anda terbiasa menggunakannya. Anda tidak perlu repot atau bingung lagi apabila mouse atau touchpad laptop sedang rusak dan harus diperbaiki.

Jika touchpad laptop Anda rusak, segera bawa ke service center untuk melakukan reparasi agar bisa digunakan kembali. Selagi menunggu laptopnya selesai diperbaiki, Anda bisa menyewa laptop di IndoRental untuk membereskan pekerjaan. IndoRental juga hadir dan menyediakan jasa sewa laptop Bandung bagi warga kota kembang dan sekitarnya. Kami memiliki laptop dengan berbagai tipe dan spesifikasi sesuai kebutuhan pekerjaan Anda. Hubungi tim IndoRental dan dapatkan harga sewa laptop spesial sesuai jangka waktu penyewaan yang diinginkan. 

Semoga cara ngeblok di laptop tanpa mouse di atas membantu Anda sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.