Memahami 11 Cara Membersihkan Laptop bagian Dalam dengan Benar

Memahami 11 Cara Membersihkan Laptop bagian Dalam dengan Benar

cara membersihkan laptop bagian dalam
Tips dan Trik

Laptop harus rutin dibersihkan supaya terhindari dari kerusakan akibat penumpukan debu atau remah-remah makanan yang masuk pada sela-sela keyboard. Cara membersihkan laptop bagian dalam maupun luar dapat Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan peralatan sederhana, seperti kapas, kain microfiber, cotton bud, dan cairan pembersih khusus. 

Untuk membersihkan laptop bagian dalam, tentu Anda harus membongkar casing laptop terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan obeng dengan ukuran yang pas untuk membongkarnya. Setelah itu, apa yang harus dilakukan? Simak cara membersihkan laptop selengkapnya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Membersihkan Laptop Bagian Dalam?

Sebelum membersihkan laptop bagian dalam, pastikan laptop dalam keadaan mati atau sedang tidak di charge. Setelah itu, Anda dapat mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, seperti kapas, cairan pembersih, tisu dan lain sebagainya. Untuk cara-caranya dapat Anda simak pada uraian berikut ini.

1. Matikan Laptop dari Aliran Listrik

Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa pastikan untuk mematikan laptop dan melepaskan aliran listrik dari stop kontak. Tindakan ini akan menghindari kemungkinan terjadinya insiden kebakaran saat membersihkan laptop dengan menggunakan kain yang lembab, selain itu juga dapat mencegah terjadinya kejutan listrik.

2. Bongkar Laptop

Untuk membersihkan perangkat bagian dalam, Anda harus membongkar laptop terlebih dahulu. Gunakan obeng untuk membuka casing laptop dan pastikan juga ukurannya pas. Jika Anda salah memilih ukuran obeng, bisa merusak kembangan mur atau baut di laptop Anda. Jadi, cari obeng yang pas dengan ukuran baut di laptop Anda. 

3. Lepaskan Beberapa Perangkat Lainnya

Setelah membuka casing laptop, lepaskan baterai laptop dan beberapa perangkat lainnya seperti keyboard, monitor, permukaan laptop, dan lain sebagainya. Perangkat ini sebaiknya dibersihkan juga untuk menjaga kebersihan laptop Anda.

4. Bersihkan Kipas Pendingin

Salah satu perangkat bagian dalam yang penting untuk dibersihkan yaitu kipas pendingin. Anda dapat menggunakan kapas, tisu, dan cotton bud untuk membersihkan debu yang menumpuk. Gunakan juga cairan pembersih supaya hasilnya lebih maksimal. Lakukan pembersihan dengan hati-hati supaya tidak merusak komponen lainnya.

Baca Juga: Mengetahui Cara Membersihkan Speaker Laptop

Selain menggunakan kapas dan larutan pembersih, Anda bisa memakai kompresor udara yang dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan debu kipas. Membersihkan kipas pendingin dengan kompresor memang lebih praktis, efisien, dan cepat. 

5. Bersihkan LCD

Selain membersihkan kipas pendingan, penting juga untuk membersihkan layar laptop Anda. Direkomendasikan menggunakan pembersih khusus LCD supaya tidak merusak layar. Semprotkan cairan pembersih pada kain microfiber dan usap layar secara menyeluruh. Untuk laptop non LCD, Anda bisa membersihkannya hanya dengan air biasa. 

6. Bersihkan Keyboard

Keyboard laptop Anda sangat perlu dibersihkan, lantaran debu atau remah-remah makanan biasanya masuk pada sela-sela tombol keyboard. Jika laptop Anda sedang dalam keadaan tidak dibongkar, untuk membersihkan keyboard dapat dilakukan menggunakan kuas , cutton bud, atau kapas yang dibasahi alkohol isopropil. Alkohol ini lebih cepat menguap, sehingga mengurangi risiko air masuk ke sela-sela. 

Baca Juga: 6 Cara Merawat Laptop dengan Tepat Agar Tak Mudah Rusak

7. Bersihkan Port Di Bagian Samping Laptop

Untuk membersihkan port, Anda dapat mengambil cotton bud dan celupkan ujungnya sedikit ke dalam alkohol pembersih. Kemudian bersihkan seluruh port di laptop Anda dengan hati-hati. Pastikan tidak ada debu yang tersisa di dalam port tersebut. 

8. Bersihkan Sisa Debu dan Kotoran di Sela Laptop Lainnya

Selain melakukan pembersihan keyboard dengan cotton bud, Anda bisa menggunakan air duster atau semprotan udara untuk menghilangkan debu dan partikel-partikel kecil yang masih tersisa di komponen laptop lainnya.

Alternatif alat lain yang bisa digunakan adalah kemoceng. Ketika membersihkan komponen laptop, kemoceng dapat digunakan untuk mengangkat debu dan partikel yang mungkin ada di dalamnya. Selain itu, kemoceng juga berguna untuk membersihkan debu yang menumpuk di pinggiran layar laptop. Selain itu, kemoceng juga bisa dipakai untuk membersihkan perangkat lain seperti kamera dan speaker laptop.

Baca Juga: Temukan 5 Cara Membersihkan Laptop Yang Lemot Dengan Efektif

9. Keringkan Area Basah dengan Kain Lap Microfiber

Sebelum memasang kembali semua komponen yang telah dibongkar, pastikan perangkat yang sudah dibersihkan dalam keadaan bersih dan kering. Lap keseluruhan perangkat laptop Anda menggunakan kain mikrofiber untuk memastikan tidak ada air yang masuk ke laptop.

10. Pasang Kembali Komponen yang Telah Dibongkar

Jika semua komponen telah dibersihkan dengan baik, Anda dapat memasang kembali komponen yang telah dibongkar, seperti baterai, monitor, dan terakhir casing laptop. Selalu ingat untuk melakukannya dengan hati-hati supaya tidak merusak komponen lainnya.

11. Bersihkan Perangkat Eksternal

Tidak lengkap rasanya kalau hanya membersihkan bagian dalam laptop, Anda bisa sekaligus membersihkan perangkat eksternal seperti mouse atau hardisk agar bebas dari debu dan kotoran lainnya. Anda hanya perlu menyekanya dengan kain yang telah dibasahi dengan air atau alkohol. 

Nah, itu dia cara membersihkan laptop bagian dalam dengan benar. Cukup mudah bukan? Anda hanya perlu melakukannya dengan hat-hati, sebab bisa merusak komponen lainnya jika dilakukan sembarangan. 

Jika laptop Anda mengalami kerusakan, lakukan sewa laptop di IndoRental untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Terdapat berbagai spesifikasi laptop yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harganya pun terjangkau. Tunggu apalagi? Hubungi kami segera untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.