6 Cara Merawat Baterai HP agar Lebih Tahan Lama

6 Cara Merawat Baterai HP agar Lebih Tahan Lama

cara merawat baterai hp agar awet
Teknologi

Baterai adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah handphone (HP). Tanpa baterai yang awet, HP Anda tidak akan berfungsi dengan optimal dan mungkin mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski memiliki intensi untuk merawatnya, kebanyakan pengguna secara tidak sadar justru melakukan kebiasaan buruk yang berdampak negatif pada daya tahan baterai HP mereka. Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan Anda mempelajari cara merawat baterai HP agar awet dalam artikel ini!

6 Cara Merawat Baterai HP agar Awet

Merawat baterai HP dengan baik tidak hanya memperpanjang umur penggunaannya, tetapi juga memastikan bahwa HP selalu siap digunakan kapan pun Anda membutuhkannya. Berikut beberapa cara praktis yang bisa Anda terapkan untuk menjaga baterai HP tetap awet dan berfungsi dengan optimal.

1. Hindari Penggunaan HP saat Diisi Daya

Menggunakan HP saat sedang diisi daya dapat meningkatkan suhu baterai dan memperpendek umurnya. Ketika Anda menggunakan HP sambil charging maka daya yang masuk ke baterai langsung digunakan untuk menjalankan aplikasi sehingga mengurangi efisiensi pengisiannya. Selain itu peningkatan suhu yang terjadi saat penggunaan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal baterai. Untuk menjaga kesehatan baterai, sebaiknya biarkan HP terisi penuh tanpa gangguan.

2. Gunakan Charger Asli atau Berkualitas

Menggunakan charger yang tidak asli atau berkualitas rendah juga dapat merusak baterai HP Anda. Charger asli dari pabrikan biasanya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan daya perangkat dengan aman. Kemudian charger yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan overcharging atau pengisian daya yang tidak stabil yang pada akhirnya merusak baterai. Jika charger asli rusak atau hilang, pastikan Anda membeli charger pengganti yang memiliki kualitas sama.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Samsung yang Bisa Wireless Charging

3. Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Membiarkan baterai habis total sebelum diisi ulang bisa memperpendek umur baterai. Baterai lithium-ion, yang umum digunakan pada HP modern, lebih baik diisi ulang ketika kapasitasnya mencapai sekitar 20-30%. Mengisi daya pada tingkat yang lebih rendah ini membantu menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang masa pakainya. Sebaliknya, membiarkan baterai habis sepenuhnya secara rutin dapat menyebabkan degradasi lebih cepat.

4. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa merusak baterai HP. Usahakan untuk menyimpan dan menggunakan HP Anda pada suhu ruangan yang normal. Paparan suhu ekstrem, seperti meninggalkan HP di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari atau di tempat yang sangat dingin akan menyebabkan kerusakan permanen pada baterai.

5. Update Perangkat Lunak secara Teratur

Pembaruan perangkat lunak tidak hanya memberikan fitur baru dan peningkatan keamanan, tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan baterai. Produsen HP sering kali merilis pembaruan yang mengoptimalkan kinerja baterai dan memperbaiki bug. Jadi pastikan HP Anda selalu menggunakan versi perangkat lunak terbaru untuk mendapatkan manfaat ini.

6. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi dapat menguras baterai dengan cepat jika dibiarkan aktif tanpa digunakan. Matikan fitur-fitur tersebut saat tidak diperlukan untuk menghemat daya baterai. Kemudian Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan sinkronisasi otomatis dan notifikasi untuk mengurangi konsumsi daya. Mematikan fitur yang tidak diperlukan merupakan langkah sederhana yang efektif untuk memperpanjang umur baterai HP Anda.

Baca Juga: 5 HP Vivo NFC dibawah 3 Juta: Fitur, Performa, dan Keunggulannya

Tips Menjaga HP Secara Keseluruhan untuk Penggunaan Jangka Panjang

Merawat HP secara keseluruhan sangat penting untuk memastikan perangkat Anda tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. Berikut beberapa tips praktis untuk menjaga HP Anda dalam kondisi terbaiknya.

1. Gunakan Pelindung Layar dan Casing

Pelindung layar dan casing sangat penting untuk melindungi HP dari goresan, benturan, atau kerusakan fisik lainnya. Pelindung layar dapat mencegah goresan yang merusak tampilan layar, sedangkan casing akan melindungi bodi HP dari benturan dan jatuh yang bisa menyebabkan kerusakan serius. Oleh sebab itu pastikan Anda memilih pelindung layar dan casing berkualitas tinggi untuk memberikan perlindungan maksimal.

2. Bersihkan HP Secara Rutin

Debu dan kotoran dapat menumpuk pada HP Anda, terutama di area port, speaker, dan tombol. Bersihkan HP Anda secara rutin menggunakan kain lembut dan alat pembersih yang sesuai. Hindari penggunaan cairan pembersih yang keras atau berlebihan, karena dapat merusak permukaan HP.

3. Kelola Penyimpanan dengan Baik

Penyimpanan yang penuh bahkan dapat memperlambat kinerja baterai HP dan membuatnya tidak responsif. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menghapus file, foto, dan aplikasi yang tidak diperlukan. Kemudian Anda juga dapat memanfaatkan layanan cloud untuk menyimpan data penting dan mengurangi beban pada penyimpanan internal HP.

Baca Juga: 12 Cara Meningkatkan Performa HP Oppo Saat Main Game dengan Efektif

Sewa Handphone Android Fleksibel di Indorental

Penggunaan HP yang krusial untuk membantu melakukan berbagai aktivitas tentunya perlu Anda rawat sebagai mungkin. Namun apabila HP Anda tidak bisa lagi digunakan, tak ada salahnya mencoba melakukan sewa handphone Android di Indorental. 

Banyaknya pilihan HP yang bisa dipilih tentu memudahkan Anda untuk memilihnya berdasarkan kebutuhan penggunaan. Periode waktu sewa di Indorental bahkan sangat fleksibel. Anda bisa menyewa harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. 

Bila diperlukan, Indorental bahkan menyediakan jasa sewa HP dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan kantor. 

Butuh perangkat elektronik lainnya? Tenang saja! Indorental menyediakan beragam perangkat elektronik dengan kualitas terbaik yang disewakan untuk menyukseskan berbagai acara krusial. Penyewaan proyektor, TV, protofon (alias walkie talkie), laptop, hingga barcode scanner, semuanya bisa Anda temukan dengan mengunjungi website Indorental sekarang juga!

Semoga cara-cara merawat baterai HP agar awet di atas bermanfaat dan membuat aktivitas Anda makin produktif!
banner-indorental-diskon-untuk-sewa-perusahaan