7 Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android dengan Mudah dan Ampuh

7 Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android dengan Mudah dan Ampuh

cara menghilangkan pop up iklan di android
Tips dan Trik
Saat iklan tiba-tiba muncul di ponsel Android, Anda pasti merasa terganggu bukan? Anda bisa mencari cara menghilangkan pop-up iklan di Android untuk menghentikan iklan tersebut. Iklan di Android bisa jadi berisi malware yang mengancam keamanan Android Anda. Untuk itu, sebaiknya iklan tersebut dihilangkan daripada membahayakan ponsel Anda. Bagaimana caranya? Mari simak uraian lengkap di bawah ini.

Apa Itu Pop-Up Iklan di Android?

Pop-up iklan merupakan jenis iklan yang muncul secara tiba-tiba dan tampil secara penuh di layar ponsel Android Anda. Pop-up ini biasanya muncul saat Anda menjelajahi internet atau menggunakan aplikasi tertentu. Pop-up iklan bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas pengalaman Anda saat berselancar di internet. Ada berbagai bentuk pop-up iklan yang biasanya muncul, seperti tautan atau iklan berteks, dan biasanya memiliki tombol close yang memungkinkan Anda untuk menutup iklan tersebut. Namun, beberapa jenis pop-up iklan memiliki tombol close yang tersembunyi atau tidak jelas, sehingga sulit untuk menutup iklan tersebut. Dalam beberapa kasus, pop-up iklan dapat mengandung malware atau virus yang dapat merugikan perangkat Anda. Untuk menghindari pop-up iklan pada perangkat Android Anda, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi anti-pop-up atau pemblokir iklan. Anda juga dapat mematikan opsi pop-up pada browser web yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat mengatasi pop-up iklan dengan mematikan iklan pada pengaturan aplikasi tertentu. Sebagian besar aplikasi gratis di Google Play Store mengandung iklan dan pop-up iklan merupakan salah satu jenis iklan yang paling umum. Untuk menghindari pop-up iklan, Anda dapat membeli versi berbayar dari aplikasi yang Anda gunakan.
Baca Juga: Apa Itu Chipset HP Android? Ini Fungsi Dan Jenis-Jenisnya 

Bagaimana Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android?

Cara menghilangkan pop-up iklan di Android sebagian telah diuraikan pada penjelasan sebelumnya. Jadi, Anda perlu menonaktifkan beberapa pengaturan agar pop-up iklan ini tidak muncul dan mengganggu Anda. Supaya lebih jelas lagi bagaimana cara menghilangkan pop up iklan tersebut, mari simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Aplikasi pemblokir iklan seperti AdBlock atau AdGuard dapat membantu menghilangkan pop-up iklan pada perangkat Android Anda. Aplikasi ini bekerja dengan memblokir tautan iklan sebelum muncul pada layar. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store dan mengaktifkannya untuk memblokir iklan pada semua aplikasi dan situs web yang Anda kunjungi.

2. Mematikan Opsi Pop-up pada Browser Web

Beberapa browser web memiliki opsi untuk mematikan pop-up iklan. Anda dapat mematikan opsi ini pada pengaturan browser Anda. Caranya bervariasi tergantung pada browser web yang Anda gunakan untuk browsing, namun biasanya dapat ditemukan pada bagian privacy atau security. Jika Anda menggunakan Google Chrome, cara memastikan pop-up iklan ini bisa dilakukan dengan memilih menu privacy atau security pada pengaturan web tersebut. Bisa juga dengan menghapus riwayat pencarian, maka pop-up iklan tersebut akan ikut terhapus dan menghilang.

3. Menonaktifkan Iklan pada Pengaturan Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan iklan. Caranya bervariasi tergantung pada aplikasi tersebut. Namun, Anda biasanya dapat menemukan opsi ini pada bagian settings atau options. Jika aplikasi tersebut mengandung iklan, menonaktifkan opsi ini dapat membantu menghilangkan pop-up iklan tersebut.

4. Mengaktifkan Fitur Play Protect

Google Play Protect dapat melindungi perangkat Android Anda dari aplikasi yang berisi iklan yang berbahaya. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut.
  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Klik ikon profil pada bagian kanan atas.
  • Pilih Play Protect, lalu klik Settings.
  • Aktifkan Scan Apps dengan Play Protect.

5. Matikan Jaringan Wifi atau Seluler

Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan iklan dari aplikasi yang tetap bisa Anda gunakan meski sedang offline. Saat menampilkan iklan, aplikasi akan mengunduh materi iklan terlebih dahulu dari internet. Saat koneksi internet mati, aplikasi tidak bisa mengunduh materi iklan tersebut. Sedangkan aplikasi yang bisa diakses secara offline tetap bisa berjalan meski tidak terhubung ke internet. Cara ini juga dapat melindungi ponsel Android Anda dari malware. 

6. Gunakan Versi Berbayar dari Aplikasi

Sebagian besar aplikasi gratis di Google Play Store mengandung iklan, termasuk pop-up iklan. Untuk menghilangkannya, Anda dapat membeli versi berbayar dari aplikasi yang Anda gunakan. Versi berbayar biasanya tidak mengandung iklan dan memiliki fitur tambahan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi gratis yang tidak mengandung iklan. Namun, aplikasi ini biasanya tidak memiliki fitur yang lengkap.

7. Menonaktifkan Pop-Up Iklan Mozilla Firefox

Perlu diketahui dalam menghilangkan iklan di HP Android, bahwa aplikasi Mozilla Firefox tidak memiliki fitur bawaan untuk menonaktifkan iklan secara default. Oleh karena itu, Anda harus menambahkan extension pemblokir iklan dari situs Firefox untuk bisa menghentikan munculnya notifikasi pop-up iklan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi Mozilla Firefox di HP Android Anda.
  • Klik pada menu tiga titik di pojok kanan bawah layar.
  • Pilih opsi “Add-ons.”
  • Klik ikon “+” untuk memilih dan menambahkan extension pemblokir iklan yang Anda inginkan.
  • Setelah selesai, pop-up iklan tidak akan muncul lagi saat Anda browsing menggunakan Firefox.
Dengan menambahkan extension pemblokir iklan ini, Anda dapat mengalami pengalaman menggunakan browser internet dengan lebih lancar tanpa gangguan iklan yang tidak diinginkan.
Baca Juga: 3 Cara Cek Frekuensi Jaringan Di HP Android Dan Iphone

Bagaimana Cara Mengizinkan Pop-Up Iklan di Android?

Apabila Anda ingin mengizinkan pop-iklan muncul saat Anda sedang scrolling ponsel Android, Anda bisa mengubah beberapa pengaturan, baik pada ponsel maupun aplikasi yang hendak Anda gunakan. Berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan.

1. Mengaktifkan Pop-up pada Browser Web

Beberapa browser web memiliki opsi untuk mematikan atau mengaktifkan pop-up iklan. Jika pop-up iklan sebelumnya telah diblokir, Anda dapat mengaktifkan kembali opsi pop-up melalui pengaturan browser. Anda bisa masuk ke bagian pengaturan, lalu temukan menu privacy atau security untuk mengizinkan pop-up iklan tetap muncul.

2. Mengaktifkan Iklan pada Pengaturan Aplikasi

Cara mengaktifkan iklan pada aplikasi hampir sama seperti saat Anda menonaktifkan iklan tersebut. Anda bisa mencari opsi settings atau options pada aplikasi, lalu aktifkan opsi untuk menampilkan pop-up iklan. Jika Anda membuka aplikasi, maka pop-up iklan tersebut akan muncul.

3. Menghapus Aplikasi Pemblokir Iklan

Jika Anda menggunakan aplikasi pemblokir iklan seperti AdBlock atau AdGuard, Anda dapat menghapus aplikasi tersebut untuk mengizinkan pop-up iklan. Ini akan memungkinkan pop-up iklan muncul pada perangkat Android Anda. Apabila Anda tidak ingin menghilangkan pop-up iklan, maka sejak awal menggunakan aplikasi atau mengunjungi website tertentu, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pemblokir iklan.

4. Menggunakan Versi Gratis dari Aplikasi

Sebagian besar aplikasi berbayar di Google Play Store tidak mengandung iklan, termasuk pop-up iklan. Untuk mengizinkan pop-up iklan, Anda dapat menggunakan versi gratis dari aplikasi yang Anda gunakan. Versi gratis biasanya mengandung iklan dan memiliki fitur yang terbatas. Cara menghilangkan pop-up iklan di Android dan mengaktifkannya kembali bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang sama. Untuk menghilangkan pop-up iklan dengan mudah dan ampuh, Anda bisa menggunakan aplikasi ketiga agar Android Anda tidak terkena malware atau virus yang berbahaya.
Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini 5 Perbedaan Android TV dan Smart TV Sebelum Membelinya!
Jika Android Anda terkena malware, bisa jadi mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan. Kalau sudah begini, kebutuhan komunikasi Anda sehari-hari menjadi terbatas. Dalam kondisi ini, Anda bisa sewa handphone Android di IndoRental. IndoRental menyediakan jenis handphone Android yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. IndoRental juga menawarkan sewa handphone untuk berbagai keperluan event dalam jumlah besar. Anda bisa sewa handphone mulai dari mingguan, bulanan, hingga tahunan. Langsung saja cek handphone yang Anda perlukan di website IndoRental sekarang juga agar bisa segera dikirimkan dengan cepat!