Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah

Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah

cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus
Tips dan Trik

Anda pasti pernah menemukan folder yang sulit dihapus dan bingung bagaimana cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus. Laptop atau komputer memiliki kemampuan untuk menyimpan sebuah dokumen atau folder dengan aman tanpa bahaya terhapus otomatis. Namun, beberapa folder yang tidak lagi dibutuhkan sangat sulit untuk dihapus dan dihilangkan dari perangkat.

Seharusnya, folder dapat Anda hilangkan secara mudah dengan menekan tombol delete pada keyboard. Saat muncul folder yang sulit untuk dihapus dari perangkat Anda, IndoRental akan membagikan cara yang dapat Anda coba untuk menghapus folder tersebut.

Mengapa Folder Tidak Bisa Dihapus?

Sebelum mencoba cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini membantu Anda untuk menemukan langkah yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut. Berikut merupakan beberapa alasan folder tidak dapat dihapus dari laptop atau komputer:

  • File yang berada di dalam folder masih terbuka dan dijalankan, sehingga perlu memastikan bahwa program atau file telah tertutup.
  • Folder terkena virus sehingga akan tetap muncul kembali meskipun telah dihapus dengan cara manual.
  • Folder memiliki proteksi yang kuat. 
  • Dalam satu laptop atau komputer, terdapat beberapa profil pengguna yang berbeda. Anda mungkin tidak merasa memiliki, tetapi bisa jadi profil pengguna lain yang membuat folder tersebut.

Bagaimana Cara Menghapus Folder Yang Tidak Bisa Dihapus di Laptop Windows?

Mengetahui penyebab dari suatu permasalahan dapat membantu Anda menentukan cara yang tepat untuk menghapus folder yang tidak bisa dihapus. Terdapat 4 cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus pada laptop atau komputer Anda. Caranya yaitu:

1. Menghentikan atau Menutup Program

Sebuah folder yang berisi file atau program sedang dibuka atau dijalankan, tidak dapat dihapus dari laptop atau komputer. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus menutup jendela program atau file. Setelah itu, coba kembali untuk menghapus folder. 

2. Penggunaan CMD

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba untuk menghapus folder adalah menggunakan CMD. Selain dapat menampilkan file yang tersembunyi, CMD juga dapat digunakan untuk menghapus folder yang tidak bisa dihapus. Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka fitur CMD pada laptop atau komputer. Kemudian klik pada pilihan command prompt
  • Selanjutnya terdapat beberapa menu yang muncul, pilih run as administrator. Setelah itu akan muncul tampilan CMD.
  • Dalam tampilan tersebut, ketik DEL/F/Q/A/C:\users\nama perangkat\lokasi folder\nama folder dan tekan enter. Berikut ini merupakan contoh penulisan DEL/F/Q/A/C:\users\LaptopBudi\local disk(D)\Foto. 
  • Jika proses di atas berhasil, maka penghapusan folder telah selesai. Folder yang tidak bisa dihapus akan otomatis terhapus oleh sistem.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Laptop dengan Benar

3. Ubah Akun Menjadi Administrator

Untuk memiliki akses menghapus seluruh folder pada perangkat, pastikan akun Anda sebagai administrator dalam perangkat tersebut. Ubah profil pengguna atau akun pada perangkat menjadi administrator dan hapus folder yang tidak diinginkan atau folder asing yang tidak diketahui asalnya. Cara ini berlaku bagi laptop atau komputer yang memiliki lebih dari 1 akun atau profil pengguna dalam satu perangkat.

4. Menggunakan Software 

Langkah terakhir yang dapat Anda coba untuk menghapus folder yang tidak bisa dihapus adalah menggunakan software. Langkah ini merupakan cara terbaik sebab sudah pasti akan berhasil menghapus segala folder dengan berbagai permasalahan. Rekomendasi software yang dapat Anda coba antara lain Free Unlocker, Delete Doctor, dan Wise Force Deleter. 

Baca Juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mendownload software yang tersedia pada situs web masing-masing dan install pada laptop atau komputer Anda. Selanjutnya, pilih folder yang akan dihapus dan klik tombol OK. Akan muncul sebuah jendela dengan dropdown yang menyediakan beberapa pilihan, pada bagian ini pilih delete dan klik OK. 

Selanjutnya, software akan memproses penghapusan dan folder telah terhapus secara otomatis.

Itu tadi merupakan beberapa cara untuk menghapus folder yang bermasalah. Sebelum memilih untuk menggunakan software, perhatikan terlebih dahulu apakah file di dalam folder tertutup dan akun yang digunakan adalah administrator. 

Apabila cara di atas masih tetap tidak dapat membantu Anda menghapus folder, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah melakukan resetulang pada laptop atau komputer. Terlebih ketika folder bermasalah akibat terserang virus. 

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Google Drive

Dalam beberapa kasus, diantara Anda mungkin pernah mengalami file atau folder yang disimpan di Google Drive tidak dapat dihapus. Padahal, cara menghapus file di Drive jauh lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa faktor yang menyebakan file atau folder di Google Drive tidak bisa dihapus.

Salah satu faktornya kemungkinan besar file tersebut sedang Anda buka di folder atau tab lainnya. Selain itu, file atau folder tersebut sedang dihubungkan dengan akun Google Drive lainnya. Maka mau tidak mau, permasalahan itu harus diatasi terlebih dulu. Pastikan file atau folder Anda tidak sedang dibuka di tab lain, serta pastikan juga tidak dihubungkan dengan akun Google Drive lain. Jika sudah, seperti ini cara menghapusnya:

Langkah Pertama: Buka Google Drive, kemudian pilih file atau folder yang akan Anda hapus.

Langkah KeduaKlik kanan pada file atau folder tersebut, lalu pilih Remove/Hapus

Dan selesai, file akan otomatis terbuang ke Bin atau tempat sampah di Google Drive. Perlu diketahui bahwa, file atau folder tersebut akan terhapus permanen apabila sudah berada di Drive Bin lebih dari 30 hari.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Flashdisk dengan Mudah dan Cepat

Untuk memastikan proses reset yang aman, disarankan untuk membawa laptop ke teknisi profesional agar menghindari timbulnya masalah lain. Proses reset dan backup seluruh data mungkin membutuhkan beberapa waktu, Anda bisa melakukan sewa laptop di IndoRental sebagai solusi kebutuhan penggunaan laptop untuk sementara waktu. 

IndoRental menyediakan laptop dengan segala ukuran dan spesifikasi sesuai yang Anda butuhkan. Selain satuan, IndoRental juga menyewakan laptop dalam jumlah banyak untuk kebutuhan acara. Melalui informasi cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, hubungi IndoRental sekarang juga untuk solusi penyewaan perangkat laptop.