8 Perbedaan Snapdragon dan Mediatek, Mana Yang Terbaik?

8 Perbedaan Snapdragon dan Mediatek, Mana Yang Terbaik?

perbedaan snapdragon dan mediatek
Teknologi

Familiar dengan Snapdragon dan Mediatek? Kedua nama tersebut merupakan brand chipset atau prosesor yang populer digunakan tidak hanya di smartphone, melainkan laptop juga. Sama-sama berkualitas unggul, mengetahui perbedaan Snapdragon dan Mediatek dapat membantu Anda menentukan mana yang terbaik.

Chipset sendiri merupakan salah satu komponen penting untuk performa sebuah ponsel smartphone. Fungsi dari chipset sendiri adalah sebagai pemroses data, pemroses gambar visual, media penyimpanan, konektor internet, pemroses data audio dan signal serta sebagai sistem keamanan perangkat. Komponen dari chipset saling terhubung satu sama lain untuk menciptakan performa sempurna dari sebuah smartphone atau laptop.

Apabila menemukan perangkat dengan chipset Snapdragon, biasanya memiliki harga lebih mahal dari chipset Mediatek. Mengapa? Hal ini dikarenakan perbedaan kualitas dari kedua jenis chipset ini baik dari kualitas grafis hingga penggunaan RAM. Anda dapat menyimak informasi lengkap mengenai perbedaan Snapdragon dan Mediatek di bawah ini.

Apa Itu Snapdragon?

Sering mendengar promosi smartphone mengenai penggunaan chipset Snapdragon? Produk ini merupakan keluaran Qualcomm, perusahaan teknologi multinasional ternama yang terkenal dengan berbagai produk unggul semikonduktor dan perangkat lunaknya. Nama besar Qualcomm sendiri telah masuk dalam pasar bursa efek NASDAQ dengan nilai saham mencapai $119 USD.

Snapdragon adalah produk sistem on chip dari Qualcomm, populer digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android. Peluncuran Snapdragon pertama kali terjadi pada November 2007. Berasal dari kata ‘Snap’ dan ‘Dragon’ yang berarti kecepatan serta keganasan. Versi pertama yaitu Snapdragon QSD8250 menawarkan kecepatan pemrosesan hingga 1 GHz. Berada di bawah nama besar Qualcomm, Snapdragon berhasil merajai pasar teknologi chipset.

Saat ini, Snapdragon tidak hanya dipergunakan untuk performa smartphone tetapi juga perangkat laptop. Dalam chipset Snapdragon, beberapa komponen saling terhubung yaitu prosesor atau CPU, Graphic Processing Unit (GPU), sistem memori, sistem audio, wireless modem, Digital Signal Processor (DSP), Image Signal Processor (ISP), dan Qualcomm Mobile Security.

Baca Juga: Apa Itu Chipset HP Android? Ini Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Snapdragon?

Meskipun Snapdragon merupakan produk unggulan Qualcomm, Anda perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Ini akan membantu Anda untuk mempertimbangkan apakah Snapdragon cocok memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan budget yang disiapkan. Bersaing sengit dengan Mediatek, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Snapdragon.

Kelebihan

Hal pertama yang menjadi kelebihan dari Snapdragon adalah menawarkan performa grafis maksimal. Qualcomm sendiri identik dengan penggunaan teknologi mutakhir di setiap produknya, berlaku juga untuk Snapdragon. CPU yang digunakan oleh Snapdragon merupakan kualitas terbaik, bukan hanya CPU Core standar. Maka tidak heran, apabila Snapdragon mampu menghasilkan performa grafis unggul dibandingkan pesaingnya yaitu Mediatek.

Snapdragon juga memiliki kinerja prosesor yang lebih cepat. Tidak hanya memiliki performa cepat, tetapi Snapdragon juga menawarkan stabilitas yang baik. Efisiensi penggunaan baterai juga membuat perangkat dengan chipset Snapdragon memiliki daya baterai yang lebih tahan lama. Berbekal dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tidak heran apabila Snapdragon dijuluki sebagai salah satu produk chipset unggulan perangkat teknologi saat ini.

Kekurangan

Kelebihan atau keunggulan Snapdragon memang menjadi nilai yang menjual brand ini, tetapi bukan berarti sempurna tanpa kekurangan. Sebagai sebuah produk, Snapdragon memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Mulai dari segi budget yang lebih mahal serta kebutuhan RAM yang besar.

Mengapa Snapdragon membutuhkan RAM besar? Hal ini dikarenakan Snapdragon menawarkan kualitas grafis yang tinggi. Jika tidak diimbangi dengan RAM besar, maka smartphone akan bekerja lambat dan aplikasi tidak berjalan lancar. Jika Anda tertarik dengan chipset Snapdragon, sebaiknya smartphone memiliki RAM minimal 4GB. Di bawah 4GB, mungkin Snapdragon akan menghambat penggunaan smartphone Anda secara maksimal.

Sesuai dengan keunggulan Snapdragon, maka harga produk pun lebih mahal dibandingkan dengan pesaingnya. Ketika Anda menginginkan perangkat dengan chipset Snapdragon, maka perlu mengeluarkan biaya besar. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari Snapdragon karena tidak semua pengguna mampu menjangkau harga yang dipatok.

Apa Itu Mediatek?

Mediatek merupakan perusahaan manufaktur asal Taiwan yang dikenal sebagai produsen berbagai produk semikonduktor, termasuk prosesor. Helio Mediatek hadir sebagai pesaing chipset smartphone yaitu Snapdragon. Perusahaan ini telah hadir di pasar teknologi sejak tahun 1997.

Mediatek sendiri terkenal sebagai produk yang menawarkan kualitas mumpuni, tetapi harga terjangkau. Selain itu, Mediatek memiliki chipset yang bisa berjalan sesuai arsitektur ARM. Saat ini, penggunaan chipset Mediatek banyak digunakan pada berbagai merek smartphone populer seperti Xiaomi dan Realme. Meskipun menawarkan kualitas mumpuni dengan harga terjangkau, tapi Mediatek sendiri masih kurang diminati apabila dibandingkan dengan peminat Snapdragon.

Baca Juga: 5 Jenis dan Kelebihan Chipset Exynos pada Smartphone Samsung

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Mediatek?

Disebut sebagai pesaing dari Snapdragon yang lahir dari perusahaan multinasional ternama yaitu Qualcomm, tentunya Mediatek hadir dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Jika menilik pasar teknologi saat ini, hampir semua smartphone hanya menggunakan dua jenis chipset yaitu Snapdragon dan Mediatek. Yuk ketahui kelebihan dan kekurangan Mediatek sebagai bahan pertimbangan pemilihan komponen perangkat teknologi Anda.

Kelebihan

Apa yang selalu menjadi nilai jual dari Mediatek? Hal tersebut adalah penawaran harga yang sangat terjangkau, terpaut jauh jika dibandingkan dengan harga perangkat dengan chipset Snapdragon. Meskipun memiliki harga lebih murah, tetapi performa dari Mediatek juga tidak bisa dianggap remeh. Maka tidak heran, apabila Mediatek dijuluki sebagai salah satu chipset yang ramah kantong terhadap pengguna menengah ke bawah.

Lalu, apalagi kelebihan Mediatek yang menjadi daya saing melawan Snapdragon? Mediatek merupakan chipset yang mengusung konsep hemat RAM, produk ini tidak memerlukan RAM yang besar untuk memastikan kelancaran performa perangkat. Jadi, meskipun perangkat Anda hanya memiliki RAM sebesar 2GB tidak masalah untuk menggunakan chipset Mediatek. Menarik bukan? Tidak perlu perangkat spesifikasi tinggi dalam menikmati penawaran kualitas Mediatek.

Kekurangan

Bukan tanpa alasan mengapa Mediatek masih kalah popularitas dibandingkan dengan Snapdragon. Beberapa kekurangan yang dimiliki Mediatek membuat Anda perlu mempertimbangkan apakah chipset ini sesuai dengan kebutuhan. Menawarkan harga yang lebih murah, performa grafis dari Mediatek tidak begitu maksimal karena hanya menggunakan CPU Core standar. Ini juga memerangi kualitas hardware yang tidak semaksimal Snapdragon.

Salah satu kekurangan yang paling dirasa tidak nyaman oleh pengguna Mediatek adalah overheat. Perangkat yang menggunakan chipset Mediatek biasanya cepat panas saat digunakan dalam waktu cukup lama dengan banyak aplikasi beroperasi. Overheat ini juga berkaitan dengan baterai yang sangat boros. Dapat dikatakan bahwa Mediatek belum bisa mengimbangi efisiensi konsumsi daya baterai dari Snapdragon.

Apa Saja Perbedaan Snapdragon Dan Mediatek?

Setelah mengenal Snapdragon dan Mediatek beserta kelebihan dan kekurangannya, mana yang terbaik untuk Anda? Menyesuaikan kebutuhan dan budget, Anda perlu mengetahui 5 perbedaan Mediatek dan Snapdragon di bawah ini.

1. Asal-usul

Sebelum kita memulai perbincangan mengenai spesifikasi keduanya, akan lebih baik jika kita memahami asal-usul kedua chipset ini. Prosesor Snapdragon adalah chipset yang diproduksi oleh perusahaan terkenal Qualcomm, sebuah perusahaan semikonduktor yang berbasis di San Diego, California, yang fokus pada peralatan IT.

Sedangkan untuk, prosesor MediaTek adalah hasil produksi dari perusahaan yang juga bernama MediaTek, yang berasal dari Hsinchu, Taiwan. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1997.

2. Keperluan RAM

Perbedaan pertama adalah keperluan RAM untuk kelancaran operasional perangkat. Dengan kualitas hardware tinggi dan performa maksimalnya, Snapdragon membutuhkan RAM minimal 4GB. Sedangkan Mediatek, dapat bekerja bahkan hanya dengan RAM 2GB.

3. Kualitas Grafis

Selanjutnya, kualitas grafis yang ditawarkan oleh Snapdragon jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Mediatek. Performa grafis sendiri menjadi nilai jual terbaik dari produk Snapdragon karena didukung oleh GPU Adreno. Meskipun begitu, jika Anda hanya memerlukan kualitas grafis standar, Mediatek sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan.

4. Penggunaan CPU dan GPU

Mediatek dikenal dengan penggunaan CPU Core standar dengan kualitas hardware dengan kelas menengah. Berbeda dengan Mediatek, Snapdragon selalu maksimal dalam menggunakan CPU terbaik dengan teknologi mutakhir di setiap perilisannya. CPU dan GPU sendiri akan berpengaruh pada dukungan performa perangkat yang jauh lebih cepat dan lancar.

5. Daya Tahan dan Konsumsi Baterai

Dalam hal ketahanan baterai, MediaTek umumnya mengonsumsi daya yang lebih tinggi dibandingkan Snapdragon, sehingga memperpendek masa pakai baterai. Sebaliknya, Snapdragon cenderung lebih hemat daya, yang mengakibatkan penggunaannya tidak mudah membuat baterai cepat habis atau menghasilkan panas berlebihan. Hal ini menyebabkan Snapdragon memiliki masa pakai baterai yang lebih lama.

Selain itu, meskipun MediaTek telah meningkatkan kinerjanya, tetapi berdasarkan laporan dari Difference Between, MediaTek masih tertinggal di belakang Snapdragon dalam hal pengembangan prosesor.

6. Inti Prosesor

Perbedaan antara chipset Snapdragon dan MediaTek juga terletak pada jumlah inti prosesor. MediaTek cenderung menggunakan lebih banyak inti dibandingkan Snapdragon.

Chipset MediaTek sering menggunakan prosesor dengan 8, 10, atau bahkan 12 inti, dipadukan dengan teknologi pengolahan paralel seperti big.LITTLE atau HMP untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi daya.

Sementara itu, seri Snapdragon biasanya memiliki 4 hingga 8 inti prosesor, tetapi lebih efisien dalam penggunaan daya dan manajemen suhu. Desain prosesor Snapdragon lebih seimbang, memungkinkan kinerja yang baik tanpa menimbulkan beban yang berlebihan pada suhu atau daya ponsel tersebut.

5. Harga

Berbekal dengan keunggulan yang ditawarkan, Snapdragon memasang harga yang cukup mahal untuk chipset-nya. Tidak heran, apabila perangkat dengan chipset Snapdragon pasti memiliki harga relatif lebih mahal dibandingkan Mediatek. Perbedaan ini yang membuat Mediatek berhasil menarik perhatian pengguna karena menawarkan harga terjangkau, dengan kualitas yang masih terbilang baik. Meskipun, memang tidak seunggul pesaingnya yaitu Snapdragon.

6. Target Pasar

Mengingat harga dan kualitas yang ditawarkan, Snapdragon dan Mediatek memiliki target pasar yang berbeda. Snapdragon memiliki target pasar yang meluas mulai dari low end, mid range hingga high end. Sedangkan merek prosesor Mediatek hanya menyasar untuk low end dan mid range saja.

Baca Juga: 6 Perbedaan Oppo Reno 10 dan Reno 10 Pro, Mana yang Terbaik?

Nah, itulah tadi informasi mengenai perbedaan Snapdragon dan Mediatek yang perlu Anda ketahui. Sebelum menentukan pilihan chipset andalan, pastikan untuk mengetahui kebutuhan penggunaan smartphone dan laptop Anda terlebih dahulu serta budget yang dimiliki. Hal ini akan membantu untuk pemilihan chipset yang tepat, baik itu Snapdragon maupun Mediatek.

Apakah Anda berminat menggunakan laptop spesifikasi tinggi dengan komponen Snapdragon maupun Mediatek? Tenang, tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih karena Anda bisa menyewanya di Indorental. Yuk kunjungi Indorental sekarang juga, penyediaan jasa sewa laptop terbaik untuk Anda.