Cara Setting Dual Monitor Windows 10 dan 11 secara Mudah

Cara Setting Dual Monitor Windows 10 dan 11 secara Mudah

cara setting dual monitor windows 10
Tips dan Trik

Jika Anda memang kerap menghabiskan waktu selama berjam-jam dalam sehari di depan layar monitor, tentunya mendistribusikan beban kerja Anda pada dua layar dengan cara setting dual monitor Windows 10 dan 11 dapat membantu meningkatkan produktivitas dan keterampilan multitasking ke tingkat yang lebih tinggi. 

Namun, perlu Anda ketahui terlebih dahulu kalau pengaturan dual monitor pada Windows tentu memperhatikan banyak hal untuk dilakukan. Pengaturan ini lebih dari sekadar menghubungkan layar melalui kabel. Nah, artikel IndoRental kali ini akan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya dapat Anda terapkan. Simak langsung yuk!

Bagaimana Cara Setting Dual Monitor Windows 10?

Kira-kira bagaimana ya cara melakukan setting dual monitor pada Windows 10? Untuk tahu jawabannya, nih simak langkah-langkah di bawah ini : 

1. Siapkan Sambungan Kabel Terlebih Dahulu

Sebelum memulai untuk menyambungkan monitor kedua ke komputer, pastikan Anda memiliki dan telah menyiapkan semua kabel yang diperlukan. Selain kabel daya, dibutuhkan juga kabel video seperti VGA, DVI, HDMI, atau kabel DisplayPort. Kemudian Anda juga bisa menyiapkan kabel audio, namun ini sifatnya opsional saja ya hanya apabila memang dibutuhkan.

Sebaiknya gunakan 4K DisplayPort dan adaptor HDMI Dual Monitor yang dapat dihubungkan pada monitor dan juga laptop. Sistem USB 3.0 yang mudah diadaptasi serta dilengkapi dengan port DisplayPort dan HDMI ganda akan memudahkan koneksi ke dua monitor sekaligus. Pasang adaptor ini dan Anda pun bisa menghubungkan monitor ke laptop.

2. Siapkan Monitor yang Digunakan

Jika langkah pertama sudah berhasil Anda siapkan, maka kini saatnya untuk menyambungkan kabel ke port. Perhatikan bahwa jika perangkat ternyata menggunakan graphics card khusus, maka Anda perlu menhubungkan konektor kabel video ke port yang sesuai. 

Jika sudah menghubungkan monitor dengan benar, selanjutnya Anda bisa mencoba untuk memulai menghidupkan komputer. Nah, komputer akan secara otomatis mendeteksi monitor kedua dan menampilkan desktop  di perangkat tersebut.

Sekarang, Anda bisa mengganti mode tampilan untuk mengubah cara Windows menampilkan konten di monitor. Untuk mengakses mode tampilan, tekan Win + P. Maka, sidebar akan muncul di sebelah kiri.

Berikut ini terdapat empat opsi tampilan yang bisa Anda pilih gunakan pada perangkat, antara lainnya : 

  • PC screen only, apabila Anda hanya ingin menggunakan monitor pertama.
  • Duplicate, ketika Anda hendak menampilkan konten yang sama di kedua monitor.
  • Extend, saat menginginkan kedua monitor dapat menampilkan desktop yang diperluas.
  • Second screen only, jika Anda hanya ingin menggunakan monitor kedua.

3. Konfigurasikan Monitor Di Komputer

Pada dasarnya, langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas tadi dapat membuat pengaturan dual monitor di Windows 10 sudah berhasil dan selesai dilakukan. Namun jika Anda masih ingin untuk menyesuaikan cara tampilannya, maka lakukan beberapa langkah berikut ini. 

Klik kanan pada desktop — pilih Display settings. Selanjutnya tunggu, dan sebuah jendela akan muncul. Selanjutnya, cukup klik dan drag kotak bernomor untuk mengatur ulang tampilan yang diinginkan. Tombol Identifiy dapat menunjukkan nomor monitor. Anda bisa mengubah size, resolusi dan orientasi tampilan. Tidak hanya itu, melainkan mode display juga dapat diubah di bagian Multiple displays.

Baca Juga: Cara Setting Tampilan Layar Proyektor yang Mudah

Bagaimana Cara Setting Dual Monitor Windows 11?

Untuk memulai menggunakan dual monitor pada Windows 11, maka Anda perlu terlebih dahulu melakukan beberapa tahap berikut ini. Mulai dari menyambungkan monitor kedua ke tampilan utama, lalu memilih tampilan utama, dan menentukan cara Anda ingin melihat tampilan sekunder.

1. Hubungkan Monitor Kedua

Langkah pertama yakni periksalah jenis koneksi yang mungkin Anda perlukan untuk menghubungkan monitor kedua. Cari tahu apakah komputer Anda mendukung VGA atau HDMI. 

Setelah Anda menyambungkan kabel, maka saatnya untuk menyalakan monitor. Pada tahap ini, jika Windows 11 berhasil mendeteksi monitor baru, maka monitor kedua akan mencerminkan tampilan utama Anda secara default.

Namun, apabila Windows 11 tidak mendeteksi secara otomatis, Anda dapat mencoba untuk mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

Luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Sistem dari panel kiri. Kemudian klik Lihat di sisi kanan jendela. Periksalah apakah semua tampilan muncul di jendela Tampilan. Jika ada yang kurang, luaskan bagian Beberapa tampilan dan klik tombol Deteksi.

Setelah mengikuti semua langkah tersebut, Anda sekarang seharusnya dapat melihat monitor yang hilang. Namun jika tetap saja tidak bisa, sebaiknya periksa dan pastikan kembali apakah kabel yang Anda gunakan sudah berfungsi dengan baik.

2. Pilih Tampilan Utama

Saat Anda menambahkan monitor lain ke sistem, maka secara default Windows akan memilih monitor pertama sebagai tampilan utama. Namun, tenang Anda tetap dapat bebas untuk mengubah pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan. Ikuti langkah-langkah ini untuk memilih tampilan utama :

Luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Sistem dari panel kiri. Lalu klik Lihat di sisi kanan jendela. Pilih tampilan yang disukai dan centang kotak yang terkait dengan Jadikan ini opsi tampilan utama saya.

3. Pilih Mode Tampilan

Perlu Anda ketahui bahwasannya Windows 11 juga menawarkan empat mode tampilan berikut untuk banyak monitor:

  • PC screen only, hanya layar utama Anda yang akan digunakan.
  • Display, layar sekunder akan mencerminkan tampilan layar utama Anda.
  • Extend, layar kedua akan menjadi perpanjangan dari layar pertama, yang sempurna untuk saat-saat ketika Anda ingin bekerja di layar yang lebih besar dari biasanya.
  • Second screen only, hanya layar kedua Anda yang akan digunakan.

Untuk memilih mode tampilan tersebut, Anda bisa tekan tombol Win + P secara bersamaan untuk meluncurkan fitur Proyek. Cukup pilih mode pilihan Anda dari widget mengambang.

Selain itu, Anda juga dapat memilih mode tampilan dari pengaturan Windows 11. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah luncurkan Pengaturan Windows dan pilih Sistem dari panel kiri. Kemudian klik Lihat di sisi kanan jendela. Pilih tampilan yang ingin Anda sesuaikan dan perluas menu drop-down di kanan bawah. Pilih opsi pilihan Anda dari daftar. Sesuaikan Pengaturan Beberapa Monitor.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fingerprint di Laptop Windows 10 dan 11

Bagaimana Cara Menyesuaikan Tampilan Dual Monitor Windows?

Setelah menerapkan langkah-langkah untuk mengaktifkan monitor ganda di Windows seperti yang dijelaskan di atas, seringkali tampilan di masing-masing monitor dapat berbeda. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian seperti skala dan resolusi untuk setiap monitor yang dipakai.

Berikut adalah panduan untuk menyesuaikan tampilan pada dual monitor di Windows:

  1. Buka menu Start.
  2. Pilih Pengaturan (Settings).
  3. Pilih System.
  4. Klik Display.
  5. Di bawah bagian “Select and rearrange displays”, pilih monitor yang ingin disesuaikan.
  6. Gunakan opsi untuk mengubah ukuran teks, aplikasi, dan elemen lainnya untuk menyesuaikan skala tampilan di monitor tersebut.
  7. Setelah selesai, ulangi langkah 5 dan 6 untuk mengatur skala di monitor lainnya jika diperlukan.
  8. Terakhir, klik opsi Sign-out untuk menerapkan perubahan yang telah Anda buat.

Meskipun Anda bisa melakukan penyesuaian di setiap monitor, disarankan untuk menggunakan merek dan model layar yang sama jika memungkinkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman tampilan yang seragam tanpa perlu melakukan banyak penyesuaian.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Dual Monitor?

Ketahui juga yuk apa saja manfaat yang akan Anda rasakan saat menggunakan dual monitor dalam urusan pekerjaan.

1. Meningkatkan Produktivitas

Tentunya dengan menggunakan dual monitor akan terasa lebih efisien serta mampu meningkatkan produktivitas  daripada monitor tunggal, bukan? Sebab, hal tersebut akan sangat membantu untuk mengurangi frekuensi pengulangan buka tutup aplikasi yang sedang digunakan, karena Anda dapat membuka beberapa program dan menampilkannya sekaligus tanpa menghambat proses kerja PC.

2. Ruang Kerja Digital Lebih Luas

Layar monitor pada dasarnya didesain lebih besar dan memiliki resolusi yang jauh lebih tajam serta jernih daripada layar laptop. Hal ini tentu sangat memanjakan mata Anda karena dengan menggunakan dual monitor komputer, kita bisa lebih leluasa dan lega untuk melihat lembar kerja atau program yang sedang dibuka.

3. Mudah Membandingkan Dua Hal

Manfaat lain dari menggunakan dual monitor adalah Anda dapat dengan lebih mudah membandingkan dua hal yang berbeda. Sehingga hal tersebut juga bisa memudahkan pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Laptop ke TV tanpa Kabel, Gampang Banget!

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ingin mengatur dual monitor pada Windows 10 dan 11. Cukup mudah, bukan? Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas, Anda memiliki niatan untuk menyewa beberapa perangkat komputer atau laptop? 

Jika memang berminat, Anda bisa menyerahkannya kepada IndoRental yang merupakan perusahaan dengan fokus pada bidang IT dan memberikan pelayanan terkait sewa berbagai perangkat teknologi. 

Sesuaikan juga dengan spesifikasi perangkatnya berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda. Yuk, segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!

banner-monitor