Begini Cara Memperbaiki Suara Laptop yang Pecah

Begini Cara Memperbaiki Suara Laptop yang Pecah

cara memperbaiki suara laptop yang pecah
Tips dan Trik

Sedang mencari cara memperbaiki suara laptop yang pecah? Anda berada di artikel yang tepat! Pada kesempatan kali ini Anda akan belajar bagaimana cara memperbaikinya dengan beberapa langkah mudah. Suara laptop yang pecah atau sumbang tentu sangat mengganggu, bukan? Mendengarkan lagu jadi tidak enak. Jika sudah telanjur terjadi biasanya Anda hanya terpikir dua pilihan. Membawanya ke tempat service laptop atau membeli yang baru. Tetapi sebelum mengambil keputusan dari dua pilihan tersebut, coba ikuti cara-cara memperbaikinya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Memperbaiki Suara Laptop yang Pecah?

Memperbaiki sendiri suara laptop yang pecah umumnya sangat berisiko. Alasannya karena Anda harus membongkar laptop dan mencari tahu bagian yang bermasalah. Suara speaker yang pecah mengindikasikan adanya suatu komponen yang rusak atau tidak pada tempatnya. Sebenarnya sah-sah saja jika Anda ingin membongkar dan mencoba memperbaikinya sendiri.

Namun Anda sudah harus siap dengan segala konsekuensi yang ada. Anda harus siap menerima bahwa laptop berpotensi tidak dapat digunakan sama sekali alias rusak. Daripada mengambil risiko yang besar, Anda bisa mengatasi suara yang pecah dengan beberapa cara berikut ini. 

1. Menggunakan Speaker Eksternal

Cara yang paling mudah supaya Anda bisa mendengar suara jernih ialah dengan menggunakan speaker eksternal. Saat ini sudah banyak speaker eksternal yang tersedia di pasaran. Penggunaan speaker eksternal sering jadi pilihan karena harganya tergolong murah ketika dibandingkan dengan penggantian speaker laptop. 

Speaker harga Rp200.000 – Rp500.000 saja sudah memiliki kualitas yang bagus. Cara menyambungkannya juga mudah. Anda hanya perlu menyambungkan keduanya melalui jaringan bluetooth. Anda bisa langsung mendengarkan suara yang jernih saat laptop dan speaker sudah terhubung. 

2. Mematikan Speaker yang Pecah

Speaker laptop sangat bising seperti sedang menyalakan radio? Coba periksa dahulu sebelum Anda menggantinya. Periksa apakah hanya satu bagian speaker yang rusak. Jika benar demikian maka Anda hanya perlu mematikan speaker tersebut. Langsung saja buka pengaturan speaker di laptop. Anda bisa menuju simbol speaker yang berada di “Taskbar”. 

Klik kanan pada simbol tersebut dan pilih pilihan “Open Volume Mixer”. Apakah sudah muncul tab baru di layar laptop Anda? Tab tersebut berisi pengaturan speaker laptop dan berbagai aplikasi yang sedang dibuka. Pilih pengaturan “Device” dengan klik simbol speaker

Selanjutnya akan muncul tab baru yang berisi “Speaker Properties”. Dalam tab tersebut terdapat empat bagian pengaturan seperti: 

  • General.
  • Levels.
  • Advanced.
  • Spatial sound.

Langsung saja pilih bagian “Levels” dan cari tulisan “Balance”. Klik pilihan tersebut supaya Anda diarahkan pada pengaturan speaker kiri dan kanan laptop. Coba matikan salah satu speaker dengan memberikan angka “0” pada speaker yang rusak. Kini Anda bisa mendengar suara yang lebih jernih, bukan? 

Apa Penyebab Suara Speaker Pecah?

Suara speaker yang pecah pasti diakibatkan oleh suatu kejadian. Terdapat berbagai penyebab mengapa suara speaker laptop Anda pecah. 

1. Speaker Berdebu

Speaker laptop tentu bisa berdebu. Meskipun berada di bagian tertutup, hal ini tetap mungkin terjadi. Apa pun yang tersumbat oleh debu pasti tidak akan bekerja sempurna. Debu dan kotoran yang ada di speaker perlu dibersihkan secara berkala. Anda tidak perlu membongkar laptop. Pastikan saja untuk selalu meliputi laptop dengan kain agar tidak ada debu yang bisa masuk ke bagian dalam laptop.

Baca Juga: Mengetahui Cara Membersihkan Speaker Laptop

2. Kemasukan Air

Kasus air masuk dalam perangkat elektronik bukan kejadian baru. Ada banyak orang yang lalai menjaga barang mereka dan akhirnya membuat perangkat elektronik rusak. Anda perlu berhati-hati dan waspada ketika melihat air berada di dekat laptop. Perhatikan juga tas yang Anda gunakan untuk membawa laptop. 

Keadaan hujan bisa menjadi penyebab utama mengapa air bisa masuk ke dalam laptop. Semua perangkat elektronik yang kemasukan air pasti mengakibatkan korsleting dan berakhir rusak. Jika sudah demikian, Anda hanya bisa membawanya ke tempat service atau membeli laptop yang baru. 

3. Terbentur Benda Keras atau Terjatuh

Laptop memang termasuk ke dalam perangkat keras. Namun laptop tidak bisa terbentur dengan barang lainnya. Apalagi jika benturan yang terjadi sangat keras. Kejadian ini sangat berpotensi membuat laptop Anda rusak. Laptop yang terjatuh dari tempat tinggi juga berpotensi merusak speaker atau komponen laptop yang lainnya. Itu sebabnya Anda harus lebih berhati-hati dalam menangani dan menggunakan laptop. 

Baca Juga: Inilah Cara Mengecek Kesehatan Laptop Anda

4. Penggunaan Laptop yang Sangat Lama

Sudah berusaha menjaga laptop dengan hati-hati? Tidak pernah terkena air atau jatuh namun speaker tetap bermasalah? Kemungkinan besar memang bukan kesalahan Anda. Laptop yang sudah digunakan dalam waktu lama memang berpotensi rusak.

Sangat wajar jika kinerja laptop menurun dari saat pertama kali menggunakannya. Anda bisa mengenali laptop Anda sudah berumur atau tidak dengan cara melihat apakah laptop Anda sering mengalami overheat atau tidak. Satu-satunya untuk mengatasi hal ini ialah dengan mengganti laptop yang baru. 

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Overheat Laptop dan Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Perlu diingat bahwa Anda tidak dianjurkan untuk membongkar laptop sendiri tanpa bantuan ahli. Jika hal ini terjadi Anda bisa langsung membawa laptop ke tempat service untuk diperbaiki. Anda bisa menyewa laptop untuk waktu tertentu sampai akhirnya laptop kembali berfungsi. Bingung mencari tempat sewa laptop Bandung

Tidak perlu khawatir! IndoRental hadir menyediakan seluruh perangkat elektronik yang Anda butuhkan. Mulai dari TV, proyektor, dan tentu saja laptop. Anda bisa memilih berbagai spesifikasi sesuai kebutuhan. Waktu penyewaan juga fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Langsung saja kunjungi website IndoRental dan pilih laptop yang Anda inginkan. Semoga artikel cara memperbaiki suara laptop yang pecah ini berguna untuk Anda, ya!