Beberapa Cara Cerahkan Layar Laptop Anda dengan Mudah dan Cepat

<strong>Beberapa Cara Cerahkan Layar Laptop Anda dengan Mudah dan Cepat</strong>

cara cerahkan layar laptop
Tips dan Trik

Cara cerahkan layar laptop bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Mencerahkan layar laptop Anda perlu dilakukan supaya Anda bisa melihat layar dengan jelas. Menyesuaikan kecerahan layar dilakukan untuk membuat mata Anda nyaman saat mengerjakan tugas atau pekerjaan di laptop dalam jangka waktu yang lama. Terdapat beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur kecerahan layar laptop Anda. Perhatikan langkah dan cara-caranya berikut ini.

Bagaimana Cara Cerahkan Layar Laptop Dengan Mudah?

Berikut ini adalah cara meningkatkan tingkat kecerahan layar laptop Anda, termasuk memberikan pengaturan secara otomatis.

1. Melalui Settings

Anda bisa langsung membuka “Settings” dengan menekan tombol “Windows” di keyboard. Pilih bagian “System” dan klik “Display”. Saat Anda klik pilihan “Display”, Anda akan dibawa menuju tab yang menunjukkan pilihan “Brightness and color”. Lalu di bawah tulisan tersebut akan ada fitur mengatur kecerahan yang bisa langsung Anda geser ke arah kiri atau kanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Arahkan ke kiri untuk menurunkan dan ke kanan untuk meningkatkan kecerahan atau meredupkan layar laptop.

Jika laptop Anda memiliki sensor kecerahan, maka Anda dapat mengatur kecerahan layar komputer atau laptop secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi terus mengatur redup atau cerahnya layar setiap berada di tempat yang memiliki pencahayaan yang berbeda. Sistem sensor dari laptop Anda akan mendeteksi cahaya secara otomatis dan akan memberikan kecerahan sesuai kebutuhan Anda saat menggunakan laptop.

Baca Juga: Cara Menjernihkan Video yang Blur Online agar Nyaman Ditonton

2. Melalui Keyboard

Untuk memudahkan, sebenarnya Anda bisa langsung menekan tombol kombinasi windows dan tombol “fn” dengan tombol “F1” atau “F2” yang mana ikon tersebut memiliki simbol matahari secara bersamaan. Biasanya, terdapat dua tombol yang memiliki simbol matahari. Ada yang simbolnya lebih besar dan lebih kecil. Simbol yang lebih besar berfungsi untuk menaikkan kecerahan layar dan simbol yang kecil untuk menurunkan kecerahan.

Sangat mudah, bukan? Namun tidak semua laptop memiliki tombol seperti ini. Jika laptop Anda tidak memiliki tombol demikian pada keyboard, Anda bisa menggunakan cara pada poin pertama dan ketiga.

Baca Juga: 5 Cara Balik Layar Laptop Windows dengan Mudah

3. Menggunakan Beberapa Jalan Pintas

Untuk mempercepat proses mengatur tingkat kecerahan layar monitor laptop, Anda bisa menggunakan jalan pintas dari beberapa simbol dan fitur yang tersedia di desktop Anda. Pertama, Anda bisa menggunakan jalan pintas dari simbol baterai yang terdapat di taskbar desktop. Klik simbol baterai tersebut dan akan muncul tab kecil yang menampilkan pengaturan untuk mengatur kecerahan laptop secara otomatis, saat baterai laptop berada di bawah jumlah persen baterai yang sudah diatur sebelumnya makan laptop akan otomatis mengurangi kecerahan pada laptop Anda.

Kedua, Anda bisa menggunakan simbol notifikasi yang berada di bagian kanan bawah taskbar desktop Anda. Saat Anda klik simbol notifikasi tersebut, pengaturan kecerahan layar laptop akan berada di bagian paling bawah dari tampilan notifikasi tersebut. Anda hanya perlu menggeser garis ke arah kanan atau kiri untuk menyesuaikan kecerahan layar yang Anda perlukan.

Ketiga, di sistem operasi Windows 10 atau Windows 7 pada pengguna laptop ataupun PC, Anda bisa mengatur kecerahan layar di settings secara cepat dengan melakukan klik kanan pada mouse atau trackpad (touchpad) yang terdapat di keyboard bawaan laptop atau komputer. Setelah klik kanan, pilih bagian menu “Display Settings” dan akan muncul pengaturan kecerahan di bagian “Brightness and color”. Anda hanya perlu menggeser garis ke arah kanan atau kiri untuk menyesuaikan kecerahan layar laptop sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu pada Windows 10 dan 11, terdapat fitur pintasan untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop. Anda dapat mengakses fitur ini melalui ikon baterai yang terletak di sudut kanan bawah layar. Berikut adalah panduan cara menggunakannya:

  1. Klik ikon baterai di pojok kanan bawah layar.
  2. Setelah itu, akan muncul jendela pop-up yang menampilkan ikon yang menyerupai matahari.
  3. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan cara menggeser pengaturan yang tersedia untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai keinginan Anda.

Keempat, Anda dapat memanfaatkan fitur Mobility Center dengan cara tekan tombol “Windows” dan “X” sampai fitur Windows Mobility Center muncul. Lalu klik opsi menu “display brightness” yang mana Anda dapat mengubah tingkat kecerahan monitor atau mengubah kecerahan layar laptop Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri?

Tidak sulit dan memakan waktu yang banyak, bukan? Jika laptop yang Anda gunakan tidak memiliki sensor otomatis untuk memudahkan penggunaan laptop saat acara, Anda bisa sewa laptop bandung di IndoRental. Terdapat banyak pilihan laptop dengan kualitas dan fitur terbaik yang bisa memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan. Kunjungi website IndoRental untuk melihat laptop yang bisa Anda sewa. Semoga penjelasan cara cerahkan layar laptop di atas dapat membantu menyesuaikan kecerahan layar laptop Anda.