Apa itu Bottleneck dan Cara Mengatasinya

bottleneck pada laptop
Tips dan Trik

Apa itu bottleneck? Sebenarnya istilah ini sangat sering terjadi namun tidak disadari secara pasti. Alasan utamanya adalah tidak semua orang memahami bagaimana sistem kerja komputer secara mendalam. Akhirnya, masalah yang disebabkan oleh bottleneck tidak segera diatasi dengan baik.

Ya, bagi yang belum mengetahuinya, bottleneck adalah salah satu masalah yang biasa terjadi di dalam sistem kerja komputer. Untuk mengenal lebih dalam tentang bottleneck dan cara mengatasinya, simak rangkumannya di bawah ini.

Apa itu Bottleneck?

Sesuai penjelasan di atas, bottleneck menjadi salah satu jenis masalah yang kerap muncul di komputer. Penjelasan lebih rincinya adalah masalah yang membuat salah satu komponen dalam komputer menyebabkan performa sistem kerja secara keseluruhan menjadi terhambat.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Perlu diingat bahwa dengan semakin kencangnya kinerja sebuah komputer, maka wajib memperhatikan berbagai komponen lainnya. Apakah mendukung kinerja satu sama lain antar komponen atau malah menghambatnya?

Ketika komputer terasa lemot, maka prosesor atau RAM sering dijadikan penyebab hal itu terjadi. Tuduhan tersebut tidaklah salah. Saat semakin banyak program yang dibuka secara bersamaan dengan standar spesifikasi komputer harus lebih tinggi lagi seiring berjalannya waktu, akhirnya prosesor dan RAM membuat kinerja komputer menjadi lemot. VGA sendiri juga dapat dijadikan kambing hitam. Namun ada satu komponen lagi yang sering dilupakan. Apa itu? Jawabannya adalah hard disk.

Sebenarnya hard disk yang sudah kepenuhan dapat membuat komputer menjadi lemot. Tapi jika dilihat lebih dalam, penggunaan hard disk sudah seharusnya ditinggalkan. Sekarang sudah masuk ke zaman penggunaan SSD (Solid State Drive) untuk mengganti hard disk. Dengan menggunakan SSD, Anda bisa mendapatkan kecepatan membaca dokumen dan program di atas 150 MB/s (merupakan standar kecepatan baca hard disk). Jadi sudah jelas bahwa SSD menjadi penawar dari Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Servis.

Cara Mengatasi Bottleneck

Pada dasarnya, hard disk yang sudah kepenuhan dan ketinggalan dari sisi teknologi menjadi penyebab utama masalah bottleneck. Kalau sudah begini maka seharusnya Anda sendiri menggantinya dengan SSD. Dengan SSD yang memiliki kemampuan membaca dokumen dan program lebih cepat dari hard disk, kinerja komponen lainnya, seperti RAM serta prosesor akan sangat terbantu.

Kemudian untuk proses penggantian hard disk ke SSD juga tidak memakan yang waktu lama serta mudah untuk dilakukan. Di dalam casing CPU edisi terbaru, biasanya sudah ada tempat khusus untuk SSD. Jadi Anda hanya perlu melepas hard disk dari CPU lalu digantikan dengan SSD. Bagaimana dengan masalah bracket? Anda tidak perlu khawatir karena SSD sendiri memiliki durabilitas tinggi. Jadi walau Anda tidak terlalu kencang memasangnya ke casing akibat bracket kurang pas, kondisi SSD akan tetap terjamin.

Proses penggantian ini bisa berlangsung cukup cepat asalkan Anda sudah mengetahui bagian mana saja yang harus dikerjakan. Jika sudah memasang SSD, sekarang tinggal dipasang ke dalam tempat khusus di casing CPU komputer Anda. Mudah, bukan?

Dengan penggantian ini, Anda akan merasakan kecepatan berbeda dari komputer milik sendiri. Jauh lebih cepat ketika membuka program sekaligus menjalankannya. Komputer terasa lebih ringan pula. Inilah yang membuat masalah bottleneck bisa teratasi dengan sempurna.

Berbicara mengenai komputer, ada kebutuhan komputer dan laptop dengan jumlah cukup banyak untuk keperluan perkantoran hingga event. Beruntung, Anda tidak perlu lagi membeli seluruh perangkat komputer dan laptop dengan harga mahal. IndoRental siap menyediakan kebutuhan komputer dan laptop Anda dengan spesifikasi optimal. Pelayanan maksimal dan seluruh perangkat komputer dan laptop terbaik bisa Anda dapatkan bersama IndoRental. Dengan informasi apa itu bottleneck, kunjungi rental laptop Jakarta sekarang juga.