Apa Itu Miracast serta Bagaimana Cara Penggunaannya?

Apa Itu Miracast serta Bagaimana Cara Penggunaannya?

miracast adalah
Tips dan Trik

Miracast adalah salah satu teknologi yang rasanya sayang jika Anda tidak mengetahuinya. Teknologi miracast ini mulai dikembangkan pada perangkat terkini mulai dari smartphone, tablet, laptop, komputer, bahkan hingga TV.

Lalu, apa itu miracast? Melalui artikel ini, IndoRental akan membantu menjelaskan kepada Anda mengenai miracast serta cara penggunaannya yang dapat memberikan banyak manfaat dalam aktivitas sehari-hari.

Apa Itu Miracast?

Miracast merupakan sebuah teknologi koneksi nirkabel yang dapat menghubungkan antara layar yang satu dengan layar yang lainnya. Layar yang dimaksudkan di sini adalah layar dari segala jenis perangkat mulai dari gadget hingga TV.

Ketika Anda sedang menikmati sebuah tayangan seperti Netflix melalui smartphone, tentu saja rasanya tidak akan puas untuk menonton pada layar yang kecil tersebut, bukan? Biasanya, jika ingin memindahkan tayangan tersebut ke layar yang lebih besar, maka Anda membutuhkan kabel untuk menyambungkan 2 layar.

Dengan adanya teknologi miracast, Anda dapat langsung menghubungkan 2 layar melalui jaringan WiFi atau internet saja. Anda dapat melakukan mirroring antara aktivitas yang dilakukan pada smartphone ke TV.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghubungkan Laptop ke TV tanpa Kabel?

Bagaimana Cara Menggunakan Miracast?

Untuk dapat menggunakan miracast, Anda dapat menemukan fiturnya melalui smartphone atau tablet masing-masing. Biasanya setiap perangkat memiliki nama fitur miracast yang berbeda-beda seperti screen casting, wireless display, atau bahkan wireless mirroring.

Fitur-fitur tersebut dapat Anda temukan melalui bagian pengaturan display. Nanti, Anda akan menemukan pilihan layar perangkat yang tersambung dengan WiFi untuk dapat memunculkan tampilan pada layar lainnya yang lebih besar.

Baca juga: 3 Cara Menghubungkan HP Ke Laptop dengan Kabel Data

Media Apa Saja yang Dapat Digunakan untuk Miracast?

Saat ini, setidaknya ada 3 perangkat yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan fitur miracast. Inilah informasi mengenai ketiga perangkat tersebut, yaitu:

1. Smartphone / Tablet

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa teknologi miracast sangat berguna bagi Anda yang ingin melihat tampilan layar smartphone pada layar yang lebih besar. Maka dari itu, tentu saja media pertama yang dapat Anda gunakan untuk melakukan miracast ini adalah smartphone dan juga tablet.

2. PC / Laptop

Media kedua yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan fitur miracast adalah PC atau laptop. Anda harus memastikan bahwa PC atau laptop tersebut sudah pasti memiliki fitur miracast karena tidak semua perangkat sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Bagi para pengguna produk Apple, Anda sudah dipastikan memiliki teknologi miracast di dalamnya karena fitur tersebut merupakan bawaan produksi Apple. Namun, untuk para pengguna Windows, biasanya hanya pengguna Windows 8.1 ke atas yang dapat menggunakan fitur miracast ini.

3. Smart TV

TV merupakan media yang digunakan sebagai layar penerima atau layar kedua dalam teknologi miracast. Khususnya untuk Smart TV, banyak orang yang bisa menikmati tampilan layar mereka yang kecil pada layar Smart TV yang besar dengan tampilan yang juga lebih jernih.

Agar dapat menggunakan teknologi miracast, Anda memang harus memilih Smart TV. Hal ini dikarenakan Smart TV sudah dapat tersambung dengan WiFi dan juga memiliki teknologi miracast.

Jadi, Anda sekarang sudah mengenal apa itu miracast, bukan? Apakah Anda tertarik untuk mencoba teknologi miracast ini?

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan miracast untuk acara nonton bersama namun tidak memiliki Smart TV, silakan hubungi IndoRental sekarang juga. IndoRental memiliki jasa sewa TV Jakarta yang dapat digunakan untuk mendukung acara nonton bersama Anda dengan teknologi miracast.

Baca juga: 2 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan