Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24: Analisis Mendalam Sebelum Membeli

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24: Analisis Mendalam Sebelum Membeli

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a24
Teknologi

Anda berencana membeli smartphone baru? Kalau begitu, Anda bisa coba menggunakan Samsung Galaxy A24. Kenali berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24 yang tentunya disesuaikan dengan berbagai kebutuhan Anda. Tanpa menunggu berlama-lama lagi, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Perkenalan Samsung Galaxy A24

Samsung Electronics Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran Galaxy A24, smartphone kelas menengah dengan harga tiga jutaan yang membawa sejumlah peningkatan untuk memberikan pengalaman mobile yang lebih luar biasa. 

Galaxy A24 dari Samsung menampilkan layar Super AMOLED sebesar 6,5 inci dengan resolusi FHD+, memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri dan menikmati berbagai aktivitas sesuai keinginan pengguna. Desain elegan dan modern menjadi daya tarik tambahan, sedangkan baterai 5.000mAh dan dukungan 25W fast charging menjamin daya tahan dan pengisian daya yang efisien.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan triple camera, termasuk kamera utama 50MP yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) untuk memastikan hasil foto dan video tetap jernih. 

Dibekali dengan memori RAM sebesar 8GB yang dapat diperluas menggunakan fitur RAM Plus hingga 8GB tambahan, serta performa cepat dari prosesor Octa-Core terbaru, Galaxy A24 menawarkan kombinasi yang kuat untuk pengalaman yang lebih lancar. 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Samsung Galaxy S23 dan S23 FE

Spesifikasi Teknis

Berikut spesifikasi teknis dari Samsung Galaxy A24:

  • Layar: 6,5 inci, resolusi 720 x 1600 piksel
  • Prosesor: Mediatek Helio P35
  • RAM: 4GB
  • Memori internal: 64GB
  • Kamera belakang: 48MP + 5MP + 2MP + 2MP
  • Kamera depan: 13MP
  • Baterai: 5000mAh
  • Sistem operasi: Android 11

4 Kelebihan Samsung Galaxy A24

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Samsung Galaxy A24 juga memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan. Mulai dari layar besar dan jernih hingga baterai dengan daya yang tahan lama. Berikut kelebihan dari Samsung Galaxy A24 yang penting Anda ketahui. 

1. Layar Besar dan Jernih

Tampilan yang detail menjadi kunci utama dalam pengalaman menggunakan smartphone, terutama dengan beragam aktivitas digital yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, Samsung Galaxy A24 hadir dengan layar Super AMOLED 6,5 inch beresolusi FHD+ yang menawarkan tingkat detail yang optimal dan kenyamanan yang tak tertandingi, baik di siang hari maupun di malam hari.

Layar Galaxy A24 memiliki tingkat visibilitas yang tinggi pada siang hari, dengan tingkat kecerahan mencapai 1000nits, sehingga meningkatkan kejelasan hingga 200 persen di bawah sinar matahari terang. Anda dapat menikmati konten dengan nyaman di luar ruangan yang terang tanpa kesulitan. 

Di sisi lain, pada malam hari, fitur eye-care pada layar mengurangi Blue Light hingga 6 persen, sehingga memberikan kenyamanan pada mata ketika menggunakan ponsel untuk aktivitas seperti scrolling media sosial atau bermain game tanpa mengganggu pola tidur.

Dibekali dengan refresh rate sebesar 90Hz, Galaxy A24 menjamin semua transisi dalam konten yang ditampilkan terlihat mulus di mata pengguna. Ini berlaku saat browsing internet, menjelajahi timeline media sosial, atau bermain game

Pengalaman gaming juga makin memuaskan dengan pergerakan yang lebih lancar tanpa efek patah-patah. Tidak ketinggalan, tampilan visual layar ini menampilkan ekspresi warna yang berani dan color gamut yang lebih lebar, menjadikan konten terlihat lebih hidup, jernih, dan penuh warna.

Baca Juga: Samsung Galaxy A33 vs Samsung Galaxy M53, Pilih Mana?

2. Baterai Tahan Lama

Ketersediaan daya pada smartphone menjadi aspek yang sangat penting dalam menunjang gaya hidup digital. Dibekali dengan kapasitas baterai yang besar dan kemampuan yang tahan lama, Anda dapat mengoptimalkan smartphone ini untuk berbagai aktivitas seperti bekerja, berkomunikasi, terkoneksi dengan orang lain, dan menikmati hiburan. 

Besarnya kapasitas baterai seringkali menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih smartphone. Samsung Galaxy A24 menghadirkan solusi dengan menyematkan baterai berkapasitas 5.000mAh, memberikan kepastian bahwa dayanya akan bertahan hingga dua hari. 

Hal ini memberikan kepuasan ekstra kepada pengguna, karena memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai aktivitas tanpa khawatir kehabisan daya, seperti mengambil foto dan merekam video, streaming drama favorit, menjelajahi timeline media sosial, dan sebagainya.

Keandalan daya tahan baterai ini juga didukung oleh fitur Adaptive Power Management, yang secara efisien mengatur penggunaan daya dari baterai 5.000mAh sesuai dengan preferensi pengguna. 

Jika baterai hampir habis, fitur 25W fast charging hadir sebagai solusi cepat untuk mengisi daya kembali. Hanya 30 menit pengisian, Anda sudah memiliki cukup daya untuk menggunakan smartphone sepanjang hari. 

3. Performa yang Andal di Kelasnya

Performa menjadi salah satu faktor krusial yang penting diperhatikan saat memilih smartphone. Samsung Galaxy A24 dirancang dengan sejumlah fitur yang menjaga performanya tetap optimal, bahkan saat digunakan untuk berbagai keperluan.

Samsung Galaxy A24 telah dibekali dengan prosesor Helio G99 untuk menjamin performa yang andal dalam setiap penggunaan. Kinerja yang lancar diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB, yang dapat diperluas hingga 8GB tambahan melalui fitur RAM Plus, sehingga menghasilkan kinerja yang mengesankan. Baik untuk streaming atau gaming, Galaxy A24 mampu mengatasi berbagai tugas tanpa hambatan.

Smartphone ini menjadi alat yang sangat berguna dalam mendukung gaya hidup digital, memungkinkan aktivitas seperti belanja online dan pembayaran real-time tanpa menggunakan uang tunai. Keamanan transaksi makin ditingkatkan dengan adanya akses biometrik fingerprint untuk mobile banking atau e-wallet, dan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk pembayaran digital tanpa tunai.

4. Kamera Utama 50 MP dengan OIS

Salah satu aspek menarik dari Galaxy A24 adalah sektor kamera. Meskipun jumlah kameranya lebih sedikit dibandingkan Galaxy A23 yang memiliki empat kamera, Galaxy A24 tetap memberikan penekanan pada fungsionalitas tanpa adanya fitur yang terkesan sebagai gimmick.

Galaxy A24 memfokuskan diri pada kualitas dan fungsionalitas setiap kamera yang dimilikinya. Smartphone ini dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang yang diatur secara elegan di atas bodinya. Kamera utama memiliki resolusi 50 MP (f/1.8), disertai dengan kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) yang memiliki sudut pandang hingga 123 derajat, dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Pada bagian depan, Galaxy A24 dilengkapi dengan kamera swafoto 13 MP (f/2.2). Meskipun angkanya tidak mencapai level tinggi, smartphone ini mampu menghasilkan foto yang baik dengan kamera depan maupun belakang. Selain itu, setiap kamera yang ada memiliki fungsi yang jelas dan terdefinisi.

Kamera utama di bagian belakang dilengkapi dengan fitur autofocus PDAF dan OIS (Optical Image Stabilization), yang merupakan fitur penting untuk meredam guncangan saat pengambilan gambar, sehingga hasil foto tetap stabil. 

Baca Juga: Mengenal 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M04

2 Kekurangan Samsung Galaxy A24

Selain memiliki kelebihan, Samsung Galaxy A24 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Hal ini menjadi penting, karena berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24 ini akan berpengaruh pada penggunaan sehari-hari. Berikut kekurangan dari Samsung Galaxy A24.

1. Bobot Berat 

Smartphone idealnya memiliki dimensi yang compact untuk kenyamanan penggunaan. Namun, Samsung Galaxy A24 memiliki bobot yang cukup berat dan sedikit lebih tebal, dengan dimensi 162,1 x 77,6 x 8,3 mm dan bobot mencapai 195 gram. 

Meskipun angka bobotnya belum mencapai 200 gram, bagi Anda yang biasa menggunakan smartphone yang lebih ringan, mungkin perlu penyesuaian untuk terbiasa dengan bobot yang lebih besar. 

2. Minim Perlindungan Ketahanan

Ketahanan smartphone merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Meskipun Samsung Galaxy A24 memiliki sejumlah spesifikasi yang kuat, termasuk desain yang stylish dan layar Super AMOLED, namun, perlindungan fisiknya terlihat minim. 

Bagian belakang ponsel ini menggunakan material plastik tanpa sertifikasi ketahanan air atau debu. Oleh karena itu, penggunaan case disarankan untuk meningkatkan tingkat keamanan. Layarnya juga tidak dilengkapi dengan perlindungan kaca yang memadai. 

Setelah mengevaluasi berbagai aspek kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24, Anda dapat melihat bahwa ponsel ini menawarkan kombinasi menarik antara fitur yang cukup baik dan harga yang terjangkau. 

Jika Anda tertarik untuk mencoba pengalaman menggunakan Samsung Galaxy A24 tanpa harus mengeluarkan biaya pembelian yang besar, IndoRental adalah solusi yang tepat.

Sewa HP Samsung Galaxy A24 di IndoRental tidak hanya memberikan Anda kesempatan untuk menguji ponsel ini untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga memberikan fleksibilitas untuk berbagai keperluan, termasuk event berskala besar. 

Anda bisa sewa HP Samsung mingguan hingga bulanan dengan harga sewa mulai dari Rp600.000. Hubungi IndoRental sekarang juga untuk proses pemesanannya.