Jenis-Jenis Scanner & Penggunaannya

Jenis-Jenis Scanner & Penggunaannya

Jenis-Jenis Scanner & Penggunaannya
Tips dan Trik

Ada berbagai macam jenis-jenis scanner dengan penggunaan yang berbeda-beda. Sebagai alat untuk memindai benda (gambar, tulisan, hingga benda hidup/mati) ke bentuk digital, scanner semakin sering digunakan dalam berbagai macam industri saat ini.

Jenis-Jenis Scanner

Saat ini telah tersedia lima jenis scanner yang sering Anda temukan dalam aktivitas sehari-hari. Khususnya di dalam dunia profesional. Penasaran dengan apa saja jenis scanner yang tersedia? Simak rangkumannya bersama IndoRental di bawah ini.

1. Scanner Drum

Scanner drum adalah scanner yang menggunakan teknologi Photomultiplier Tubes (PMT) agar bisa membaca objek yang dipindai. Biasanya digunakan untuk melakukan scanning gambar berukuran kecil hingga besar.

Kelebihan scanner ini mencakup kemampuan untuk menghasilkan hasil pindaian yang detil dan akurat. Bahkan tidak ada getaran saat proses pemindaian. Resolusi bahkan bisa sampai 24.000 ppi. Sebaliknya, kekurangan scanner drum ini adalah harganya yang mahal dan ukurannya besar.

2. Scanner Flatbed

Selanjutnya ada scanner flatbed yang memaksimalkan teknologi Charge Coupled Device (CCD) atai Contact Image Sensor (CIS). Teknologi ini yang menjadi mata untuk membaca objek tersebut. Jenis scanner ini yang paling sering digunakan untuk aktivitas perkantoran karena dari segi harga cukup terjangkau dan mudah dioperasikan.

Kelebihan scanner flatbed bisa dilihat dari hemat daya. Teknologi CIS dan CCD tidak membutuhkan daya listrik yang besar. Bahkan bisa menggunakan aliran daya dari colokan USB laptop/komputer. Hasil scanning pun cukup bagus untuk kebutuhan perkantoran.

Namun tetap ada kekurangan dari scanner ini, yakni hanya bisa melakukan scanning pada satu sisi objek sehingga tak efektif untuk memindai objek dalam jumlah banyak.

3. Scanner Film

Jenis scanner lainnya ada scanner film. Masih menggunakan teknologi Charge Coupled Device (CCD), tetap ada perbedaan dengan scanner flatbed. Jenis scanner ini memindai dan mengonversikan objek dari film negatif ke film positif.

Kelebihannya adalah hasil pindai yang sangat bagus dengan ukuran cukup besar. Untuk kekurangannya sendiri, harga scanner film termasuk mahal serta hanya mampu memindai objek berupa film saja.

Baca juga: cara scan di printer epson

4. Scanner Roller

Scanner roller ini mampu menarik dokumen untuk dilewati di atas mata scanner. Proses ini membuat penarikan dokumen lebih cepat sehingga mampu memindai dalam jumlah banyak. Scanner roller terbagi dalam dua jenis, yaitu scanner ADF (Automatic Document Feeder) dan scanner sheet feed.

Scanner ADF memiliki tempat untuk meletakkan dokumen sehingga mampu bekerja sendiri dengan menarik objek secara cepat. Untuk scanner sheet feed sendiri tidak memiliki tempat meletakkan dokumen, namun sangat mudah dibawa sehingga sering disebut sebagai scanner mobile.

5. Scanner Tangan

Scanner tangan memiliki bentuk seperti gagang kecil yang bisa langsung memindai objek dengan diarahkan ke dokumen tersebut. Kelebihannya dari sisi mobilitas serta kemudahan dalam penggunaan. Kekurangannya sendiri adalah stabilitas tangan untuk memindai sehingga hasilnya bisa tidak terbaca. Selain itu ada scanner tangan 3D yang paling sering Anda lihat di kasir untuk membantu proses pembayaran.

Jadi itulah penjelasan lengkap tentang seluruh jenis scanner dan juga penggunaannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Jika memang Anda membutuhkan scanner untuk kebutuhan perkantoran dan event dalam jumlah banyak, tidak perlu bingung. IndoRental telah hadir sebagai solusi sewa scanner dan perangkat teknologi lainnya. Anda bisa sewa scanner dengan berbagai spesifikasi produk serta jumlah unit dengan mudah. Dengan informasi jenis-jenis scanner, kunjungi Sewa HT, Scanner, Barcode Scanner Bandung di IndoRental sekarang juga.

Baca juga: cara reset printer epson l360