Cara Print Screen di Komputer untuk Mengabadikan Acara Online Anda

Cara Print Screen di Komputer untuk Mengabadikan Acara Online Anda

cara print screen di komputer
Uncategorized

Zaman yang serba online ini, setiap orang harus mengetahui cara print screen di komputer, agar mereka bisa mengabadikan acara atau peristiwa yang diadakan secara online. Tidak hanya itu, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan yang membutuhkan print screen alias tangkapan layar dari komputer kita.

Atau Anda juga sedang mengikuti webinar dari komputer dan ingin mencatat beberapa poin penting untuk diingat, sehingga ingin mengetahui bagaimana fitur print screen bekerja. Print screen ini juga berguna apabila Anda sedang menikmati film atau serial dan ingin mengambil momen atau scene yang menarik kemudian dibagikan bersama teman terdekat.

Cara Print Screen di Komputer dengan Mudah

Agar Anda tidak kebingungan lagi dengan cara screenshot di laptop, gunakan salah satu dari enam cara di bawah ini. Perhatikan juga jenis System Operation (OS) Windows yang Anda gunakan agar sesuai untuk melakukan tangkapan layar di komputer. Tentunya, semua cara di bawah ini bisa dilakukan dengan mudah, jadi jangan berpikir bahwa butuh usaha ekstra sampai mengunduh aplikasi tambahan, ya.

1. Snip and Sketch

Fitur ini sudah diperkenalkan sebagai bagian dari Windows 10 sejak beberapa tahun yang lalu, dan terus mengalami perkembangan sehingga memiliki fungsi yang lebih mudah digunakan daripada pendahulunya, yaitu Snipping Tool. Snip and Sketch ini bisa berguna untuk melakukan print screen, membagikan dan melakukan annotate di tangkapan layar.

Cara termudah mengakses Snip and Sketch adalah menekan tuts Windows+Shift+S secara bersamaan. Fitur ini juga bisa ditemukan di menu Start, atau juga di taskbar dengan nama Screen snip.

Apabila Anda membuka Snip and Sketch melalui menu Start, klik pilihan New di kiri atas. Setelahnya muncul perintah untuk mengambil bagian tertentu dalam tangkapan layar. Cara ini lebih merepotkan dari menggunakan shortcut di keyboard, tapi Anda bisa mendapatkan print screen yang langsung mengarah pada bagian yang ingin disorot.

Setelah menangkap layar, Anda bisa menambahkan catatan atau coretan dalam print screen tersebut. Jangan lupa klik ikon Save setelah menangkap layarnya agar file print screen Anda tersimpan di komputer.

2. Snipping Tool

Apabila komputer Anda belum menyediakan fitur Snip and Sketch, jangan khawatir. Anda tetap bisa menggunakan fitur Snipping Tool yang sudah dirilis sejak kemunculan Windows Vista. Snipping Tool memang sudah dihilangkan dari menu Start, tapi Anda tetap bisa mencarinya lewat fitur Search.

Cara penggunaannya sama seperti fitur Snip and Sketch, Anda tinggal menangkap bagian tertentu di layar laptop dengan beragam bentuk, baik itu lingkaran, persegi, ataupun bentuk bebas.

Fitur ini juga tidak menyimpan tangkapan layar secara otomatis, sehingga kita harus menyimpannya sendiri sebelum keluar dari jendela Snipping Tool. Tak hanya menyimpan di komputer, hasil print screen dari Snipping Tool juga akan tersalin di clipboard sehingga Anda bisa langsung menempelkannya di Windows atau di aplikasi messenger untuk dikirimkan kepada kerabat.

3. Tombol Print Screen

Cara yang ketiga ini lebih sederhana, hanya bermodalkan tuts PrtSc di keyboard. Sayangnya, hasil print screen tidak langsung tersimpan di komputer, melainkan disalin ke dalam clipboard.

Untuk menyimpannya, bukalah aplikasi editor gambar, seperti Microsoft Paint. Kemudian, tempelkan hasil screenshot di kanvas Ms. Paint, barulah Anda bisa menyimpannya.

Tuts PrtSc ini bisa digunakan untuk membuka tool Snip and Sketch, sehingga Anda bisa mengedit hasil screenshot terlebih dahulu sebelum disimpan. Caranya, buka menu Settings, kemudian pilih dan klik Ease of Access. Klik menu Keyboard dan aktifkan opsi Use the PrtScn button to open screen snipping.

4. Windows + Print Screen

Cara lain dengan menggunakan keyboard adalah menekan tuts Windows + PrtSc secara bersamaan. Berbeda dengan cara nomor tiga tadi, langkah ini bisa menyimpan hasil tangkapan layar Anda langsung ke komputer.

5. Alt + Print Screen

Bila Anda tidak ingin memenuhi memori lantaran harus menangkap layar kemudian mengeditnya, gunakan saja shortcut ini. Hasilnya, layar yang ditangkap akan disalin ke clipboard, kemudian Anda bisa mengeditnya atau menambahkan catatan dengan aplikasi editor yang tersedia di komputer Anda.

6. Game Bar

Tips ini cocok digunakan apabila Anda ingin melakukan print screen terhadap game yang sedang dimainkan. Caranya, tekan tuts Windows + G, kemudian muncul game bar. Dari situ, Anda bisa mengklik tombol screenshot untuk menangkap layar, atau menekan tombol Windows + Alt + PrtSc untuk mendapatkan tangkapan layar yang utuh.

Ternyata, banyak juga cara print screen di komputer yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan momen yang pas. Kalau Anda menyukai shortcut, jangan lupa hafalkan beberapa tombol di atas agar tidak kebingungan lagi saat ingin mengabadikan momen yang terpampang di layar komputer.

Apabila Anda membutuhkan komputer untuk menyelenggarakan acara online maupun offline, gunakan saja jasa sewa komputer dari Indorental. Kami akan memberikan penawaran yang terbaik sesuai dengan spesifikasi laptop yang menjadi kebutuhan Anda.

Baca juga: 3 cara screen recorder di laptop dengan mudah