2 Cara Print Resi Shopee Berdasarkan Jumlahnya dengan Mudah

2 Cara Print Resi Shopee Berdasarkan Jumlahnya dengan Mudah

cara print resi shopee
Tips dan Trik

Tahukah Anda, ternyata cara print resi Shopee sangatlah mudah dan cepat. Jika Anda membuka toko melalui Shopee, maka silakan simak artikel ini karena IndoRental akan membantu memberikan panduan lengkap mengenai cara untuk mencetak resi melalui Shopee.

Selama beberapa tahun terakhir, khususnya pada masa pandemi ini, banyak orang yang mulai mencoba untuk menjalankan usaha online dengan berjualan melalui marketplace. Salah satu marketplace yang paling diminati oleh para pelaku usaha online ini adalah Shopee.

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar se-Asia Tenggara yang didirikan sejak tahun 2009 yang lalu. Sekilas fakta, apakah Anda tahu bahwa Shopee pertama kali hadir di Singapore?

Pada akhirnya, pimpinan dari Shopee terus melebarkan sayapnya ke beberapa negara di benua Asia, termasuk di Indonesia. Di negara kita sendiri, Shopee tidak hanya sangat diminati oleh para pelaku usaha, namun juga para pelanggan.

Shopee memiliki citra merek yang sangat tinggi karena promo-promo yang mereka tawarkan baik bagi penjual dan pembeli. Hal tersebut yang membuat Shopee menjadi salah satu marketplace teramai di Indonesia.

Di dalam proses transaksi jual beli antara pedagang dengan pembeli, biasanya setelah barang masuk ke dalam proses pengiriman, penjual akan mendapatkan resi melalui Shopee. Nomor resi ini harus dicetak dan ditempelkan pada paket yang akan dikirimkan ke pembeli.

Lalu, bagaimana cara untuk mencetak nomor resi di Shopee tersebut? IndoRental akan membantu Anda melalui penjelasan lengkap di bawah ini.

Bagaimana Cara Print Resi Shopee?

Untuk dapat mencetak nomor resi Shopee, kami akan membahas 2 cara yang dapat Anda lakukan yaitu cara untuk mencetak resi satuan dan cara untuk mencetak resi dalam jumlah yang banyak sekaligus. Ini dia informasi mengenai cara print resi Shopee, yaitu:

1. Resi Satuan

Informasi pertama yang akan IndoRental bahas adalah mengenai cara print resi dalam jumlah satuan. Untuk langkah awal, Anda bisa langsung masuk ke dalam akun seller Shopee yaitu seller.shopee.co.id. kemudian masuk ke dalam menu ‘Penjualan Saya’.

Di dalam menu ‘Penjualan Saya’, Anda akan menemukan daftar pesanan yang masuk dan silakan pilih pesanan mana saja yang sudah siap untuk dikirim melalui ‘Atur Pengiriman’. Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan kolom konfirmasi untuk pencetakan label pengiriman.

Sebelum Anda mengkonfirmasi label pengiriman yang akan dicetak, pastikan seluruh data pengirim mulai dari nama, nomor telepon, hingga alamat sudah ditulis dengan benar untuk mencegah terjadinya salah kirim. Setelah semua data dicek, maka Anda tinggal memilih ‘Konfirmasi’ kemudian lanjutkan ke ‘Cetak Resi’.

Setelahnya, Anda akan mendapatkan dokumen resi yang berisikan barcode, nomor resi, serta data lengkap pengirim. Anda bisa langsung melakukan print dan kemudian ditempelkan pada paket yang akan dikirim.

Baca juga: 3 Cara Print dari HP ke Printer dengan Cepat dan Mudah

2. Resi Dalam Jumlah Banyak

Untuk mencetak resi dalam jumlah banyak, caranya kurang lebih sama dengan cara untuk mencetak resi dalam jumlah satuan. Proses yang membedakan hanyalah Anda akan menemukan bagian ‘Pengiriman Massal’ pada menu ‘Penjualan Saya’.

Nantinya, setelah Anda memilih bagian ‘Pengiriman Massal’, maka akan muncul seluruh daftar pesanan yang siap untuk dikirim beserta data lengkap pengiriman. Selanjutnya, Anda pilih opsi ‘Cetak Label Pengiriman’ dan nomor resi siap untuk dicetak ke dalam bentuk hard copy.

Jadi, itulah panduan lengkap mengenai cara print resi Shopee yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda membutuhkan rental printer terdekat untuk kebutuhan mencetak resi, silakan hubungi IndoRental sekarang juga karena kami memiliki berbagai jenis printer yang dapat digunakan kapanpun untuk mencetak resi.

Baca juga: Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF dengan Benar dan Mudah