4 Cara Print Kartu Keluarga Online Secara Mandiri

4 Cara Print Kartu Keluarga Online Secara Mandiri

Cara Print Kartu Keluarga Online
Tips dan Trik

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, cara print kartu keluarga online pun sudah dapat dilakukan secara mandiri. Dulu, kita harus pergi langsung ke kelurahan setempat untuk mengurus permohonan cetak kartu keluarga. Namun saat ini, seluruh data masyarakat Indonesia telah diinput ke dalam bentuk elektronik sehingga memudahkan kita dalam mengurus proses administrasi, termasuk mencetak kartu keluarga secara online. Melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi penting untuk Anda mengenai cara mencetak kartu keluarga online di rumah.

Cara Print Kartu Keluarga Online Sendiri

Mencetak kartu keluarga sendiri tidaklah sulit. Berikut ini 4 langkah yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Buat Permohonan Melalui Website Dukcapil

Sebelum Anda dapat melakukan print kartu keluarga, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat permohonan melalui www.dukcapil.kemendagri.go.id atau Anda dapat mengunggah aplikasinya melalui Play Store

Jika Anda belum pernah mengunjungi website tersebut, maka Anda akan diminta untuk mencantumkan nomor ponsel atau alamat email yang dapat dihubungi agar petugas dapat mendata permohonan yang masuk. Dengan demikian, dokumen kartu keluarga Anda akan dicari dalam database Dukcapil untuk kemudian diunduh dalam bentuk format digital atau biasanya dalam bentuk PDF

2. Menunggu Proses Pengesahan Dokumen

Langkah selanjutnya setelah Anda mengajukan permohonan, maka Anda hanya perlu menunggu Dukcapil untuk memproses dokumen kartu keluarga yang diajukan. Dokumen tersebut harus disahkan terlebih dahulu dengan menggunakan tanda tangan elektronik dan setelah proses pengesahan selesai, maka Anda akan mendapatkan notifikasi dari Dukcapil melalui email.

Baca juga: 8 Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10

3. Dokumen Dikirimkan Melalui Email

Email notifikasi yang Anda terima akan berisi informasi yang terdiri dari link website Dukcapil dan juga dokumen kartu keluarga dalam format PDF. Selain itu, Anda akan mendapatkan PIN khusus yang dapat digunakan untuk membuka dokumen kartu keluarga untuk menjaga keamanan dari terjadinya kebocoran data personal. Anda tidak boleh menyebarkan PIN ini ke siapapun!

Selanjutnya, Anda perlu mengecek data-data yang ada di dalam dokumen kartu keluarga secara seksama. Apabila ada kekurangan data, maka Anda perlu mengajukan perbaikan data melalui kantor Dinas Dukcapil atau bisa mengajukan permohonan melalui website Dukcapil kembali.

4. Kartu Keluarga Siap untuk Dicetak

Jika seluruh data sudah tepat dan lengkap, maka Anda bisa langsung mencetak kartu keluarga tersebut. Anda bisa menggunakan kertas HVS putih biasa untuk mencetak kartu keluarga tersebut.

Setelah itu, dokumen kartu keluarga dalam bentuk PDF bisa Anda simpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Simpan juga PIN yang digunakan untuk dapat membuka file PDF kartu keluarga Anda.

Baca juga: Cara Mengunci File di Laptop

Gunakan Printer Berkualitas untuk Mencetak Kartu Keluarga Anda

Selain kartu keluarga, seluruh dokumen lainnya seperti akta kelahiran dapat Anda cetak secara mandiri, kecuali untuk KTP-el atau KTP elektronik. Namun, Anda tetap dapat mengajukan pencetakan KTP elektronik melalui website atau aplikasi Dukcapil. Setelah proses pengajuan, Anda hanya perlu menunggu kurang lebih 7 hari kerja untuk proses pencetakan KTP elektronik yang baru dan kemudian dapat diambil di kelurahan yang dituju.

Untuk pencetakan dokumen-dokumen penting secara mandiri seperti kartu keluarga, sangat disarankan agar Anda menggunakan printer berkualitas untuk menghasilkan cetakan yang jernih. Itulah 4 cara print kartu keluarga online yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan silakan hubungi Indorental apabila Anda membutuhkan jasa sewa printer tahunan yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak lainnya selain kartu keluarga.

Baca juga: Cara Reset Printer Epson L360