3 Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop

cara mengubah PDF ke Word di laptop
Tips dan Trik

Laptop semakin sering digunakan pada saat ini dibandingkan dengan komputer. Dengan ukuran lebih kecil, ringan, dan mudah dibawa menjadi keunggulan utama dari laptop. Kemampuannya pun juga tidak kalah hebat. Laptop sangat sering digunakan untuk dunia bisnis. Fitur dari berbagai aplikasi dan software di dalamnya memang bisa mendukung aktivitas pekerjaan. Termasuk dengan mengubah format file. Salah satunya dengan cara mengubah PDF ke Word di laptop.

Sebenarnya bagaimana cara mengubah format file PDF ke Word dengan mudah? Penasaran? Simak rangkuman mengenai caranya di bawah ini.

Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop

Bagi yang belum tahu, PDF adalah format file yang bisa menampilkan teks dan foto dengan lebih rapi. Mengapa bisa begitu? Karena orang yang membuka file PDF tidak punya akses untuk melakukan editing dan hanya sebatas cara screenshot di laptop. Inilah mengapa PDF terkesan lebih formal.

Berbanding terbalik dengan Word yang terkesan lebih santai. Apalagi setiap orang yang membuka file Word bisa melakukan editing. Kecuali akses ini ditutup oleh pembuat file tersebut. Namun sebenarnya sangat jarang dilakukan.

Jika memang Anda ingin melakukan editing file PDF, maka bisa dengan mengubahnya ke format Word. Inilah caranya.

1. Menggunakan Microsoft Word

Cara pertama adalah menggunakan Microsoft Office Word. Ya, sebenarnya Microsoft Word sendiri mendukung format PDF. Jadi Anda tinggal membuka file PDF yang ingin diubah format dengan menggunakan software Microsoft Word. Lalu pilih menu Save As dengan menggunakan format docx. Selanjutnya Anda tinggal menekan OK dan selesai, hasilnya file PDF Anda sudah berubah menjadi Word. Mudah, bukan?

2. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Jika Anda memiliki aplikasi Adobe Acrobat Pro, sebenarnya bisa juga untuk melakukan hal ini. Langkahnya mirip dengan menggunakan Microsoft Word. Anda tinggal buka file PDF yang formatnya ingin diubah ke word. Kemudian pilih menu File dan Save As Other. Lalu pilih Microsoft Word – Word Document dan akhirnya selesai sudah proses mengubah pdf ke word dengan menggunakan software Adobe Acrobat Pro.

Namun yang perlu diingat adalah jika Anda harus menggunakan software Adobe Acrobat Pro yang terkadang tidak langsung tersedia di komputer. Jadi download dulu aplikasi ini di internet untuk memakainya dengan maksimal.

3. Menggunakan Converter Online

Tidak tertarik menggunakan aplikasi di atas? Tidak perlu khawatir. Dengan kemajuan zaman dan teknologi seperti sekarang ini, Anda sudah bisa menggunakan converter online. Converter online ini tentunya tersedia di dunia maya. Anda tinggal mencarinya menggunakan kata kunci “PDF Converter” atau “pdf to docx” untuk kata kunci yang lebih spesifik di Google. Dalam sekejap akan muncul banyak situs website yang menawarkan kemampuan converter online untuk mengubah file PDF ke word.

Anda tinggal memilih salah satu situs website saja. Biasanya Anda hanya diminta upload file PDF tersebut ke website dan klik Convert. Tunggu hingga proses konversi selesai kemudian muncul pop up hasil konversi PDF yang sudah diubah ke Word keluar. Kemudian tinggal Anda unduh.

Jadi sekarang Anda sudah tahu cara mengubah PDF ke Word di laptop dengan menggunakan software Microsoft Office Word, Adobe Acrobat Pro, atau Converter Online. Memang ada berbagai cara untuk melakukan hal ini. Pilihlah cara paling mudah serta cocok untuk Anda agar tidak membingungkan dan bisa mendapatkan file Word dari PDF dengan cepat.

Pentingnya memiliki laptop untuk kebutuhan bisnis sebenarnya bisa Anda penuhi dengan mudah. Tentunya dengan menggunakan jasa penyewaan perangkat IT & laptop dari IndoRental. Sudah memiliki pengalaman belasan tahun, IndoRental telah lama menjadi kepercayaan sewa laptop bandung. Anda sudah pasti bisa mendapatkan tipe laptop yang dibutuhkan bersama IndoRental.