Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop
Tips dan Trik

Jika ditanya mengenai perangkat teknologi yang saat ini Anda pakai sehari-hari, maka laptop sudah pasti menjadi jawaban utama. Memang laptop membawa pengaruh positif untuk para penggunanya karena lebih ringan, bisa dibawa dengan mudah, dan tetap memberikan performa maksimal dengan cara mengatasi laptop lemot . Sayangnya seiring pemakaian, terkadang Anda melakukan kesalahan tidak disengaja. Salah satunya adalah menghapus file penting. Tapi tenang saja. Ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop itu sebenarnya tidaklah sulit. Di bawah ini ada dua cara untuk mengembalikan file dengan mudah tapi dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Ingin tahu lebih dalam? Baca dan simak penjelasannya.

Menggunakan Fitur Backup & Restore

Cara mengembalikan file yang terhapus yang pertama adalah menggunakan fitur Backup & Restore. Di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 terdapat fitur yang bisa membuat Anda mendapatkan kembali file yang terhapus di komputer atau laptop dengan mudah. Tentunya dengan fitur Backup & Restore ini.

Caranya pun mudah. Pertama adalah Anda harus sering melakukan backup data. Untuk bisa mendapatkan fitur ini:

  1. Anda bisa buka ‘Control Panel’
  2. Lalu pilih ‘System and Maintenance’
  3. Kemudian pilih menu ‘Backup and Restore’.
  4. Di sini Anda bisa memilih fitur backup dengan menekan bagian Set Up Backup.

Jika sudah melakukan backup secara berkala kemudian tiba-tiba ada file yang tidak sengaja terhapus dan ingin mengembalikan lagi, Anda tinggal kembali ke pilihan menu di atas. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih menu System and Maintenance dan pilih Backup and Restore. Di bagian bawah akan terlihat file backup yang telah Anda lakukan dalam beberapa waktu terakhir. Anda tinggal klik itu dan akhirnya file yang hilang telah kembali. Mudah, bukan?

Restore File di Dalam Recycle Bin

File yang dihapus di dalam laptop biasanya tidak langsung hilang seketika. Pasti ditaruh di sebuah aplikasi bernama Recycle Bin pada sistem operasi Windows atau Trash untuk sistem operasi Mac. Kalau tiba-tiba file yang anda cari itu hilang atau Anda salah menghapus file, tidak perlu khawatir. Buka saja aplikasi tersebut. Pasti di dalamnya masih terdapat file yang tidak sengaja terhapus itu.

Anda tinggal pilih file yang ingin dikembalikan, kemudian klik kanan, lalu pilih Restore. Sekarang file tersebut sudah kembali ke lokasi folder terakhir kali berada. Anda tinggal mencari file atau folder tersebut di lokasi penyimpanan file tersebut. Pasti file yang dibutuhkan telah tersedia di sana.

Walaupun di Recycle Bin atau Trash memiliki fitur restore untuk mengembalikan file, namun sebaiknya Anda jangan sampai salah hapus file. Sebelum hapus file atau folder, cek kembali apakah masih dibutuhkan atau tidak. Jika memang masih ragu, sebaiknya simpan saja terlebih dahulu. Lebih baik Anda menyimpan file yang memiliki potensi berguna pada hari mendatang daripada menghapusnya dan tidak bisa mengembalikan lagi. Apalagi jika Anda sendiri telah menghapus file tersebut dari Recycle Bin. Anda tinggal berharap bahwa file tersebut masih ada di sistem Backup & Restore atau menggunakan software aplikasi third party file recovery yang sudah banyak beredar di internet pada saat ini. Jadi itulah cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Berbicara mengenai kebutuhan terhadap laptop, Anda sebenarnya bisa menyewanya dengan jumlah besar dan untuk kebutuhan perkantoran, event, hingga pribadi. Telah hadir IndoRental, penyedia layanan penyewaan perangkat IT & laptop sejak tahun 2007. IndoRental memiliki sewa laptop dari berbagai merek, tipe, dan spesifikasi. Selain itu seluruh laptop yang tersedia bisa Anda pinjam dengan jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan. Jadi kebutuhan Anda terhadap laptop bisa didapatkan dengan mudah bersama IndoRental apalagi sudah tersedia sewa laptop jakarta dan sewa laptop bandung. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi IndoRental sekarang juga.